Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Berapa Lama Rata-Rata Baterai Laptop Bertahan?

Baterai laptop
ilustrasi : Digital Trends

Jakarta, Unbox.idUmur rata-rata baterai laptop umumnya sekitar 1.000 siklus pengisian daya. Angka tersebut bisa berbeda-beda tergantung merek dan sektor penyimpanan daya, serta cara penggunaannya. Hal ini sangat penting, sebab kinerja masih dapat menurun seiring waktu.

Sulit untuk mengatakan berapa lama satu siklus pengisian daya pada perangkat berlangsung karena bergantung pada banyak faktor. Beberapa laptop memiliki penyimpanan daya yang mampu bertahan hingga puluhan jam, sementara lainnya (khususnya laptop gaming) cenderung hanya bertahan paling lama 4-5 jam. 

Baca juga: Honor Magic 6 Lite Rilis Dengan Snapdragon 6 Gen 1 dan Baterai 5300 mAh

Jika Anda khawatir tentang berapa lama baterai laptop Anda bertahan, periksa situs produsennya untuk mengetahui berapa lama rata-rata pengisian daya dapat bertahan. 

Apakah Buruk Membiarkan Laptop Anda Tercolok Sepanjang Waktu?

Di masa lalu, orang menganggap bahwa membiarkan perangkat Windows dalam keadaan terpasang dapat berdampak buruk bagi kesehatan penyimpanan daya. Sebaliknya, orang banyak menganggap laptop Mac selalu mampu tetap terhubung tanpa masalah apa pun.

Saat ini, apa pun jenis perangkat yang Anda miliki, aman untuk membiarkannya tetap terhubung ke sumber daya sepanjang waktu. Menurut berbagai sumber, karena semakin banyak siklus pengisian daya yang Anda lakukan pada baterai, maka baterai akan semakin aus. 

Baca juga: Huawei Segera Luncurkan Perangkat Menarik dalam Acara di Dubai

Tidak perlu khawatir tentang ‘pengisian daya yang berlebihan’ karena laptop dan baterainya cukup pintar untuk mengetahui kapan harus berhenti mengisi daya. Yang terjadi hanyalah laptop berjalan langsung dari kabel daya Anda alih-alih menggunakan baterai. 

Apakah Daya Tahan Baterai 4 Jam Baik Untuk Laptop?

Itu tergantung pada laptop Anda. Untuk beberapa laptop, daya tahan baterai 4 jam cukup bagus, namun cukup rendah untuk laptop lainnya. 

Untuk laptop lama, 4 jam adalah waktu yang cukup lama karena baterainya lebih tua dan akan bertahan lebih lama ketimbang baterai laptop baru.

Namun, laptop baru umumnya menawarkan masa pakai baterai lebih lama dari ini (kecuali Anda bermain game atau mengedit video), jadi sekali lagi, ada baiknya memeriksa ekspektasi yang tercantum di situs produsen untuk memastikan laptop Anda beroperasi sesuai harapan. 

Sumber: Livewire

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Unboxing

Jakarta, Unbox.id – Xiaomi Pad 6S terbaru meluncur pada hari ini di negeri asalnya, Tiongkok dalam sebuah acara khusus dari perusahaan tersebut. Peluncuran ini...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Di awal pekan ini, Amazfit, pengembang produk jam tangan pintar asal Amerika Serikat, meluncurkan smartwatch terbaru, Active Edge. Produk jam tangan...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Nothing Phone 2a terkonfirmasi akan rilis di India pada tanggal 5 Maret. Menjelang peluncurannya, bocoran desain baru telah muncul, menunjukkan seperti...

OnePlus

Jakarta, Unbox.id – Pada laporan sebelumnya, produk smartphone OnePlus Ace 3V akan ditenagai chipset Snapdragon 7 Gen 3. Namun, menurut keterangan rahasia Weibo DCS,...