Aplikasi TRAFI Wujudkan Jakarta Jadi Smart City Melalui Bidang Transportasi

Dalam rangka mewujudkan misi menjadikan Ibukota Jakarta sebagai smart city, hari ini Pemerintah Daerah DKI Jakarta resmi mengumumkan peresmian TRAFI – salah satu penyedia aplikasi transportasi umum terakurat di dunia – menjadi mitra aplikasi Jakarta Smart City dan Transjakarta.

Dalam acara peresmian kerjasama yang digelar di Balai Kota Jakarta ini turut dijelaskan bahwa TRAFI nantinya berperan dalam sistem teknologi dan operasional, serta pengembangan jadwal informasi dan estimasi keberangkatan bus Transjakarta yang disajikan secara real time kepada pengguna Transjakarta. Sedangkan untuk pengembangan Jakarta Smart City, aplikasi yang dibuat di Lithuania ini mengolah data sharing yang bermanfaat untuk menganalisis pola penggunaan transportasi umum guna pengembangan kebijakan dan perencanaan kota Jakarta dimasa mendatang.

TRAFI memberikan informasi real-time dan paling akurat untuk berbagai moda transportasi di Jakarta. Tidak hanya mencakup Transjakarta, namun juga KRL, dan lebih dari 500 rute angkot, shuttle bandara, serta metro mini.

Dengan menggunakan aplikasi TRAFI pengguna dapat dengan mudah menuju tempat tujuan mereka. TRAFI tidak hanya menyediakan informasi berupa arah tercepat dan termurah, tetapi juga informasi tentang rute yang paling dapat diprediksi yang mampu membantu mereka sampai ke tempat tujuan tepat waktu.

“Kami sangat berharap dengan adanya Trafi dapat sangat membantu untuk meningkatkan jumlah masyarakat yang menggunakan transportasi umum seperti transjakarta,” tutur Budi Kaliwono, Direktur Utama PT. Transportasi Jakarta (Transjakarta).

Tak sekedar itu, TRAFI juga turut terintegrasi dengan beragam layanan transportasi online seperti UBER, Grab, dan GO-JEK, sehingga dapat memberikan gambaran lengkap kepada pengguna yang ingin melakukan perjalanan di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Kelebihan lain dari TRAFI yaitu aplikasi satu ini dapat dijalankan tanpa adanya koneksi internet mobile data ataupun WiFi, alias dapat berjalan secara offline. Namun sayangnya saat digunakan secara offline informasi yang disajikan TRAFI tidak selengkap ketika tersambung dengan jaringan internet.

Aplikasi yang diharapkan dapat membantu mewujudkan Jakarta sebagai smart city ini kini sudah dapat diunduh secara gratis di Google Play Store untuk pengguna Android dan di App Store bagi pengguna iOS.

Tinggalkan Balasan