Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Prototipe Layar Lipat Samsung Bisa Diputar 360 Derajat

Layar lipat samsung_1_1
Teknologi dari produk layar lipat Samsung dikenal cukup mumpuni untuk para penggunanya. (Sumber: Harapan Rakyat)

Unbox.id – Di CES 2023, Samsung baru saja meluncurkan prototipe ponsel Android lipat dengan desain yang terbilang unik. Pada pertemuan tahunan di Las Vegas, AS, Samsung menghadirkan ponsel yang layarnya bisa dilipat hingga 360 derajat ke dua arah. Adalah Samsung Display, anak perusahaan Samsung Electronics, yang membuat layar lipat untuk prototipe HP. Seperti dikutip dari The Verge pada Senin (23/1/2023) via Gizchina, prototipe ponsel 360 derajat dari kain tanah liat yang diberi nama “Flex In & Ot” ini memiliki kemampuan untuk melipat masuk dan keluar.

Sudah Menjadi Rumor di Para Penggunanya

Layar lipat Samsung_2

Prototipe layar lipat dari Samsung ini sudah dikenal cukup luas oleh para penggunanya. (Sumber: Harapan Rakyat)

Dijelaskan perusahaan asal Korea ini menggunakan struktur engsel yang berbeda dengan komponen generasi sebelumnya, lipatan layar tidak terlihat jelas. Samsung mencapai fitur ini dengan menggunakan desain engsel “waterdrop“, sehingga jarak antar layar menjadi lebih kecil saat dilipat dan tekanan pada layar berkurang.

Ini dilaporkan bukan pertama kalinya perusahaan meluncurkan prototipe Flex In & Out. Pada tahun 2021, laporan tentang konsep desain ini muncul di International Conference on Information Technology (IMID) di Korea. Namun, pendekatannya berbeda: layar dilipat dalam bentuk S dan dibagi menjadi beberapa bagian. Sedangkan Galaxy Z Fold 4 masih menggunakan layar lipat ke dalam.

Banyak orang percaya bahwa Samsung akan menggunakan layar baru di perangkat Galaxy Z Fold 5 mendatang. Ponsel Samsung baru ini juga dikatakan memiliki lipatan yang lebih halus berkat struktur engsel yang sama. Akankah Samsung menerapkan desain ini di Galaxy Z Fold 5 atau Galaxy Z Flip 5?

Baca juga: Kesan Gunakan Samsung Galaxy A14 5G Untuk Daily

Layar Samsung Galaxy Z Fold 5 Akan Minim Kerutan

Samsung Galaxy Z Fold 5_1_1

Layar dari produk smartphone Samsung Galaxy Z Fold 5 akan jadi yang cukup canggih untuk para penggunanya. (Sumber: Harapan Rakyat)

Samsung dikatakan telah menemukan solusi pada Galaxy Z Fold 5 mendatang untuk menghilangkan lipatan atau “kerutan”. Mengutip laporan yang dipublikasikan di situs Naver melalui SamMobile (16 Januari 2023), Samsung akan memperkenalkan engsel “teardrop” yang memungkinkan layar membentuk tetesan air saat ditutup.

Berkat desain ini, layar ponsel menjadi lebih melengkung sehingga tidak ada sisa lipatan di layar. Padahal, meski Samsung telah meningkatkan teknologi layar lipat selama bertahun-tahun, bekas luka layar masih terlihat di Galaxy Z Fold4. Sekedar informasi, Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4 sama-sama memiliki desain engsel “U” sehingga bekas lipatan masih terlihat di layar.

Samsung bukan yang pertama menggunakan desain ini untuk ponsel lipatnya, karena Oppo Find N2 juga menggunakan engsel teardrop serupa. Seperti dicatat Naver, Samsung telah mematenkan engsel teardrop ini sejak 2016, dan masih belum diketahui mengapa digunakan hingga saat ini. SamMobile berpikir Samsung mungkin ingin menunggu hingga dapat membawa sertifikasi tahan air IPX8 ke layar baru.

Perusahaan akan menyadari hal ini untuk pertama kalinya saat menghadirkan perangkat lipat generasi ketiga pada tahun 2021. Sertifikasi ini membedakan ponsel Android Samsung dari Oppo Find N2 dan Motorola Razr, karena kedua perangkat tersebut masih belum tahan air.

Selain lipatan yang lebih halus, Naver melaporkan bahwa desain Samsung Galaxy Z Fold5 juga dapat menghasilkan dua bagian layar yang menyatu saat ponsel ditutup – tidak seperti Galaxy Z Fold generasi sebelumnya. Apakah Samsung akan menghadirkan engsel teardrop ke Galaxy Z Flip5 masih belum jelas dan kita harus menunggu pengumuman resminya pada bulan Agustus.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — ViewSonic telah meluncurkan monitor ultra lebar melengkung baru, VX4518, dengan layar besar 44,5 inci dengan rasio aspek 32:9. Monitor ini saat...

Software

Unbox.id – Pernahkah Anda lupa kata sandi ponsel Samsung Anda? Jika ya, Anda tidak sendirian. Mungkin banyak pengguna ponsel Samsung yang juga mengalami masalah...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Rumor mengenai Samsung Galaxy Z Fold 6 semakin banyak dibicarakan, dengan beberapa bocoran yang membagikan banyak bocoran mengenai ponsel lipat baru tersebut....

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Samsung dikabarkan akan menambah produk baru di lini FE. Seri FE yang saat ini diproduksi Samsung adalah jam tangan pintar. Mengutip informasi...