Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

WearOS Google Segera Rilis Fitur Pesan Suara di Smartwatch

WearOS
WearOS Google tambahkan fitur pesan suara di smartwatch | foto: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Pembaruan aplikasi di sistem operasi WearOS Google menghadirkan inovasi baru, berupa pesan suara langsung dari smartwatch. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat mengirimkan pesan tanpa harus repot-repot membuka smartphone.

Google sendiri mengumumkan kehadiran fitur baru Messenger dalam sistem operasi WearOS pada dokumen support beberapa waktu lalu. Aplikasi ini akan tersedia di perangkat yang menjalankan sistem opersi WearOS seperti Pixel Watch atau Samsung Galaxy Watch.

Baca juga: Smart TV Portabel LG Terbaru dengan Fitur-Fitur Canggih, Simak Infonya

Fitur ini memudahkan pengguna smartwatch untuk berkirim pesan tanpa perlu meraih smartphone yang ada di dalam tas maupun di tempat lain. Caranya sangat mudah, pengguna cukup membuka aplikasi Message dan merekam suara lalu mengirim ke pengguna lain.

Google WearOS Belum Mengonfirmasi Waktu Perilisan Fitur

Walaupun fitur ini sudah muncul di dokumen support Google WearOS, akan tetapi perusahaan tersebut belum merilis seperti apa tampilannya. Kabarnya, pengembang akan mengubah tampilan UI dan memberi tombol tambahan untuk merekam suara.

Informasi terkait pembaruan perangkat lunak dan penambahan fitur ini cukup terbatas. Belum ada kejelasan lebih lanjut mengenai waktu perilisannya baik di situs resminya maupun bocoran di media sosial. Terlebih, sekarang sistem operasi tersebut belum mendukung pemutaran media.

Baca juga: Pilihan Spek Laptop RAM Besar Untuk Aktivitas Video Editing

Dengan kata lain, jika pembaruan tersebut hadir sementara sistem operasi belum mendukung pemutaran media, pengguna tidak bisa mendengarkan rekaman suaranya. Pengguna tetap harus menggunakan ponsel untuk membuka pesan dan mendengarkannya langsung.

Akan Hadir dalam Waktu Dekat

Meski belum ada informasi resmi mengenai kapan fitur tersebut rilis, tetapi kabarnya fitur tersebut akan segera hadir dalam waktu dekat. Pesan suara yang ada di perangkat jam tangan pintar ini tidak hanya hadir di aplikasi Messages, tetapi juga ada di WhatsApp.

Fitur ini merupakan rilis terbaru yang akan muncul setelah sebelumnya Google meluncurkan aplikasi WhatsApp untuk smartwatch. Untuk berkirim pesan suara melalui aplikasi perpesanan WhatsApp, cukup menekan ikon mikrofon layaknya di ponsel pintar.

Sementara ini, smartwatch hanya dapat memunculkan tampilan satu gelembung chat karena layarnya yang terbatas. Pengguna dapat mengetik pesan di papan tombol (keyboard) yang ukurannya tidak terlalu besar.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Google

Jakarta, Unbox.id — Setelah beberapa waktu meluncurkan fitur multi view di aplikasi YouTube TV, kini fitur tersebut akan segera hadir di perangkat Android. Dengan...

Tech Industry

Unbox.id – Google baru saja merilis kode untuk Project Gameface, sebuah proyek inovatif yang memungkinkan pengguna ponsel cerdas mengontrol menggunakan ekspresi wajah. Setelah dipresentasikan...

Tech Industry

Unbox.id – Google telah merilis fitur baru untuk meningkatkan kemampuan chatbot AI miliknya, Gemini AI. Fitur tersebut diharapkan disebut Memori dan akan membantu Gemini...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Huawei telah meluncurkan Children’s Watch 5 Pro terbaru. Jam tangan pintar anak-anak Huawei yang baru adalah yang pertama memiliki fitur penyesuaian...