Connect with us

Hi, what are you looking for?

Handphone & Tablet

Foto Hilang atau Terhapus? Jangan Khawatir! Berikut Cara Mengembalikan Foto ke Galeri Smartphone!

mengembalikan foto terhapus di Android

Last updated on 9 Juni, 2024

Jakarta, Unbox.id Foto memiliki arti berbeda untuk setiap orang, banyak sekali moment berharga tertentu yang belum tentu di dapatkan setiap harinya. Tak jarang juga, banyak yang kebingungan saat foto dan video yang hilang atau terhapus secara tidak sengaja.

Bahkan, terkadang hal-hal penting yang ada di dalam galeri handphone kamu bisa lenyap tanpa jejak tanpa tahu penyebabnya.

Cara mengembalikan foto yang terhapus sebenarnya hampir sama dengan mengembalikan jenis file lain pada umumunya.

baca artikel menarik lainnya tentang : cara mengembalikan file iphone

Pada artikel ini, Unbox akan membagikan informasi bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus di galeri maupun seluruh seri sistem Android dengan sangat mudah. Tak perlu repot-repot menggunakan aplikasi tambahan untuk bisa melakukan hal tersebut. Berikut tipsnya!

Mengembalikan Foto Terhapus Tanpa Aplikasi

Sebagian smartphone sudah memiliki fitur ini untuk mengembalikan foto atau video yang terhapus bahkan hilang. Hal yang akan digunakan dalam cara ini adalah fitur recover layaknya recycle bin di komputer. Jadi, ketika kamu menghapus foto maupun video di android, file yang dihapus masih disimpan sementara di folder khusus.

  • Pertama, buka Galeri handphone
  • Kedua, klik titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih Sampah/Trash bin

cara mengembalikan foto yang hilang di galeri

  • Ketiga, silahkan pilih foto yang ingin dikembalikan. Jika sudah, klik Recover

Menu galeri pada smartphone memberikan batas waktu penyimpanan foto yang dihapus, contohnya pada Xiaomi selama 30 hari saja. Kemungkinan waktunya akan bervariasi pada tiap merk handphone Android yang kamu pakai.

Baca juga: Trik Mengembalikan File iPhone Yang Terhapus

Jika pada cara tadi foto maupun video tidak ditemukan, maka dapat mencoba mengembalikan foto yang hilang dari android melalui aplikasi Photos milik Google. Biasanya aplikasi ini adalah bawaan (sudah terinstal) pada handphone Android.

  • Buka aplikasi Photo
  • Klik pada menu Library

cara mengembalikan foto yang hilang di galeri tanpa aplikasi

  • Kemudian pilih Trash
  • Pilih foto dan video yang ingin dikembalikan. Klik Restore.
  • Tekan kembali, dan pilih menu Photos untuk melihat foto dan video yang dikembalikan.

Sebagai catatan, Google Photos akan menyimpan foto dan video bila kamu mengaktifkan Backup & sync sebelumnya. Waktu yang diberikan untuk menyimpan file yang terhapus adalah 60 hari.

Namun, jika pada handphone kamu tidak memiliki fitur-fitur tersebut, cara lain mengembalikan foto dan video adalah melalui aplikasi.

Baca juga: Ketentuan Baru Google Terkait Penyimpanan Google Photos!

Mengembalikan Foto Terhapus dengan DiskDigger

DiskDigger adalah aplikasi photo recovery yang cukup populer. Aplikasi ini bisa digunakan pada Android root maupun no root.

Bagi kamu yang tertarik mencoba aplikasi ini, berikut caranya:

  • Silahkan unduh dan instal DiskDigger di Play Store
  • Setelah itu, buka aplikasinya
  • Untuk memulai proses, silahkan pilih Start Basic Photo Scan

cara mencari foto yang hilang di hp dengan diskdigger

  • Jika muncul jendela lagi, silahkan pilih izinkan dan tunggu proses scanning selesai. Jika sudah, centang foto yang ingin kamu kembalikan, lalu pilih Recover
  • Selanjutnya, pilih tempat penyimpanan. Silahkan klik safe the file to custom location lalu cari folder yang kamu inginkan. Jika sudah, silahkan klik OK.

mengembalikan foto dan video dengan DiskDigger

  • Kamu akan mendapatkan jendela penawaran untuk upgrade aplikasi, pilih saja No, Thanks

Tidak seperti cara sebelumnya diatas yang memiliki batas waktu untuk mengembalikan foto. Dengan aplikasi DiskDigger, kamu dapat mengembalikan foto yang sudah lama terhapus. (Yes/Crs)

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Handphone & Tablet

Jakarta, Unbox.id — Di sisa pertengahan tahun ini, iQOO memiliki agenda untuk meluncurkan tiga ponsel besar untuk pasar China. Tiga jenis ponsel merk tersebut...

Honor

Jakarta, Unbox.id — Baru-baru ini, produsen smartphone asal Tiongkok, Honor telah mengumumkan produk smartphone terbarunya di negeri asalnya. Ia adalah Honor X60 Plus yang...

Tech Industry

Unbox.id – Anda menikmati bermain game selama berjam-jam, terutama jika Anda bermain di bawah sinar matahari. Jika Anda ingin menerapkan kebiasaan ini, HP akan...

Motorola

Jakarta, Unbox.id — Menyusul debut internasionalnya, Motorola telah meluncurkan smartphone andalan terbarunya, Edge 50 Ultra, di pasar India. Kini ini merupakan penawaran paling premium...