Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Beberapa Tips RAM Yang Tepat Untuk Motherboard Laptop

Motherboard Laptop_1a
Ada beberapa tips untuk pemilihan RAM untuk Motherboard Laptop yang bisa menunjang penggunaannya. (Sumber: Reddit)

Unbox.id – Selain kapasitas CPU dan harddisk, ada hal penting yang harus diperhatikan saat memilih atau merakit laptop/PC, yaitu RAM. Komponen komputer ini sangat penting dalam menentukan kecepatan komputer saat beroperasi. Apa sebenarnya RAM itu dan mengapa itu merupakan komponen penting? Perlu diketahui bahwa RAM memiliki fungsi penting dalam mendukung prosesor untuk menghasilkan performa yang optimal. RAM juga memiliki efek melakukan proses komputasi di komputer. Jika Anda tertarik untuk merakit komputer, pemilihan RAM harus benar-benar diperhatikan, karena ini akan menentukan kinerja komputer. Saat ini, ada banyak sekali jenis RAM yang beredar di pasaran. Bagaimana cara menentukan RAM yang tepat saat dibutuhkan?

Tips Memilih RAM Laptop dan PC

Sebelum menentukan pilihan, kita perlu mengetahui jenis RAM apa saja yang ada di pasaran saat ini. Umumnya RAM yang bisa didapatkan di toko komputer termasuk jenis DDR3, DDR4, DDR5. Selain itu, ada tipe RAM GDDR2, GDDR3, GDDR4, GDDR5, GDDR5X, GDDR6 hingga GDDR6X.

Selain berbeda jenis, besaran RAM juga bervariasi, mulai dari 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, dll. Ini bisa sedikit membingungkan pada awalnya, karena itu, Anda tidak bisa sembarangan memilih RAM. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan.

Ketahui Tipe RAM, Motherboard dan Jumlah Slot RAM

Motherboard Laptop_2

Para penggunanya perlu mengetahui berapa jumlah RAM dan juga slot RAM yang ada Motherboard Laptop milik penggunanya. (Sumber: Uploadtify)

Pilih RAM sesuai dengan spesifikasi desktop Anda. Misalnya, jika motherboard PC Anda mendukung dua saluran, misalnya pilih RAM dengan dua saluran itu. Selain itu, kapasitas motherboard harus disesuaikan.

Jika Anda memiliki motherboard dual channel 8 GB dengan clock 1333 MHz, Anda tidak dapat memasang RAM 16 GB dengan clock 1866 MHz, karena kinerjanya akan kurang optimal dan membuat PC atau laptop Anda tidak stabil.

Kemudian, untuk slot RAM pada motherboard dual channel sebaiknya digunakan 2 buah chip. Jika ingin RAM 2 GB lebih, belilah dua batang RAM 1 GB. Mirip dengan RAM 4 GB, Anda harus membeli dua batang RAM 2 GB. Perhatikan juga jenis RAM yang digunakan motherboard Anda. Baik itu DDR1, DDR2, DDR3, DDR4 atau lainnya.

Pilih memori dengan slot yang sama, karena jika tidak sama maka memori RAM tidak bisa digunakan. Kebanyakan motherboard memiliki 2 atau 4 slot RAM. Anda dapat memanfaatkan semua slot untuk memasang RAM yang dibeli.

Ketahui Frekuensi RAM Sebelumnya

Tidak semua motherboard mendukung kecepatan frekuensi RAM. Dengan cara ini Anda perlu mengetahui seberapa mampu motherboard menerima laju frekuensi RAM. Selain motherboard, prosesor juga harus sesuai dan mampu mendukung frekuensi RAM yang Anda beli, misalnya untuk beberapa jenis RAM DDR seperti DDR3 kecepatan maksimumnya adalah 1066 – 1600 Mhz untuk mode standar dan 1866 -3000.

MHz untuk overclocking. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kemungkinan ini, Anda dapat melihatnya dengan masuk ke BIOS saat pertama kali menyalakan PC atau laptop.

Baca juga: Tips Cara Mengatasi Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Ketahui Nomor Seri RAM

Catat nomor seri pada RAM. Pada umumnya setiap RAM memiliki serial number yang menandakan apakah RAM tersebut DDR1, DDR2, DDR3 atau DDR4. Jika Anda ingin membeli 2 keping RAM, pastikan jenisnya sama.

Misalnya, jika Anda membeli RAM PC12800, Anda harus membeli sisa RAM dengan nomor seri yang sama. Kalau beda, biasanya RAM-nya yang tidak pas atau beda dengan slot RAM di motherboard.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hardware

Unbox.id – Vendor laptop lokal Axioo melanjutkan kesuksesan Pongo sebagai laptop gaming dengan performa bagus. Yang terbaru, Axioo memperkenalkan Pongo 760 V2 yang ditenagai...

Tech News

Unbox.id – Penggunaan kecerdasan buatan (AI) adalah solusi yang memenuhi berbagai kebutuhan. Penggunaan AI juga meluas ke banyak bidang kehidupan dan memfasilitasi banyak aktivitas,...

Acer

Jakarta, Unbox.id — Acer kali ini meluncurkan produk laptop gaming terbaru, Predator Helios Neo 16 (PHN16-72) di pasar Tanah Air. Perangkat dengan segmentasi gaming...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id — Samsung baru-baru ini memperkenalkan seri Galaxy Book 4 secara global, tetapi tampaknya ada pengungkapan menarik lainnya yang akan segera terjadi. Laptop...