Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Chip Berbasis Arm Pertama Besutan Google Cloud Resmi Rilis

Google Cloud_1a
Google Cloud. (Sumber: Euronews)

Unbox.id – Pada ajang Google Next Cloud 2024 yang juga diketahui oleh publik, Google Cloud mengumumkan beberapa inovasi terbaru yang ditawarkan perusahaan. Salah satunya adalah chip berbasis Arm pertama yang diproduksi oleh mereka, bernama Axion. Prosesor ini dirancang khusus untuk kebutuhan data center. Tujuannya adalah agar proses ini tersedia bagi pelanggan Google Cloud pada akhir tahun 2024. “Prosesor ini memberikan kinerja hingga 50% lebih baik dan efisiensi daya hingga 60% lebih baik dibandingkan generasi saat ini yang berbasis x86,” kata CEO Google Cloud Thomas Kurian di Google Cloud Next 2024 yang diadakan pada hari Kamis di Las Vegas, AS. Seperti yang dijelaskan, Axion menggabungkan keahlian silikon Google dengan inti prosesor Arm untuk menghasilkan kinerja tertinggi. Sebagai informasi, prosesor ini merupakan model terbaru dalam seri silikon besutan Google. Sejak 2015, perusahaan telah meluncurkan lima generasi TPU (Tensor Processing Unit). Sementara itu, pada tahun 2018, Google juga merilis VCU (Video Encoder) pertamanya. Selain itu, pada tahun 2021, mereka juga akan meningkatkan jumlah komputer rumahan dengan berinvestasi pada SoC (System on a Chip) generasi pertama yang digunakan untuk perangkat seluler.

Keunggulan Axion

Axion Chip Google Cloud_2b

Axion Chip Google Cloud. (Sumber: Techeconomy)

Kembali ke Axion, prosesor ini akan mampu memberikan lompatan besar dalam kinerja untuk sejumlah tugas seperti server web dan aplikasi, layanan mikro dalam container, database open source, buffering penyimpanan dalam memori, alat analisis data, dan banyak lagi. misinya.

Tak hanya itu, Axion juga didukung dengan sistem mikrokontroler silikon yang dirancang khusus bernama Titanium. Dengan kemampuan tersebut, Axion memiliki kapasitas lebih besar dan kinerja lebih baik untuk memenuhi beban kerja pelanggan.

Prosesornya juga diklaim mampu mempercepat kinerja aplikasi. Axion memberikan performa 30% lebih baik dibandingkan mesin virtual berbasis Arm tercepat di cloud dan performa 50% lebih baik dibandingkan mesin virtual berbasis x86 serupa.

Pelanggan dilaporkan dapat menggunakan Axion di berbagai layanan Google Cloud, termasuk Google Compute Engine, Google Kubernetes Engine, Dataproc, Dataflow, Cloud Batch dan beberapa layanan lainnya.

Baca juga: OpenAI Dan Google Latih Model AI Pakai Transkrip Video YouTube

Mengenal Google Cloud

Google Cloud_1a

Google Cloud. (Sumber: The Keyword)

Google Cloud adalah platform komputasi awan yang disediakan oleh Google. Ini menawarkan berbagai layanan komputasi, penyimpanan data, dan alat pengembangan yang dapat digunakan oleh perusahaan dan pengembang untuk membangun, mengelola, dan mendukung aplikasi dan layanan mereka. Berikut adalah beberapa layanan utama yang ditawarkan oleh Google Cloud:

  • Compute Engine: Layanan infrastruktur awan yang memungkinkan pengguna untuk menyewa mesin virtual yang dapat disesuaikan untuk menjalankan aplikasi mereka.
  • Google Kubernetes Engine (GKE): Layanan manajemen kontainer yang menggunakan Kubernetes, yang memungkinkan pengguna untuk mengelola dan menyeimbangkan aplikasi yang berjalan dalam kontainer.
  • Google Cloud Storage: Penyimpanan awan yang aman dan tahan terhadap gangguan, yang dapat digunakan untuk menyimpan data dalam berbagai format, termasuk objek, file, dan arsip.
  • BigQuery: Layanan analisis data yang dapat digunakan untuk menganalisis data besar secara cepat dan efisien.
  • Google Cloud AI: Serangkaian layanan kecerdasan buatan yang memungkinkan pengguna untuk membangun, melatih, dan menerapkan model pembelajaran mesin di Google Cloud.
  • Google Cloud Functions: Layanan komputasi tanpa server yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan kode dalam respons terhadap peristiwa yang terjadi dalam aplikasi mereka.
  • Google Cloud Platform Marketplace: Tempat untuk menemukan, mencoba, dan membeli solusi perangkat lunak siap pakai yang berjalan di Google Cloud.

Selain itu, Google Cloud juga menawarkan berbagai layanan tambahan seperti layanan basis data, jaringan, keamanan, dan pengembangan aplikasi. Platform ini terus berkembang dan menambahkan fitur baru untuk mendukung kebutuhan bisnis dan teknologi yang berkembang pesat.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Acara Google Cloud Next 2024 telah resmi dibuka. Diadakan di Mandalay Bay, Las Vegas, AS, acara ini menandai peluncuran beberapa produk dan...

Software

Unbox.id – Kecerdasan buatan atau AI secara umum tidak hanya dapat membantu seseorang dalam pekerjaannya, tetapi juga dapat mendukung keamanan siber suatu perusahaan. Google...