Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Perpanjang Masa Pakai Baterai Laptop Anda Dengan Tips Ini

masa pakai
ilustrasi : berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Fitur Penghemat Baterai Windows aktif secara otomatis ketika masa pakai baterai sistem mencapai 20%. Tergantung pada pengaturan Anda, komputer akan menurunkan kecerahan layar. 

Kontrol untuk ini ada di Pengaturan Windows 11 > Sistem > Daya & baterai > Penghemat baterai. Windows 10 adalah Pengaturan> Sistem> Penghemat Baterai. Anda juga dapat membuat perubahan pada layar Power Plan untuk menghemat masa pakai baterai. 

Baca juga: Review Headset Nirkabel Satu Telinga Baseus CM10 dengan Panel Surya

Power Plans mengatur jumlah menit tidak aktif yang berlalu sebelum laptop meredup atau mati. Angka yang lebih rendah mengurangi penggunaan baterai. Opsi ini tersedia di Pengaturan > Daya & baterai > Layar dan tidur (Windows 11) atau Pengaturan > Sistem > Daya & Tidur (Windows 10).

Tip untuk Memaksimalkan Masa Pakai Baterai

Jika Anda tidak memerlukan internet untuk sementara waktu, aktifkan Mode Pesawat untuk mematikan Wi-Fi dan Bluetooth. Salah satu cara untuk mengaktifkan Mode Pesawat adalah di Pengaturan > Jaringan & internet > Mode Pesawat (atau Mode Penerbangan).

ilustrasi : berbagai sumber

Isi daya komputer laptop baru setidaknya selama 24 jam sebelum menggunakannya. Baterai lithium-ion bertahan paling lama jika daya terisi antara 20% dan 80%. Keluarkan baterai jika Anda sering menggunakan laptop yang tersambung ke sumber listrik.

Baca juga: Fire Boltt Rise Luxe Rilis di India, Arloji Pintar Panggilan Bluetooth

Keluarkan baterai jika Anda tidak akan menggunakan laptop selama sebulan atau lebih. Jika Anda tidak memiliki baterai yang dapat dilepas, isi daya hingga 50% sebelum menyimpannya. Baterai akan terkuras di penyimpanan. Jika membiarkannya dalam waktu lama dalam keadaan kosong, dapat rusak.

Sesekali Isi Daya Baterai Selama Waktu Penyimpanan Yang Lama

Hindari suhu yang sangat panas atau dingin. Jangan tinggalkan laptop Anda di dalam mobil pada hari musim panas atau saat badai salju musim dingin. Turunkan pencahayaan keyboard, pengaturan tidur, dan kecerahan layar untuk masa pakai baterai yang lebih baik.

Laptop Anda sangat bergantung pada baterainya. Jika baterai habis atau rusak, Anda akan terbatas dengan hanya menggunakan laptop dengan mencolokkannya, yang tidak selalu praktis atau nyaman. Portabilitas adalah segalanya untuk perangkat semacam itu.

Berbagai faktor memengaruhi masa pakai baterai laptop, termasuk kualitas pembuatannya, seberapa baik perawatannya, mereknya, dan seberapa sering baterai harus menghadapi suhu tinggi. Kadang-kadang, rasanya keberuntungan berperan dalam umur panjang baterai Anda. 

Sumber: Livewire

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Review Produk

Jakarta, Unbox.id – Lenovo GeekPro Gaming Desktop 2024 telah rilis di negara asalnya, Tiongkok. Produk tersebut memiliki beberapa tambahan baru pada jajaran mesin gaming...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Laptop 14-inci Envy x360 merupakan pengembangan dari varian terdahulu dengan penambahan di berbagai aspek. Kini, HP akan segera meluncurkannya dengan tampilan...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id – Lenovo telah menambahkan produk PC terbaru dengan nama Legion Blade 7000K 2024 sebagai inovasi baru tahun ini. Perangkat komputer ini menjadi...

Review Produk

Jakarta, Unbox.id – ThinkPad X12 Detachable Gen 2 meluncur pada event Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona. Laptop buatan Lenovo tersebut bertujuan untuk...