Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

AI Google Bisa Prediksi Banjir Tujuh Hari Sebelum Kejadian

AI Google Weather Forecast_1a
AI Google Weather Forecast. (Sumber: MIT Technology Review)

Unbox.id – Banjir merupakan salah satu jenis bencana alam yang sulit diprediksi. Namun kini Google dapat memprediksi bencana tersebut secara akurat. Google baru saja mengumumkan bahwa teknologi AI mereka dapat memprediksi bencana banjir secara akurat, bahkan 7 hari sebelum banjir terjadi. Seperti dikutip Engadget, raksasa internet ini telah berupaya memperkirakan banjir dengan melatih model pembelajaran mesinnya dengan segala jenis data yang relevan. Data yang digunakan untuk AI mencakup riwayat lokasi, pembacaan ketinggian sungai, ketinggian dan medan, dan banyak lagi. Setelah mempelajari data yang ada, Google membuat peta lokal dan menjalankan berbagai simulasi di setiap lokasi. Kombinasi teknik ini memungkinkan model pembelajaran mesin mereka memprediksi banjir di masa depan secara akurat. Google berharap dapat menerapkan prediksi bencana ini di lebih banyak negara. Meskipun perusahaan dapat memperkirakan beberapa banjir tujuh hari sebelumnya, rata-rata banjir berlangsung sekitar lima hari. Namun, Google yakin hal ini telah meningkatkan keandalan prakiraan cuaca global yang ada. Google juga menyempurnakan prakiraan banjir di negara-negara berkembang, termasuk sebagian benua Afrika dan Asia.

Bakal Informasikan Prediksi Banjir di Google Search

AI Google Weather Forecast_2b

AI Google Weather Forecast. (Sumber: Reddit)

Berkat kecerdasan buatan, Google dapat memberikan informasi prakiraan banjir di 80 negara dengan jumlah penduduk 460 juta jiwa. Perusahaan juga menyatakan akan memberikan notifikasi mengenai bencana tersebut di Google Penelusuran, di Google Maps, dan melalui notifikasi di ponsel Android.

Google akan terus mengembangkan potensi kecerdasan buatannya untuk menciptakan model prakiraan banjir yang lebih baik. Dan mereka bermitra dengan peneliti universitas untuk meningkatkan prediksi bencana berbasis AI.

Google I/O Digelar 14 Mei 2024

Sementara itu, acara tahunan Google I/O akan berlangsung pada 14 Mei 2024. Pada acara tersebut, perusahaan akan memperkenalkan ponsel Android seri terbarunya, khususnya Pixel 8a. Selain itu, acara tahunan Google ini juga dimanfaatkan perusahaan untuk memperkenalkan sejumlah fitur baru di sistem operasi Android 15.

Google juga secara rutin mengumumkan sejumlah teknologi baru dan bagaimana perusahaan membandingkannya. Berkolaborasi dengan pengembang masyarakat.

Berhubung masih ada waktu sekitar 2 bulan lagi, dipastikan akan ada bocoran informasi lebih lanjut mengenai apa saja yang akan diumumkan Google di I/O. Beberapa pihak meyakini Google akan merilis informasi terbaru mengenai teknologi AI besutannya.

Pasalnya, Google berulang kali mengungkap betapa hebatnya teknologi AI mereka, seperti Gemini AI. Oleh karena itu, AI dipastikan akan menjadi salah satu topik utama yang diumumkan pada acara Google I/O pada 14 Mei 2024 mendatang.

Baca juga: Google Chrome Kini Lebih Aman Berkat Perlindungan Real-Time

Apple Mau Pakai Gemini Punya Google, Dukung Fitur AI di iPhone

AI Google Gemini_1a

AI Google Gemini. (Sumber: The Keyword)

Di sisi lain, Apple berencana menggunakan teknologi Gemini Google untuk mendukung fitur AI iPhone.
Menurut Bloomberg, dikutip oleh 9to5Google, “negosiasi saat ini sedang berlangsung untuk mengizinkan Apple memberikan izin kepada Gemini, koleksi model AI sintetis milik Google, untuk mendukung beberapa fitur perangkat lunak iPhone baru tahun ini.”

Rupanya, selain Google, Apple juga sedang melakukan pembicaraan dengan OpenAI, perusahaan tersebut saat ini mendukung kemampuan AI Microsoft. Mitra AI berbasis cloud untuk mendukung kemampuan AI di iPhone. Dalam laporan terbaru, Apple sedang melakukan pembicaraan dengan Google untuk menggunakan Gemini.

Pada saat yang sama, Apple juga berupaya menyediakan model AI pada perangkat dan kemampuan AI pada perangkat sejalan dengan iOS 18 mendatang.

Untuk berita berikutnya, jangan lupa untuk terus baca artikel berikutnya di Unbox.id karena kami menyediakan artikel-artikel menarik terkait berita teknologi terbaru serta gadget terbaru.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...

Tech Industry

Unbox.id – Chatbot AI yang diproduksi perusahaan Elon Musk kini mampu “memahami” gambar, mulai dari diagram hingga tabel berisi informasi. Hal tersebut diungkapkan xAI...

Tech Industry

Unbox.id – Elon Musk, CEO Tesla dan pemilik platform media sosial X, kembali menjadi perbincangan setelah mengutarakan pandangannya tentang kecerdasan buatan (AI). Dalam wawancara...

Apps & Games

Unbox.id – Google Workspace mengumumkan sejumlah pembaruan fitur pada acara Google Cloud Next 2024. Seperti tema besar acara tahunan ini, kecerdasan buatan (AI) menjadi...