Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Cara Batalkan Pesan iMessage yang Terlanjur Terkirim di iPhone

iMessage iPhone_1a
iMessage iPhone. (Sumber: Popular Science)

Unbox.id – iPhone memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya menghapus pesan yang dikirim ke orang lain. Hal ini tentu sangat membantu, karena mengirim pesan kepada orang yang salah dapat menyebabkan berbagai macam masalah, mulai dari rasa malu hingga konsekuensi serius dalam kehidupan nyata. Beruntungnya, seperti dikutip Engadget, sejak peluncuran iOS 16, Apple telah memperkenalkan fitur yang memungkinkan pemilik iPhone membatalkan pengiriman iMessage dalam waktu dua menit setelah pengirimannya. Nah, untuk mengetahui cara membatalkan pengiriman pesan di perangkat Apple, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Membatalkan Pesan yang Terkirim di iPhone

iMessage iPhone_2b

iMessage iPhone. (Sumber: The Verge)

Perlu diingat, fitur batalkan pengiriman ini hanya berfungsi di iMessage. Karenanya, chat SMS biasa yang sudah terkirim tidak bisa dibatalkan. Berikut adalah cara untuk membatalkan pengiriman pesan iMessage yang ada di iPhone:

  • Buka aplikasi Messages di iPhone.
  • Pilih rangkaian percakapan dengan pesan yang ingin dihapus.
  • Tekan dan tahan jari pada gelembung pesan yang pengirimannya ingin dibatalkan.
  • Ketuk Undo Seen di menu pop-up. (Setelah pesan dibatalkan, kamu akan melihat animasi balon meletus).

Peringatan “Pesan Anda belum terkirim” kemudian akan muncul dalam teks kecil berwarna abu-abu dan penerima akan melihat pesan yang sama.

Namun, perlu diingat bahwa fitur ini hanya dapat diakses dua menit setelah mengirim pesan. Fitur ini dapat diakses di iPhone yang menjalankan setidaknya iOS 16 atau iPadOS 16.

Jika Anda tidak melihat opsi ini, Anda perlu memastikan iPhone Anda menjalankan iOS versi terbaru. Anda dapat memeriksa iOS yang terinstal di iPhone Anda dengan membuka Pengaturan > Umum > Tentang > Versi iOS.

iOS Versi Lama Masih Bisa Membaca Pesan yang Terhapus

Namun, salah satu kelemahan yang mengganggu dari fitur batalkan pengiriman pesan adalah penerima pesan masih menggunakan iOS versi lama atau sebelum 2022.

Sehingga mereka masih dapat melihat pesan yang dihapus terhapus. Oleh karena itu, fitur ini hanya berlaku jika kedua perangkat menjalankan setidaknya iOS 16. Jadi, cara menghapus pesan di Mac hampir sama dengan di iOS atau iPadOS.

Untuk dapat menghapus pesan di Mac Anda, perangkat yang Anda gunakan harus menjalankan minimal macOS Ventura, lalu ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Messages di Mac.
  • Pilih percakapan dengan isi pesan yang ingin dihapus.
  • Pilih Undo Seen. (Setelah pesan dibatalkan, pengguna akan melihat animasi balon meletus.) Peringatan (“You unsent a message”) muncul, dan penerima akan melihat pemberitahuan serupa.

Mac yang digunakan harus menggunakan macOS 13 atau lebih baru, dan perangkat penerima harus menggunakan setidaknya iOS 16, iPadOS 16.1, atau macOS Ventura.

Baca juga: Apple Klaim Baterai IPhone 15 Kini Punya Masa Pakai Yang Lebih Baik

Pertanyaan Mengenai Fitur Undo Seen

iMessage iPhone_3c

iMessage iPhone. (Sumber: CNET)

Pengguna memiliki waktu dua menit setelah mengirim iMessage untuk membatalkannya. Biasanya, pengguna tidak dapat melihat pesan setelah membatalkannya. Namun, jika pengguna memiliki perangkat Apple yang menjalankan perangkat lunak sebelum tahun 2022, pesan mungkin tetap ada di perangkat tersebut.

Tidak, saat ini tidak ada cara resmi untuk mengirim ulang pesan yang dibatalkan. Ini akan berfungsi jika pengguna memiliki perangkat lain (terhubung ke akun iMessage saat pengguna mengirim pesan) yang menjalankan firmware Apple sebelum tahun 2022.

Ya. Status pesan telah dibaca/belum dibaca tidak mempengaruhi kemampuan pengguna untuk membatalkan pengiriman pesan tersebut, selama pesan yang belum terkirim adalah percakapan iMessage (dan perangkat memiliki perangkat lunak Apple terbaru).

Satu-satunya batasan saat membatalkan pesan terkirim adalah pengguna harus membatalkan pesan dalam waktu dua menit. Sehingga para penggunanya dapat membaca ulang pesan yang telah dikirim sebelum dapat memutuskan apakah pesan tersebut ingin dihapus ataupun tidak.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikabarkan akan memperkenalkan fitur AI di iOS 18 yang akan mengutamakan privasi pengguna. Perusahaan siap menantang Google dan Samsung dalam persaingan...

Hardware

Unbox.id – Apple dikabarkan sedang berupaya mengembangkan chipset generasi terbarunya sendiri, khususnya M4. Menurut rumor yang beredar, chipset Apple M4 akan hadir dalam tiga...

Apple

Unbox.id – iPhone 16 Plus dikabarkan memiliki 2 pilihan warna baru, bukan 5 warna seperti iPhone 15 non-profesional yang saat ini ada di pasaran....

Hardware

Unbox.id – Seri iPhone 16 memang belum diumumkan secara resmi oleh Apple, namun bocoran informasi mengenai seri iPhone 17 sudah mulai tersebar di Internet....