Connect with us

Hi, what are you looking for?

Merk

Keuntungan dan Resiko Jailbreak Pada iPhone dan iPad

Keuntungan dan Resiko Jailbreak Pada iPhone dan iPad (sumber: digit.in)
Keuntungan dan Resiko Jailbreak Pada iPhone dan iPad (sumber: digit.in)

Jakarta, Unbox.id – Apple adalah merupakan salah satu perusahaan yang dikenal cukup ketat dalam mengelola berbagai macam layanan yang dimilikinya, termasuk dalam urusan sistem dan kemanan pada sistem operasi iOS.

Tentu saja, ada alasan khusus mengapa Apple melakukan hal tersebut. salah satunya yakni adalah untuk melindungi para penggunanya dari berbagai macam ancaman yang bisa terjadi.

Meskipun demikian, banyak pengguna Apple khususnya iPhone atau iPad yang berusaha untuk menghilangkan batasan tersebut agar mereka bisa mendapatkan keleluasaan lebih yakni dengan menggunakan sebuah metode yang biasa disebut jailbreak.

Jailbreak pada iPhone atau iPad sejatinya hampir sama dengan proses rooting pada Android, yakni sebuah metode yang bisa dilakukan pengguna untuk bisa mendapat kebebasan lebih dalam mengelola perangkatnya.

Dengan melakukan jailbreak, pengguna bisa mengaktifkan beberapa fitur menarik yang sebelumnya dibatasi oleh Apple, seperti memasang tema, aplikasi yang tidak tersedia di App Store, memasang tweak, dan lain sebagainya.

Apa keuntungan Jailbreak?

Apa keuntungan Jailbreak? (sumber: idownloadblog.com)

Apa keuntungan Jailbreak? (sumber: idownloadblog.com)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, perangkat yang sudah di jailbreak dapat dikustomisasi secara lebih lanjut. Hal ini dikarenakan pengguna telah mendapatkan izin pada beberapa ketentuan yang sebelumnya terblokir atau dibatasi.

Salah satu contohnya, pengguna dapat mengubah tema iPhone dengan lebih leluasa. Pengguna juga dapat memasang tema yang sebelumnya juga tak tersedia di App Store.

Selain itu, pengguna juga bisa melakukan tweak atau modifikasi kecil yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sistem.

Apa resiko Jailbreak?

Apa resiko Jailbreak? (sumber: redmondpie.com)

Apa resiko Jailbreak? (sumber: redmondpie.com)

Seperti proses rooting di Android, jailbreak juga memiliki beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan secara matang, sebelum pengguna melakukannya.

Meskipun Jailbreak ini legal secara hukum di beberapa wilayah, proses Jailbreak tetap memiliki resiko yakni seperti menghilangkan klaim garansi, gagal dalam proses Jailbreak yang dapat menyebabkan kerusakan, dan resiko masuknya malware pada perangkat.

Selain itu, Jailbreak ini juga dapat melemahkan sistem proteksi yang dibuat oleh Apple, sehingga orang yang tidak bertanggung jawab bisa saja dengan mudah menyerang atau mencuri data-data pribadi pengguna, seperti kontak, dokumen penting, dan lain sebagainya.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: digit.in, idownloadblog.com, redmondpie.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain...

Apple

Unbox.id – Rumor mengenai iPad Air semakin menyebar seiring semakin dekatnya tanggal rilisnya. Baru-baru ini beredar informasi bahwa iPad Air akan berukuran lebih besar...

Hardware

Jakarta, Unbox.id — Jajaran produk tablet milik Apple, yaitu iPad, iPad mini, Air, dan Pro merupakan jenis terbaik di kelasnya. Produsen telah membekalinya dengan...

Tech Industry

Unbox.id – Apple baru saja mengakuisisi startup Perancis, Datakalab, yang berspesialisasi dalam kompresi AI dan teknologi visi komputer. Perusahaan tersebut, yang baru-baru ini diakuisisi...