Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Smartphone Sistem Baterai Lepas-pasang Bakal Kembali!

smartphone
sistem baterai lepas-pasang akan segera diterapkan kembali | foto: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Setelah sekian lama produsen smartphone atau ponsel pintar menerapkan inovasi “baterai tanam”, kini beredar kabar bahwa “baterai lepas” akan kembali diterapkan. Apa sebabnya dan untuk apa peraturan lama kembali berlaku?

Melansir dari laman liputan6, peraturan tersebut datang dari Parlemen Uni Eropa yang tengah bersiap untuk menerapkan regulasinya. Dalam peraturan mereka, setiap perangkat elektronik portable haruslah menerapkan sistem “baterai lepas-pasang”

Baca juga: Facebook Dituding Sengaja Bikin Boros Baterai di Smartphone

Baterai lepas-pasang atau removable battery memang sudah menjadi sistem yang lazim pada smartphone di era sebelumnya. Di mana sistem tersebut dengan cepat tergantikan oleh sistem “baterai tanam” yang membuat ponsel lebih awet dan elegan.

Peraturan Sistem Baterai Lepas-pasang Tidak Hanya Untuk Smartphone

Tidak hanya untuk smartphone semata, namun sistem ini nantinya akan berlaku juga untuk perangkat lain. Seperti laptop, tablet, hingga kendaraan yang mengandalkan listrik. Parlemen Uni Eropa akan memberi waktu pada produsen jika peraturan ini rilis.

Waktu yang mereka butuhkan untuk mengolah kembali perangkat elektronik portable menjadi sistem baterai lepas pasang ini selama 3,5 tahun. Tujuan dari regulasi ini tidak lain adalah untuk mempermudah perawatan alat elektronik tersebut.

Baca juga: 5 Rekomendasi Note Sederhana Untuk Ponsel Android

Perangkat elektronik portable yang paling kental dengan sistem ini adalah smartphone. Ada beberapa kekurangan dan kelebihan di masing-masing sistem baterai. Kekurangan dari sistem lepas pasang pada smartphone adalah fitur tahan air yang kurang optimal.

Namun, sistem baterai tanam juga membuat pengguna sulit memperbaiki baterai jika mengalami trouble. Banyak pengguna yang mengeluhkan sistem baterai tanam ini karena kendala-kendala tersebut.

Tantangan Tersendiri Untuk Produsen HP Lipat

Muncul di era baterai tanam, ponsel layar lipat memiliki desain khusus dengan baterai sedemikian rupa. Jika harus menggantinya ke sistem baterai lepas-pasang, tentunya produsen harus berusaha memunculkan inovasi lain.

Ponsel layar lipat memiliki sistem dua baterai tanam yang terpisah di bagian atas dan bawahnya. Selain untuk memberikan daya ke ponsel, baterai juga memiliki fungsi sebagai penyeimbang kedua bagian.

Untuk menciptakan inovasi baru dengan baterai terpisah, produsen masih memiliki cukup waktu. Lalu, seperti apakah inovasi ponsel lipat yang akan muncul nantinya?

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan untuk melarang penjualan ponsel pintar kepada anak-anak di bawah 16 tahun. Hal ini dilakukan untuk memerangi kecanduan smartphone...

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Vivo akan mengumumkan ponsel pintar terbaru model T3x dengan konektivitas 5G. Ponsel 5G baru yang ramah anggaran, pada 17 April di...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Ponsel pintar memiliki kemampuan pengisian cepat yang luar biasa, apalagi mengingat dinamika pekerjaan dan aktivitas sehari-hari lainnya yang mengharuskan kita untuk selalu...

Spesifikasi & Harga

Last updated on 31 Maret, 2024 Unbox.id – Menjelang Idul Fitri, banyak masyarakat yang menerima tunjangan hari raya (THR) menjelang libur panjang. Ada pula...