Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Inggris Mau Larang Penjualan Smartphone ke Dibawah 16 Tahun

Penjualan Smartphone_1a
Penjualan Smartphone. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan untuk melarang penjualan ponsel pintar kepada anak-anak di bawah 16 tahun. Hal ini dilakukan untuk memerangi kecanduan smartphone di kalangan remaja. Larangan tersebut akan diwujudkan dalam bentuk peraturan yang mengatur jalur penjualan dan larangan penjualan ponsel kepada anak di bawah 16 tahun. Mengutip Gizchina, langkah tersebut tentu mendapat dukungan luas dari para orang tua di Inggris.

Didukung Pihak Orang Tua

Penjualan Smartphone_2b

Penjualan Smartphone. (Sumber: ZDNET)

Para orang tua ini memberikan dukungan karena mereka khawatir dengan dampak ponsel pintar terhadap kesehatan fisik dan mental anak mereka. Menurut survei terbaru terhadap 2.496 orang tua yang memiliki anak usia sekolah di Inggris, 83% menganggap ponsel pintar berbahaya bagi anak-anak dan remaja.

Survei tersebut juga menemukan bahwa 58% orang tua berpendapat pemerintah harus melarang penggunaan ponsel pintar oleh anak di bawah 16 tahun. Sementara itu, 77% orang tua siswa SD menyetujui hal tersebut.

Kekhawatiran orang tua terhadap bahaya smartphone bukan tanpa alasan. Alasannya karena survei terbaru yang dilakukan Parentkind menunjukkan bahwa 93% orang tua menganggap jejaring sosial berbahaya bagi anak-anaknya.

Orang Tua Mendukung, Takut Bahaya Smartphone dan Medsos ke Anak

Sementara itu, 95% orang tua ingin raksasa media sosial dan perusahaan teknologi berbuat lebih banyak untuk melindungi anak-anak dari konten berbahaya.

Survei ini juga menemukan bahwa 80% orang tua percaya bahwa ada batasan usia untuk mengakses jejaring sosial, yaitu sering kali demikian. 13 tahun dianggap terlalu rendah dan perlu ditingkatkan.

Dampak penggunaan ponsel pintar terhadap kesehatan anak menimbulkan kekhawatiran di kalangan orang tua dan para ahli.

Apa Saja Dampak Smartphone Pada Kesehatan Anak?

Royal College of Paediatrics and Child Health memperingatkan bahwa duduk di depan layar terlalu lama dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental anak, sehingga menyebabkan obesitas, gangguan tidur, dan gangguan kesehatan mental.

Selain berdampak pada fisik dan kesehatan mental, ada kekhawatiran bahwa ponsel pintar dapat memengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak-anak.

Ketersediaan terkait Penggunaan aplikasi perpesanan dan media sosial secara terus-menerus dapat menyebabkan kecanduan, dan kurangnya interaksi sosial tatap muka dapat berdampak pada kondisi sosial. keterampilan dan kesehatan yang lebih baik.

Oleh karena itu, banyak orang tua yang menginginkan pemerintah melarang penjualan ponsel pintar kepada anak di bawah umur.

Pengembangan Keterampilan Kognitif: Anak-anak dapat memperoleh manfaat dari aplikasi pendidikan yang dirancang khusus untuk memperluas pengetahuan mereka dalam berbagai bidang seperti matematika, bahasa, dan sains.

Peningkatan Keterampilan Motorik: Penggunaan permainan dan aplikasi yang interaktif pada smartphone dapat membantu dalam pengembangan keterampilan motorik halus anak, seperti mengetik, menggambar, dan memilih.

Ketergantungan: Anak-anak bisa menjadi sangat tergantung pada smartphone mereka, yang bisa memengaruhi aktivitas fisik mereka dan interaksi sosial. Mereka mungkin lebih cenderung untuk menghabiskan waktu di dalam ruangan dan kurang berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Pengaruh Konten Tidak Pantas: Anak-anak bisa terpapar pada konten yang tidak pantas atau tidak cocok untuk usia mereka saat menggunakan smartphone, terutama jika tidak ada pengawasan orang dewasa.

Gangguan Tidur: Penggunaan smartphone sebelum tidur dapat mengganggu pola tidur anak-anak karena cahaya biru yang dipancarkan oleh layar dapat mengganggu produksi hormon tidur.

Pengabaian Kegiatan Penting: Anak-anak mungkin lebih cenderung mengabaikan kegiatan penting seperti belajar, bermain di luar, atau berinteraksi dengan anggota keluarga karena terlalu asyik dengan smartphone mereka.

Baca juga: Tips Jaga Kondisi Smartphone Kamu Agar Tetap Prima

Aturan Pemerintah Inggris Raya

Penjualan Smartphone_3c

Penjualan Smartphone. (Sumber: The Hans)

Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah Inggris telah menerbitkan panduan mengenai penggunaan ponsel cerdas di sekolah-sekolah di Inggris.

Peraturan ini menyarankan sekolah untuk meminta siswa meninggalkan ponsel mereka di rumah, meninggalkannya ketika anak-anak tiba di sekolah, dan menyimpannya di loker. yang tidak dapat diakses oleh anak-anak, dan melarang penggunaan ponsel pintar di kelas.

Panduan ini juga merekomendasikan agar sekolah menggunakan sejumlah teknologi tertentu untuk memantau dan mengelola penggunaan ponsel siswa. Misalnya saja menggunakan perangkat lunak untuk membatasi akses ke situs web atau aplikasi tertentu selama waktu belajar.

Namun, penggunaan teknologi jenis ini menimbulkan masalah privasi dan penyalahgunaan kegunaan. Oleh karena itu, pemerintah Inggris percaya bahwa pelarangan penjualan ponsel pintar kepada anak-anak di bawah usia 16 tahun dapat melindungi anak-anak dari bahaya jejaring sosial dan ancaman online lainnya. Termasuk kejahatan online, penindasan maya, pornografi, dan peretasan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Produk terbaru merk Vivo, yaitu versi Y28s 5G akan segera memasuki pasar China dalam waktu dekat. Merk tersebut akan segera menambahkan...

Tech News

Jakarta, Unbox.id — General Mobile bersiap untuk memperkenalkan seri smartphone baru. GM atau General Mobile merupakan perusahaan yang berdiri di Turki. Kali ini, perusahaan...

Software

Jakarta, Unbox.id — Kali ini Apple mengumumkan serangkaian fitur aksesibilitas baru yang akan hadir di akhir tahun 2024 ini di iPhone dan iPad-nya. jadi...

Handphone & Tablet

Jakarta, Unbox.id — Seperti rumor yang telah beredar, Sony akhirnya merilis dua ponsel Xperia baru kali ini. Kedua ponsel adalah Xperia 1 VI dan...