Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Kenali Jenis dan Kualitas Baterai Laptop Anda

Baterai
ilustrasi baterai laptop | foto: www.hp.com

Jakarta, Unbox.id – Baterai merupakan salah satu komponen penting yang ada di sebuah perangkat laptop. Namun, komponen tersebut memiliki jenisnya masing-masing. Setiap jenis memiliki bahan yang berbeda, dan kualitas yang berbeda-beda pula.

Dalam artikel ini, Unbox telah merangkum jenis-jenis komponen penyimpanan daya yang ada di laptop berdasarkan jenisnya. Oleh karena itu, Anda dapat membedakan dan mengidentifikasi jenis penyimpanan daya yang ada di perangkat laptop Anda saat ini.

Baterai Lithium Ion

Kebanyakan laptop modern menggunakan penyimpanan daya berbahan lithium-ion, sama seperti perangkat konsumen kecil seperti jam tangan dan senter. Bahan ini mengisi daya ratusan kali tanpa memengaruhi masa pakai komponen tersebut.

Bahan litium-ion memiliki sirkuit internal yang menghentikan proses pengisian daya saat batrai terisi penuh. Sirkuit ini sangat penting karena tanpanya, batrai Li-ion dapat menjadi terlalu panas dan mungkin terbakar saat proses pengisian daya.

Baca juga: OnePlus Open Hadirkan Update OxygenOS Terbaru, Simak Infonya

Bahan litium-ion tidak akan menjadi panas saat pengisian daya. Jika ya, Anda dapat membuangnya, karena ia mungkin sudah rusak.

Bahan Nikel-Kadmium dan Nikel Metal Hidrida

Laptop lama menggunakan batrai nikel-kadmium dan nikel-metal hidrida. Bahan tersebut memerlukan perawatan lebih dari bahan lithium-ion.

Komponen penyimpanan daya dengan bahan NiCad dan NiMH harus Anda kosongkan, lalu  Anda isi ulang hingga penuh sebulan sekali. Hal tersebut penting untuk mendapatkan masa pakai baterai yang optimal. Membiarkan baterai jenis ini tetap terpasang setelah terisi penuh tidak terlalu memengaruhi masa pakai baterai.

Baterai Buku MacBook Apple

Apple MacBook, MacBook Air, dan MacBook Pro menggunakan baterai polimer lithium yang tidak dapat Anda ganti-ganti. Hal tersebut memiliki tujuan tertentu, yakni untuk memberikan masa pakai baterai maksimum dalam ruang yang ringkas.

Baca juga: Cara Membagikan Link Youtube dengan Timestamp

Untuk memeriksa kesehatan penyimpanan daya, buka menu Apple dan buka Pengaturan Sistem > Baterai.

Kondisi Normal Berfungsi Sesuai Harapan

Setiap komponen pengisian daya memiliki rekomendasi waktu yang tepat untuk perbaikan atau servis. Setelahnya, dalam kurun waktu tertentu Anda juga harus membeli yang baru, sebab ia memiliki masa pakai dengan kualitas yang semakin menurun seiring waktu.

Jika alam kondisi baterai dapat berfungsi, tetapi daya tahannya mulai menurun ketimbang saat masih baru, Anda dapat menggantinya sekarang juga. Anda masih dapat menggunakan komputer Anda, namun jika kinerjanya terpengaruh, bawalah ke teknisi servis resmi.

Jika komponen penyimpanan daya tidak berfungsi normal, Anda dapat melakukan servis. Anda dapat menggunakan Mac saat tersambung ke adaptor daya, namun Anda harus membawanya ke Apple Store atau penyedia layanan resmi Apple sesegera mungkin.

Sumber: Lifewire

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Review Produk

Jakarta, Unbox.id – Lenovo GeekPro Gaming Desktop 2024 telah rilis di negara asalnya, Tiongkok. Produk tersebut memiliki beberapa tambahan baru pada jajaran mesin gaming...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Laptop 14-inci Envy x360 merupakan pengembangan dari varian terdahulu dengan penambahan di berbagai aspek. Kini, HP akan segera meluncurkannya dengan tampilan...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id – Lenovo telah menambahkan produk PC terbaru dengan nama Legion Blade 7000K 2024 sebagai inovasi baru tahun ini. Perangkat komputer ini menjadi...

Review Produk

Jakarta, Unbox.id – ThinkPad X12 Detachable Gen 2 meluncur pada event Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona. Laptop buatan Lenovo tersebut bertujuan untuk...