Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Samsung Kembali Hadirkan Proteksi Burn In OLED

OLED Screen Samsung_1a
OLED Screen Samsung. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Samsung baru saja meluncurkan One UI 6.1 untuk beberapa perangkatnya. One UI versi terbaru ini hadir dengan beberapa fitur baru, termasuk Galaxy AI. Namun tak hanya itu, Samsung juga akan melakukan perubahan melalui One UI 6.1. Mengutip informasi dari 9to5Google, perusahaan asal Korea tersebut juga telah memulihkan kemampuan tahan ledakan untuk layar OLED. Seperti namanya, lapisan pelindung ini dimaksudkan untuk melindungi layar OLED dari kemungkinan terbakar. Namun di One UI 6, Samsung telah menghilangkan beberapa fitur anti-burn-in di OLED. Cara kerja fitur ini adalah dengan sedikit menggeser posisi ikon di status bar untuk menghindari layar burn-in saat digunakan dalam jangka waktu lama.

Fungsi Yang Tidak Hilang

One UI 6.1_1a

One UI 6.1. (Sumber: RM Update)

Sebenarnya pada update sebelumnya, fungsi tersebut tidak sepenuhnya hilang karena Samsung masih menyertakannya pada bilah navigasi di bagian bawah layar dan saat Always On Display aktif. Namun, dengan pembaruan ini, kemampuan ini kembali ada di bilah status.

Saat ini kehadiran fitur tersebut baru diuji coba di Galaxy S23. Tidak jelas apakah perangkat lain dengan One UI 6.1 juga akan mendapatkan fitur tersebut, namun hampir pasti Samsung akan menghadirkan fitur tersebut ke perangkat lain juga.

Untuk lebih jelasnya, Samsung sendiri telah meluncurkan untuk beberapa perangkat beberapa hari lalu. Sebagai andalan, fitur Galaxy AI diperkenalkan pada pembaruan kali ini.

Update Yang Diluncurkan

Bagi pengguna di Indonesia, update ini sudah diluncurkan secara bertahap sejak 28 Maret 2024. Adapun daftar HP Samsung yang mendapatkan pembaruan ini adalah:

  • Galaxy S23 Ultra
  • Galaxy S23 Plus
  • Galaxy S23
  • Galaxy S23 FE
  • Galaxy Z Flip5
  • Galaxy Z Fold5
  • Galaxy Tab S9 (5G)
  • Galaxy Tab S9 Plus (5G)
  • Galaxy Tab S9 Ultra (5G)
  • Galaxy Tab S9 (Wi-Fi)
  • Galaxy Tab S9 Plus (Wi-Fi)
  • Galaxy Tab S9 Ultra (Wi-Fi)

Galaxy AI Hadir di Lebih Banyak HP Samsung Mulai 28 Maret 2024

Untuk mendapatkan fitur Galaxy AI, pengguna perlu melakukan pembaruan software, berikut caranya:

  • Buka “Settings”.
  • Pilih “Software Update”.
  • ”Pilih “Download and Install”.

Setelah melakukan pembaruan, maka perangkat akan mendapatkan perangkat lunak One UI 6.1 beserta fitur Galaxy AI.

Galaxy AI memiliki sejumlah fitur berbasis AI yang dapat meningkatkan produktivitas keseharian, menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat, hingga mengekspresikan kreativitas melalui smartphone Samsung.

Fitur Unggulan Galaxy AI

Samsung Galaxy AI_1a

Samsung Galaxy AI. (Sumber: Tech Inspiring)

Photo Assist merupakan fitur Galaxy AI yang paling banyak digunakan oleh pengguna seri Galaxy S24 karena membantu pengguna mengedit foto dan membuat konten dengan lebih mudah dengan hasil terbaik.

Photo Assist menyertakan fitur Fitur inovatif seperti saran pengeditan memiliki kemampuan untuk menyempurnakan foto atau video melalui saran pengeditan berbasis AI.

Kemudian ada fitur pengeditan umum dengan pengisian latar belakang, bidang yang harus dilakukan untuk foto miring lebih simetris tanpa memotong atau memindahkan objek dengan hasil pengeditan yang mulus.

Fitur ini akan sangat berguna untuk Pengguna seri S23 dan S23 FE yang ingin membuat konten menarik dan lebih beraroma. Circle to Search with Google adalah fitur populer Galaxy AI, karena memudahkan pencarian online tanpa harus memasukkan kata kunci.

Dengan fitur ini, pencarian informasi dari layar ponsel Smartphone menjadi lebih mudah. Cukup lingkari apa yang sedang muncul di layar ponsel cerdas Anda dan Galaxy AI akan mencari informasi lebih lanjut tentang apa yang ingin Anda cari.

Baca juga: Samsung Galaxy M55 5G Resmi Meluncur, Intip Speknya

Fitur Tambahan yang Dapat Bantu Tingkatkan Produktivitas

Memperbarui Galaxy AI di lebih banyak smartphone Samsung memungkinkan lebih banyak pengguna menjadi lebih produktif. Pengguna seri andalan Samsung sebelumnya kini dapat menggunakan fitur seperti Note Assist, Transcript Assist, dan Web Assist untuk meningkatkan produktivitas harian mereka.

Terdapat juga fitur Live Translation dan Chat Support yang dapat membantu berkomunikasi dalam berbagai bahasa. Komunikasi antar bahasa menjadi lebih mudah dengan 13 bahasa didukung fitur Galaxy AI ini.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Belum lama ini, Samsung meluncurkan fitur andalan dari smartphone seri Galaxy S24 terbarunya yakni Galaxy AI ke beberapa smartphone lawas. Seri Galaxy...

Software

Unbox.id – Pernahkah Anda lupa kata sandi ponsel Samsung Anda? Jika ya, Anda tidak sendirian. Mungkin banyak pengguna ponsel Samsung yang juga mengalami masalah...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Rumor mengenai Samsung Galaxy Z Fold 6 semakin banyak dibicarakan, dengan beberapa bocoran yang membagikan banyak bocoran mengenai ponsel lipat baru tersebut....

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Samsung dikabarkan akan menambah produk baru di lini FE. Seri FE yang saat ini diproduksi Samsung adalah jam tangan pintar. Mengutip informasi...