Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Cara Bijak Merawat Kabel Headphone Agar Tetap Awet

Last updated on 22 November, 2023

Jakarta, Unbox.id – Sebagian orang mungkin mengabaikan kabel sebagai komponen vital yang ada di perangkat audio headphone. Untuk mendapatkan kualitas penggunaan yang optimal, Anda harus mengetahui cara perawatan terbaik untuk komponen yang satu ini.

Di bawah ini, Unbox telah mengulas beberapa tips penting yang bisa Anda jadikan referensi. Bagaimana cara menggunakan dan merawat kabel perangkat audio dengan bijak? Simak hingga tuntas penjelasan-penjelasan artikel di bawah ini.

Hindari Pemuntiran Pada Kabel Headphone

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan adalah jangan memuntir atau melilit kabel secara berlebihan, terutama pada bagian ujung konektor. Pemuntiran berlebihan dapat merusak struktur kabel dan mempengaruhi transmisi sinyal audio.

Baca juga: OMATE Ice Ring, Cinin Pintar dengan Fitur Canggih

Saat Anda tidak ingin menggunakan perangkat audio tersebut, pastikan kabel tersusun dengan rapi. Gulung dengan posisi yang teratur, agar kabel aman, terhindar dari potensi yang membahayakan. Hindari menggulungnya terlalu ketat, karena ini dapat merusak isolasi kabel.

Jauhi Sumber Panas dan Dingin Ekstrem

Hindari menyimpan atau menggunakan headphone di dekat sumber panas ekstrem, seperti radiator atau perangkat pemanas, karena panas dapat merusak isolasi kabel. Begitu juga dengan suhu dingin yang dapat membuat kabel menjadi lebih rapuh.

Baca juga: Dimensity 8300 Hadir dengan Berbagai Keunggulan

Selain itu, penggunaan kabel juga tidak boleh sembarangan. Anda tidak bisa menariknya secara paksa. Jangan mencabut headphone dengan menggenggam bagian tengah kabelnya. Pastikan Anda mencabut jack audio pada bagian ujung.

Gunakan Pengait Kabel atau Klip Pengaman Headphone

Pengait kabel atau klip pengaman dapat membantu mengurangi tegangan pada konektor dan meminimalkan risiko kerusakan. Ini dapat membantu menjaga kabel tetap dalam posisi yang aman. Jauhkan kabel dari jalur pejalan kaki dan kendaraan. 

Area berdebu dapat merusak konektor dan mengurangi kualitas suara. Gunakan penutup atau wadah penyimpanan untuk melindungi kabel saat tidak digunakan. Membersihkan kabel secara berkala dengan kain lembut dapat membantu menghilangkan debu dan kotoran yang dapat merusak isolasi.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

LG

Jakarta, Unbox.id — LG telah meluncurkan speaker portabel terbarunya, StanbyME Speaker (XT7S) yang memiliki rancangan khusus untuk melengkapi layar portabel bawaannya. Meski demikian, pengguna...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Sony, menurut laporan terbaru, sedang mengerjakan earbud generasi berikutnya, yang diberi nama LinkBuds 2. Meskipun detailnya masih langka saat ini, bocoran...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Perangkat audio Bose dilengkapi dengan Headphone Bose Ultra Open yang inovatif. Perangkat ini memungkinkan penggunanya menikmati musik sambil melakukan aktivitas tanpa kehilangan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Noise telah meluncurkan perangkat audio TWS (True Wireless Stereo) Buds N1. Menurut berbagai sumber, ini adalah perangkat audio yang meluncur di...