Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Penting! Empat Cara Mencegah Ponsel Meledak

Cara Mencegah Ponsel Meledak

Meledaknya sebuah smartphone seakan menjadi hal yang lumrah terjadi dewasa ini. Seperti yang cukup heboh terjadi pada Galaxy Note 7, hingga memaksa Samsung untuk melakukan recall demi keselamatan konsumennya. Bahkan kini yang tengah hangat terjadi pada Vivo V5 yang dilaporkan meledak di India.

Insiden meledaknya sebuah smartphone ini kebanyakan dilaporkan terjadi saat ponsel tengah melakukan pengisian daya. Kemungkinan terjadi overheat atau masalah teknis lain yang memicu meledaknya smartphone.

Cara Mencegah Ponsel Meledak

Galaxy Note 7 yang dilaporkan meledak

Mengingat meledaknya sebuah smartphone merupakan insiden yang sangat berbahaya bagi pengguna, tentu ada baiknya kita sebagai pengguna melakukan langkah preventif sehingga tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Untuk itu kali ini tim Unbox akan memberikan sedikit tips namun penting diperhatikan, yakni mengenai cara mencegah ponsel meledak. Simak sedikit tipsnya berikut ini:

Lepaskan Charger Saat Terasa Panas Berlebihan

Saat tengah mengisi daya smartphone, tentu pengguna akan “gatal” untuk mengecek apakah ada notifikasi yang masuk ke ponselnya atau melihat apakah baterai telah terisi penuh. Proses pengisian daya baterai memang membuat ponsel akan terasa sedikit hangat, namun jika terasa panas yang tidak biasa, sebaiknya segera lepaskan ponsel dari kabel charger dan diamkan ponsel sejenak untuk menurunkan suhunya.

Jangan Mengisi Daya Ponsel Semalaman

Ini dia yang kebanyakan dilakukan oleh para pengguna ponsel. Melakukan proses charging semalaman sebelum tidur, dengan harapan baterai ponsel sudah terisi penuh ketika esok akan digunakan. Sebenarnya ini bukanlah cara yang baik untuk baterai smartphone. Cara ini juga dapat memicu terjadinya ledakan pada ponsel. Hal ini dikarenakan kelebihan daya yang masuk ke  baterai ponsel akibat proses pengisian daya dalam durasi lama.

Gunakan Charger Asli Bawaan Ponsel

Poin penting yang kadang disepelekan pengguna ponsel. Dengan menggunakan charger asli bawaan ponsel tersebut, maka daya yang masuk telah disesuaikan oleh produsen ponsel tersebut. Jika menggunakan charger ponsel lain, otomatis daya yang masuk juga akan berbeda dan tentunya bisa berakibat berbahaya.

Jangan Gunakan Ponsel Saat Sedang Mengisi Daya

Ini dia bagian terpenting yang kadang tidak diperhatikan pengguna. Sebaiknya jangan dulu gunakan ponsel saat proses pengisian daya berlangsung. Karena saat prose charging, sudah tentu baterai sedang dalam keadaan kosong. Namun jika saat proses tersebut ponsel malah digunakan, otomatis baterai akan semakin lama penuh. Tak hanya itu, suhu baterai pasti akan meningkat karena kinerja yang terus digenjot, ditambah proses pengisian daya tengah dilakukan. Panas yang keluar akan terakumulasi dan dapat memicu meledaknya ponsel.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Produk terbaru merk Vivo, yaitu versi Y28s 5G akan segera memasuki pasar China dalam waktu dekat. Merk tersebut akan segera menambahkan...

Software

Jakarta, Unbox.id — Samsung baru saja meluncurkan pembaruan OneUI 6.1 untuk seri Galaxy S21 di India, yang menambahkan fitur Galaxy AI ke ponselnya. Kini...

Artikel

Unbox.id – Mahasiswa sering kali dihadapkan pada tantangan dalam mencari dan mengolah informasi yang diperlukan untuk skripsi mereka. Dari mencari sumber berita yang relevan...

Vivo

Unbox – Vivo V30e merupakan smartphone yang canggih dengan dirilis oada 9 Mei 2024 yang mempunyai berat 188 gram ketebalan 7,7 mm. Smartphone Vivo...