Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

iPhone 14 Mungkin Tidak Pakai Chip 3nm

chip 3nm apple

Jakarta, Unbox.id – Kabar terbaru dari Apple mengatakan kemungkinan iPhone 14 dan Mac kehilangan chip 3nm. Terobosan baru yang digadang-gadang sebelumnya ini mengalami tantangan produksi.

Chip 3nm ini diproduksi oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC), perusahaan Taiwan yang bermitra dengan Apple. Sebelumnya, batch pertama chip baru ini disebut akan dipakai di iPhone dan Mac baru tahun depan.

Chip ini diklain akan membuat smartphone lebih efisien dan ringkas. Dan Apple berharap akan memperkenalkan prosessor barunya dengan nama Apple A16 Bionic.

Prosessor ini disebut “lebih kuat, lebih sedikit memakan tenaga tanpa mengubah ukuran terlalu banyak.”

Tahun ini, Apple sudah pernah prosessor M1, M1 Pro, dan M1 Max untuk bersaing dengan NVIDIA di kelas kartu grafis menengah. Chip ini dipakaikan di Mac.

Saat ini, produk Apple memakai prosessor A14 Bionic dan A15 Bionic dengan chip berukuran 5 nanometer. Chip ini sudah dipakai dari tahun 2020 hingga tahun ini untuk iPhone 12 dan 13.

Halangan Dalam Produksi

prosessor a15 Apple

Prosessor A15 Apple (sumber wccftech)

Kabar terbaru dari Information yang dikutip oleh 9to5mac membocorkan bahwa TSMC sedang kesulitan dalam transisinya ke manufaktur chip 3nm.

Saat ini, mereka sedang memproduksi chip 5nm yang dipakai di prosessor A15 iPhone 13. Saat ini mereka sedang dalam proses transisi dan menghadapi tantangan.

“Akibat dari kesulitan TSMC adalah prosessor iPhone akan tertahan di proses manufaktur chip yang sama untuk 3 tahun ke depan, termasuk tahun depan, untuk pertama kalinya dalam sejarah, menurut analisa dari The Information tetnang chip Apple sebelumnya.

“Ini akan menyebabkan beberapa konsumen tidak lagi memperbarui gadget mereka tahun depan dan memberi pesaing Apple ruang untuk mengejar,” tulis kutipan 9to5mac.

Baca juga: Redmi Note 11 Pro Plus Dibongkar, Lihat Mesin Dalamnya

Namun meski demikian, TSMC dipercaya tetap akan menjadi yang pertama untuk membuat chip 3 nanometer dibandingkan pesaingnya seperti Intel dan Qualcomm.

Produksi chip 3nm TSMC ini diperkirakan akan dimulai tahun 2023 mendatang.

Hubungan Dekat

prosessor Apple

Prosessor Apple (sumber wccftech)

Secara finansial, TSMC dan Apple memiliki hubungan yang erat dan saling bergantung satu sama lain.

Tahun lalu, Apple melaporkan total keuntungan $48.08 miliar. Angka ini meningkatkan $21.43 miliar dari tahun pertama kedua perusahaan bekerja sama di tahun 2013.

Tidak salah bila Apple menjadi klien “VIP” untuk TSMC dan mendapat perlakuan spesial. Seperti misalnya tahun lalu saat ada masalah di produksi chip untuk iPhone 12.

“Salah satu mantan teknisi TSMC mengatakan setelah TSMC menghadapi masalah manufaktur dengan prosessor iPhone 12 tahun 2020, Apple menekan untuk mendapat lebih banyak chip tanpa menaikan harga total di kontrak,” kutip 9to5mac.

Satu isu lagi yang dikutip adalah ssaat awal-awal kerjasama Apple dengan TSMC. Apple meminta untuk membangun setidaknya 1 pabrik TSMC yang baru di kota Kaohsiung, sebelah selatan Taiwan.

Alasan yang diberikan oleh mantan executive chip Apple berkaitan dengan bahaya gempa bumi. Dan awal tahun ini, TSMC disebut akan membangun lagi di kota tersebut.

Jadi pada dasarnya, hubungan Apple dan TSMC disimpulkan “umumnya positif.”

 

Sumber dan foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

How To

Jakarta, Unbox.id – Jika layar sentuh iPad Anda tidak berfungsi, solusinya mungkin sederhana. Pastikan tidak ada yang menghalangi layar sentuh membaca ujung jari Anda,...

Komparasi

Jakarta, Unbox.id – Perbandingan antara iPhone 12 VS iPhone 12 Pro akan membantu Anda mengetahui iPhone mana yang Anda sukai. Namun, sekarang Apple telah resmi menghentikan...

Apple

Jakarta, Unbox.id – Apple MacBook Pro 13-inch merupakan laptop yang mempunyai layar 13 inci dengan resolusi 2560 x 1600pixels. Laptop ini juga memiliki berat...

Hardware

Jakarta, Unbox.id – Tahun 2020 lalu, Apple memutuskan untuk beralih dari chip Intel ke Apple Silicon. Awalnya dimulai dari MacBook dan Mac Mini yang...