Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Jelang Kemerdekaan, Ini Perkembangan Teknologi Gadget di Indonesia

Gadget Indonesia_1
Seiring HUT Kemerdekaan Indonesia, pangsa gadget dan digital di Indonesia tumbuh dengan cepat. (Sumber: Pewarta Indonesia)

Unbox.id – Indonesia merupakan sebuah negara yang besar. Seiring dengan jumlah populasi yang besar dan juga memiliki pangsa pasar yang mumpuni, perkembangan teknologi digital dan juga gadget dapat menjadi tumbuh subur di tanah air. Seiring dengan menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia di tahun 2022 ini, lantas bagaimana perkembangan teknologi gadget di tanah air? Bagaimana persentase perkembangannya tersebut?

Daftar Produk Gadget Populer di Indonesia

Samsung_1

Produk Samsung jadi produk gadget nomor 1 di tanah air pada tahun 2022. (Sumber: Nextren)

Dengan memiliki jumlah penduduk yang besar, Indonesia telah hadir menjadi sebuah negara yang besar. Selain itu dari segi ekonomi dan juga pangsa pasarnya, hal ini telah terbukti lewat perkembangan yang cukup baik dari waktu ke waktu. Selain itu dengan adanya kemajuan teknologi digital di tanah air, hal ini juga membuat pertumbuhan pengguna gadget di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup baik.

Hal itu dapat terlihat dari survei yang dilakukan oleh Populix pada 4-14 Juli 2022 yang dikutip oleh Detik.com. Dalam hal ini, terdapat beberapa daftar perangkat gadget atau smartphone yang menjadi pilihan oleh masyarakat Indonesia untuk digunakan di dalam waktu kesehariannya tersebut. Setidaknya terdapat 4 produk terbesar yang masuk ke dalam kategori smartphone yang populer di Indonesia.

Persentasenya adalah di mana peringkat pertama diduduki oleh Samsung dengan persentase sebesar 25%. Selain itu di peringkat kedua ada Xiaomi dengan persentase 23%, serta di peringkat ketiga ada Oppo dengan persentase sekitar 14%. Dan untuk di nomor empat ada produk Apple yaitu iPhone yang memiliki persentase yang sama sekitar 14% juga.

Dengan adanya daftar tersebut, produk dengan sistem Android masih menjadi pilihan utama bagi para pengguna gadget smartphone di Indonesia dibandingkan dengan aplikasi berbasis iOS. Ini juga mempengaruhi di mana para pengguna gadget di Indonesia masih menginginkan sebuah kemudahan dan fleksibilitas dalam penggunaan aktivitas di kesehariannya tersebut.

Baca juga: Ragam Produk Teknologi Asal Indonesia Yang Mendunia

Operator Seluler Pilihan Masyarakat

Telkomsel_1

Telkomsel jadi operator seluler yang paling diminati oleh masyarakat di tanah air. (Sumber: Uzone)

Selain menghadirkan daftar gadget-gadget yang populer di masyarakat Indonesia, survei yang dilakukan oleh Populix ini juga mencari operator seluler mana yang masuk jadi pilihan masyarakat Indonesia. Operator seluler memang menjadi sebuah bagian yang penting di dalam aktivitas perkembangan teknologi digital di Indonesia. Selain itu, keberadaannya juga menjadi nadi penting di dalam komunikasi antar penggunanya di seluruh tanah air.

Dalam hal ini, Populix menyajikan beberapa operator seluler pilihan yang dipilih oleh masyarakat untuk aktivitas kesehariannya. Setidaknya terdapat empat operator seluler terbesar di tanah air yaitu Telkomsel dengan 46%, Indosat Ooredoo Huthcison di angka 33%, XL Axiata 17%, dan juga ada Smartfren dengan persentase 4%.

Lebih lanjut dengan adanya data tersebut, Populix juga menyampaikan bahwa sekitar 67% masyarakat Indonesia lebih sering terkoneksi dengan WiFi di dalam penggunaan ragam gadgetnya tersebut. Sisanya di angka 33% menggunakan kuota untuk mengakses berbagai aplikasi maupun sosial media di dalam aktivitasnya itu.

Baca juga: Hadir Di Indonesia, Oppo Reno 8 Punya Spek Mumpuni

Akan Terus Berkembang

Perkembangan teknologi digital maupun dari segi gadget di tanah air dipercaya akan semakin terus berkembang dari tahun ke tahun. Hal ini juga dilingkupi dengan adanya perkembangan jaringan 5G yang semakn gencar dilakukan di Indonesia. Hadirnya jaringan teknologi berkecepatan tinggi ini pastinya dapat membawa perubahan baru dari segi komunikasi digital di tanah air.

Selain itu, perkembangan spesifikasi yang semakin canggih juga akan membuat perkembangan gadget maupun teknologi digital di tanah akan semakin pesat dalam kurun waktu beberapa tahun mendatang.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Chipset Snapdragon 8 Gen 4 diperkirakan akan diluncurkan tahun ini di acara tahunan Qualcomm yakni Snapdragon Summit 2024. Snapdragon 8 Gen 4...

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan untuk melarang penjualan ponsel pintar kepada anak-anak di bawah 16 tahun. Hal ini dilakukan untuk memerangi kecanduan smartphone...