Motorola

Komparasi Moto C dan Redmi 4A yang Perlu Anda Tahu

Komparasi Moto C dan Redmi 4A
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Lenovo baru saja merilis Moto C di segmen smartphone kelas bawah. Harganya di bawah 1,5 jutaan yang menjadikan Moto C smartphone termurah yang pernah dikeluarkan Lenovo. Pasar yang dibidik adalah orang yang belum mengganti ponselnya ke smartphone.

Akan tetapi, Moto C mendapatkan hambatan masuk pasar tersebut dikarenakan telah ada smartphone dengan harga serupa yang telah bercokol terlebih dahulu, yakni Redmi 4A dari Xiaomi. Lantas, mana yang terbaik dari keduanya? Simak komparasi Moto C dan Redmi 4A ya!

Desain

Komparasi Moto C dan Redmi 4A dimulai dari desain. Redmi 4A dibuat dengan badan belakang yang tidak bisa dilepas. Materialnya terbuat dari plastic yang pada bagian teratasnya diberi sentuhan metalik. Oleh karenanya, tampilannya tidak seperti smartphone berharga murah lainnya. Tampilan Redmi 4A terkesan mahal.  Pegangan dari Redmi 4A nyaman, dan sempurna di tangan, terutama dalam hal penggunaan satu tangan. Desain kamera dan flashlight dibuat ke dalam yang amat aman jika terkena benturan.

Moto C dibuat dengan badan belakang bermaterialkan plastik standar yang dapat dilepas. Kameranya tidak aman jika ada benturan dikarenakan desainnya agak maju daripada badan smartphone. Bila dilihat dari desain keseluruhan, Redmi 4A lebih direkomendasikan karena dibuat dengan memperhatikan ergonomis, dan terlihat premium. Namun, untuk Anda penyuka smarphone fungky yang dihiasi dengan warna cerah, maka Moto C adalah jawabannya.

Display

Komparasi Moto C dan Redmi 4A yang kedua dilihat dari display. Masing-masing smartphone ditanamkan display yang berbeda. Redmi P4 ditanamkan spesifikasi layar 5 inci dengan teknologi layar sentuh IPS kapasitif yang beresolusi 1280 x720 pixel. Tingkat kecerahan dan warna yang dihasilkan berkualitas baik.

Moto C ditanamkan spesifikasi layar 5 inci dengan teknologi layar sentuh TFT kapasitif yang beresolusi 480×854 pixel. Spesifikasi display Moto C lebih inferior daripada Redmi 4A yang pastinya berpengaruh terhadap kualitas warna dan kecerahan layar. Oleh karenanya, berdasarkan display Redmi 4 A direkomendasikan.

Performa dan Penyimpanan

Komparasi Moto C dan Redmi 4A selanjutnya dilihat dari performa dan penyimpanan. Redmi 4A dibekali dengan spesifikasi prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 425 1.4GHz, 2 GB RAM, Adreno 308 GPU, dan 16 GB memori internal. Tugas harian menjadi lebih mudah dikerjakan dengan spesifikasi Redmi 4A, tetapi tetap ada lag ketika multitasking dijalankan.

Moto C dibekali dengan spesifikasi prosesor quad-core Mediatek MT6737M 1.1GHz, 1 GB RAM,  Mali-T720MP2 GPU,  dan 16 GB memori internal. Di atas kertas, Redmi 4A menang urusan performa karena spesifikasi yang ditanamkannya. Namun, untuk urusan performa masih perlu pengujian terhadap Moto C terlebih dahulu.

Kamera

Redmi 4A mempunyai kamera  13 MP pada bagian belakang dengan f/2.2 aperture, PDAF, lensa 5 elemen, HDR, dan LED flash. Pada bagian depan diberikan kamera dengan kekuatan 5 MP. Moto C ditanamkan spesifikasi yang rendah yakni 5 MP dengan LED Flash pada bagian belakang, dan 2 MP pada bagian depan dengan LED Flash juga.

Akan tetapi, besarnya kekuatan pixel pada kamera Redmi 4A tidak menjadikannya superior terhadap smartphone di kategori harga yang sejenis. Ternyata, kualitasnya sama atau setara dengan smartphone lain meskipun spesifikasi kekuatan kameranya lebih rendah dari Redmi 4A. Jadi , untuk urusan kamera Moto C setara dengan Redmi 4A.

Baterai, Konektivitas, Software, Distribusi

Redmi 4A ditanamkan baterai dengan kapasitas 3210 mAh yang tidak dapat dicopot. Moto C diberikan spesifikasi baterai dengan kapasitas 2350 mAh yang dapat dicopot. Dilihat dari besaran mAh, maka dapat dipastikan daya tahan baterai Redmi 4A lebih lama daripada Moto C.

Redmi 4A dan Moto C diberikan konektivitas berupa 4G LTE, 2G, 3G, Bluetooth, GPRS,  dan colokan USB. Sensors pada Redmi 4A ada 3, yakni gyro, proximit, dan accelerometer. Sedangkan Moto C, hanya terdapat  accelerometer. Konektivitas memperlihatkan spesifikasi yang setara dari kedua smartphone. Hanya saja sensor smartphone Moto C kalah jauh daripada Redmi 4A.

Software Redmi 4A menggunakan MIUI 8 yang setara dengan Android 6.0.1 Marshmallow. Sedangkan Moto C, menggunakan Android 7.0 Nougat. Dari spesifikasi dapat terlihat bahwa Moto C lebih unggul untuk masalah software yang lebih baru.

Distribusi Redmi 4A dilakukan ke pelbagai macam toko. Jadi, Redmi 4A tidak hanya ada di toko resmi saja. Produk Xiaomo ini ada juga di toko tidak resmi. Berbeda dengan Redmmi 4A, Moto C hanya dapat dijumpai di toko resmi Lenovo saja.

Kesimpulan

Berdasarkan spesifikasi, ketika komparasi Moto C vs Redmi 4A dilakukan, Redmi 4A unggul di banyak bagian. Bila dilihat dari faktor tersebut, maka Redmi 4A lebih direkomendasikan untuk dibeli daripada Moto C. Namun, Moto C mempunyai keunggulan yang dapat membuat Anda berpikir ulang untuk memilihnya. Keunggulan yang dimaksud adalah pada software yang lebih baru, baterai yang dapat dilepas, desain yang lebih eye catching dengan warna cerah.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments

Popular

To Top