Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Mengenal Exynos, Chipset Android Besutan Samsung Terbaru

Jakarta, Unbox.id  –  Keberadaan chipset dalam sebuah smartphone menjadi salah satu kunci yang menentukan performa dan efisiensi perangkat. Untuk itu, Samsung Electronics Co, Ltd sebagai pionir inovasi industri teknologi terus memastikan bahwa chipset Exynos yang dikembangkan selama ini tidak hanya memenuhi standar kualitas, tetapi juga menghadirkan inovasi terdepan dalam industri mobile phone.

Sebagai chipset Samsung ‘buatan rumah sendiri’, Exynos menawarkan sejumlah keunggulan yang dapat mendorong batasan-batasan serta mempermudah pengguna perangkat Galaxy untuk menjalani keseharian dengan lebih nyaman. Kemampuan pengolahan grafis, kecepatan RAM, hingga konsumsi daya yang lebih hemat. Hal tersebut juga diakui oleh banyak tech reviewer di Indonesia yang sudah merasakan sendiri secara langsung kehebatannya.

Salah satu bukti nyata kecanggihan chipset Exynos pada HP Samsung bisa terlihat dari kinerja impresif Exynos 2200 pada Galaxy S23 FE. Smartphone flagship dengan harga terjangkau ini mampu menghadirkan foto dan video yang berkualitas, Galaxy S23 FE juga sanggup menawarkan pengalaman gaming yang responsif dan lancar, menunjukkan kemampuan Exynos dalam mendukung berbagai aktivitas pengguna sehari-hari dengan baik.

Cara kerja ISP pada chipset Exynos yang membuat foto atau video jadi lebih nyata

Penasaran dengan kemampuan apa saja yang dimiliki chipset mungil yang jadi ‘otak’ andalan perangkat Galaxy? Ini dia tiga kehebatannya:

  1. Bikin hasil foto jadi lebih epic, berkat pemrosesan digital yang berkualitas

Salah satu keunggulan Exynos adalah kemampuan untuk membuat hasil foto terlihat lebih tajam dan hidup. Kemampuan ini tak lain berkat teknologi (Image Signal Processor) ISP yang terintegrasi dalam Exynos. Teknologi yang sudah ada sejak 2012 ini bisa memperbaiki dan memproses data foto dalam format RAW sesuai dengan keinginan pengguna. Desain ISP canggih di Exynos ini dirancang khusus untuk menyempurnakan hasil foto digital, menghasilkan gambar yang lebih alami dan mendalam.

Keunggulan chipset Exynos ini pun diakui salah satunya oleh tech reviewer Jagat Review, Dedy Irvan. Dilansir dari video review yang dipublikasikannya, Dedy menyebutkan jika smartphone Galaxy dengan Exynos telah berkembang dengan baik setiap generasinya, termasuk dalam soal pemrosesan gambar. Salah satu fitur yang bikin Dedy terkesan adalah penggunaan ISP yang mumpuni bikin pemrosesan gambar hasil foto jadi lebih mulus

  1. Gaming performance yang gahar, andalan para gamers masa kini

Satu bukti keseriusan Samsung dalam menggarap chipset ini agar punya performa yang lebih unggul terlihat dari kehadiran Xclipse 920, GPU hasil kolaborasi Samsung dengan AMD yang disematkan pada Exynos 2200. Xclipse 920 jadi GPU mobile pertama yang mendukung ray tracing yang membuat kualitas visual jadi jauh lebih baik. Selain itu, di dalamnya juga terdapat teknologi variable rate shading (VRS) yang bisa menyesuaikan pengolahan GPU sesuai dengan perubahan visual di layar, mencegah beban berlebih pada GPU.

Senada dengan Dedy, keunggulan chipset Exynos 2200 ini pun diakui oleh tech reviewer Droidlime, Romi Hidayat yang membagikan kesannya lewat sebuah video review lainnya. Dari pengalamannya menggunakan Galaxy S23 FE, dirinya merasa kagum dengan performa yang ditawarkan, baik untuk bermain game maupun hunting foto. Bahkan dari hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark AnTuTu, chipset Exynos 2200 ini menorehkan skor yang tembus sampai 1 juta. Karenanya, Romi mengaku sangat antusias menanti chipset Exynos 2400 yang akan dirilis dalam waktu dekat, apalagi setelah membaca bocoran resmi dari Samsung.

Galaxy S23 FE yang menggunakan chipset Exynos 2200 memiliki performa gaming yang gahar

  1. Chipset yang akan mendukung dunia AI di depan mata

Tentunya keberhasilan AI pada suatu perangkat tak lepas dari kecanggihan chipset atau prosesor yang mendukungnya. Pada Exynos 2400, Samsung meningkatkan performa AI 14,7 kali lipat dibanding Exynos 2200. Peningkatan AI di Exynos 2400 ini bisa memberikan pengalaman mobile terbarukan yang akan memberi dampak yang signifikan bagi penggunanya untuk menjadi lebih kreatif dan produktif.

Pengalaman Mobile AI yang mengesankan siap dirasakan, buruan daftarkan diri kamu sekarang juga!

Jangan ketinggalan buat merasakan langsung kehebatan dari Galaxy AI yang bakal ada di smartphone terbaru dari Samsung. Catat tanggalnya nih! Samsung juga akan membuka pre-order ponsel terbaru bersamaan dengan acara Galaxy Unpacked pada Kamis, 18 Januari 2024, pukul 01.00 WIB di samsung.com/id.

Sebelum itu, kamu bisa mendapatkan benefit istimewa untuk menambah semarak kemeriahan peluncuran produk baru ini, yaitu mendapat proteksi Samsung Care+ selama dua tahun dengan nilai Rp2,4 juta. Keuntungan bisa bisa kamu dapatkan dengan mendaftarkan diri mulai 3 Januari hingga 18 Januari 2024, pukul 00.00 WIB.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id  –  Hari Raya Idul Fitri kerap menjadi momen kumpul keluarga sekaligus menjalin silaturahmi dengan teman dan kerabat. Di momen-momen kumpul keluarga ini...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id  –  Saat Bulan Ramadan, salah satu aktivitas rutin keluarga adalah mempersiapkan makanan untuk sahur dan berbuka. Makanan untuk sahur dan berbuka sebaiknya...

Tech Industry

Unbox.id – Samsung Electronics Indonesia resmi memperkenalkan program baru bernama SmartExchange. Melalui program ini, Samsung membuka peluang bagi masyarakat untuk membuang atau menjual produk...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id  –  Samsung Electronics Indonesia memperkenalkan The Freestyle 2.0, anggota keluarga baru di jajaran TV lifestyle Samsung tahun ini. The Freestyle 2.0 adalah wujud...