Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Peralihan ke Chip Apple Silicon Akan Diselesaikan Tahun Ini

Jakarta, Unbox.id – Tahun 2020 lalu, Apple memutuskan untuk beralih dari chip Intel ke Apple Silicon. Awalnya dimulai dari MacBook dan Mac Mini yang ditenagai oleh chip Apple M1. Kini, Apple Silicon telah diperluas ke lebih banyak perangkat dan chip.

Apple sudah banyak mengumumkan tentang proses menyelesaikan perpindahannya ke Apple Silicon dalam waktu dua tahun. Mark Gurman dari Bloomberg berharap perusahaan bisa menyelesaikan proses peralihan ini pada Apple Worldwide Developers Conference 2022 di bulan Juni nanti.

Worldwide Developers Conference merupakan acara yang diadakan Apple setiap tahun untuk mengenalkan produk baru dan ajang berkumpulnya para komunitas pengembang perangkat lunak di Apple. Worldwide Developers Conference berbeda dengan Apple Event. Acara ini diadakan oleh Apple setiap tahun secara rutin sejak tahun 1983.

Selama hampir 40 tahun, seringkali WWDC atau Worldwide Developers Conference diadakan di San Jose Convention Center, kemudian juga pernah pindah ke Bill Graham Civic Auditorium di awal tahun 2000-an. Namun di tahun 2017, acara ini kembali diadakan di San Jose Convention Center.

Apple melaksanakan acara Worldwide Developers Conference ini untuk mengenalkan aplikasi baru ataupun sistem operasi kepada para pengembang. Akan tetapi, tidak jarang Apple juga melaksanakan WWDC untuk mengenalkan produk baru berupa perangkat keras ataupun hardware.

Baca juga: Apple MacBook Air 13-inch, Laptop Kualitas Kamera Full HD

Mac Baru

Edisi terbaru buletin Power On yang dilaporkan oleh Mark Gurman menambahkan bahwa Mac Pro baru, Mac Mini yang kuat, dan iMac Pro dengan layar besar akan ditenagai oleh chip Apple Silicon yang baru. Jika hal tersebut benar, itu artinya akan ada beberapa perangkat Apple Mac yang akan diluncurkan pada awal tahun ini.

Baru-baru ini, perusahaan meluncurkan MacBook Pro yang memiliki versi 14 inci dan 16 inci, setelah meluncurkan model MacBook Air dan Pro serta Mac Mini dan iMac yang ditenagai oleh chipset M1. Kedua perangkat MacBook Pro dalam versi 14 inci dan 16 inci tersebut didukung oleh chip Apple M1 Pro yang baru dan M1 Max.

Perusahaan diperkirakan akan meluncurkan chipset M2 sebagai penerus dari chip M1. Tetapi jika laporan tersebut benar, maka sebenarnya tidak akan ada peningkatan drastis dalam hal kinerja untuk SoC yang baru.

Laporan tersebut menambahkan bahwa jajaran MacBook Air serta MacBook Pro, yang merupakan perangkat pertama yang mendapatkan chipset M1, akan diperbarui juga pada tahun ini. MacBook Air diklaim akan hadir dengan redesign yang terbesar dalam sejarah. (Mer/Eve)

 

Sumber : gizmochina-com, makemac.grid.id

Foto : dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

How To

Jakarta, Unbox.id – Jika layar sentuh iPad Anda tidak berfungsi, solusinya mungkin sederhana. Pastikan tidak ada yang menghalangi layar sentuh membaca ujung jari Anda,...

Komparasi

Jakarta, Unbox.id – Perbandingan antara iPhone 12 VS iPhone 12 Pro akan membantu Anda mengetahui iPhone mana yang Anda sukai. Namun, sekarang Apple telah resmi menghentikan...

Apple

Jakarta, Unbox.id – Apple MacBook Pro 13-inch merupakan laptop yang mempunyai layar 13 inci dengan resolusi 2560 x 1600pixels. Laptop ini juga memiliki berat...

Apple

Jakarta, Unbox.id – Apple MacBook Air 13-inch merupakan laptop yang memiliki layar 13,3 inci dengan beresolusi 1440 x 900pixels dengan memiliki berat 1.35kg ini...