Connect with us

Hi, what are you looking for?

Google

Google Mulai Blokir Smartphone dengan Custom ROM

Last updated on 31 Maret, 2018

Minggu lalu, beberapa pengguna ponsel Android melaporkan bahwa mereka mendapatkan pesan khusus, memblokir pengguna menggunakan Google Apps. Ini terjadi terutama bagi mereka yang menggunakan ponsel cerdas dengan unlocked bootloader atau menjalankan custom ROM. Apa alasan Google Blokir smartphone?

Hari ini, Google telah mengkonfirmasi kepada Android Police dan mengakui tindakan ini. “Perangkat Android bersertifikasi menawarkan pengalaman yang konsisten kepada pengguna saat menggunakan aplikasi dari Google dan Play Store, serta Google Play Protect. Kami mengetahui bahwa beberapa produsen  memproduksi dan menjual perangkat yang belum disertifikasi oleh Google.”

Ini berarti mulai sekarang, perangkat yang tidak disertifikasi Google akan secara eksplisit diblokir untuk masuk ke Google Apps. Banyak motif yang mendorong produsen smartphone tidak mematuhi panduan perangkat keras Google dan akibatnya blokir smartphone terjadi.

Biaya adalah alasan kecil, mengingat untuk mendapatkan sertfikasi Google, produsen tidak mengeluarkan dana apapun. Jadi mungkin produsen nakal ini hanya tidak ingin repot saja mengurus perinjinan.

Nah, bagi anda yang sudah terlanjur menggunakan perangkat yang tidak bersertifikasi, untuk terus menggunakan layanan Google, pertama  Anda harus mengakui bahwa perangkat Anda tidak bersertifikat. Lalu Google akan membuka kunci pada perangkat Anda hanya dengan mengirimkan nomor IMEI atau Google Services Framework dari ponsel Anda.

Google hanya mengizinkan Anda untuk menggunakan 100 kali penggunaan per akun Google, jadi tampaknya Anda harus menyetel ulang custom ROM khusus jika batas tersebut sudah lewat.

Alasan di balik Google menindak perangkat lunak atau perangkat keras tidak resmi adalah sederhana. Google ingin perangkat yang membawa nama Android secara konsisten mematuhi pedoman Google. Ini juga akan membantu konsumen mengidentifikasi smartphone palsu yang bisa menimbulkan ancaman keamanan bagi pengguna.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Samsung telah resmi meluncurkan smartphone terbarunya untuk seri Galaxy M, yaitu Galaxy M14 5G. Sama seperti pendahulunya, smartphone ini dibekali baterai besar....

Spesifikasi & Harga

Last updated on 18 Juni, 2024 Unbox.id – Samsung telah resmi meluncurkan smartphone mid-range seri A terbarunya untuk pasar Indonesia, yaitu Galaxy A34 5G...

Handphone & Tablet

Unbox.id – Riset terbaru menunjukkan bahwa Samsung tetap menjadi salah satu produsen smartphone papan atas di Indonesia. Hal ini tak lepas dari teknologi mutakhir...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Pilihan smartphone mid-range semakin menarik dengan perangkat baru dari realme. Sebagai brand smartphone yang berhasil menjadi TOP 5 di pasar global (berdasarkan...