Connect with us

Hi, what are you looking for?

NFT

NFT Ghozali Everyday: Laku Hingga Miliaran Rupiah

NFT ghozali ghozalu
sumber Open Sea

Jakarta, Unbox.id – Seorang pemuda dari Indonesia dengan panggilan Ghozali Ghozalu mendadak jadi topik pembicaraan sejak Rabu sore (12/01). Hal ini dikarenakan foto selfienya dalam bentuk non-fungible token (NFT) terjual laris di Open Sea. NFT ini dijual di akun bernama Ghozali Everyday dan berjumlah sebanyak 933.

Berdasarkan keterangan berbagai sumber, NFT yang dijual ini adalah gambar-gambar Ghozali setiap hari di depan komputer. Foto ini dikumpulkan dari saat ia berusia 18 tahun hingga 22 tahun (2017-2021). Harga terendah NFT yang dijual pada hari ini (13/01) pukul 11.30 WIB adalah 0.3 ETH atau sekitar Rp 14 jutaan.

Namun seiring koleksi NFT ini terkenal dan mengundang banyak kolektor, harganya kini melonjak. Bahkan saat ini, harga tertinggi NFT sebesar 66346 ETH, naik sangat tinggi dari sebelumnya hanya 0.399 ETH. Angka ini sudah mencapai Rp 3 triliun bila dikonversi ke mata uang Indonesia. 

Jumlah pemilik foto Ghozali saat ini sudah mencapai 434 orang. Ghozali mulai menjual foto-fotonya ini pada tanggal 10 Januari 2022. Berdasarkan grafik Open Sea akun Ghozali Everyday, hingga tanggal 11 Januari, rata-rata harganya masih 0.001 ETH. Harga rata-rata langsung melonjak pada tanggal 12 menjadi 0.28 ETH.

Hal ini dikarenakan angka penjualannya juga naik dari 543 menjadi 990. Tidak hanya itu, volume trade-nya juga meningkat dari 0,56 ETH menjadi 277,2 ETH. Nilai ini setara dengan Rp 13.3 miliar. Hingga siang ini, angka penjualan NFT ini baru 23 transaksi dengan harga rata-rata 0.27 ETH (sekitar Rp 12,9 jutaan). Volume trade hari ini sebesar 6 ETH (Rp 287 jutaan).

Baca juga: Associated Press Buka Pasar NFT untuk Foto Jurnalismenya

Memiliki Kisah Tersendiri

Viralnya foto selfie Ghozali disebut karena populernya gambar meme yang diperoleh dari NFT. Bahkan Ghazali juga menyampai di akun Twitternya @Ghozali_Ghozalu bahwa ia percaya para pemilik fotonya akan memakai NFT tersbeut dengan baik.

Melalui akun Twitternya juga, Ghozali mengungkapkan bahwa setiap foto selfie yang dibagikan memiliki kisah mereka sendiri. Misalnya dalam cuitan di bawah ini, Ghozali menjawab pertanyaan salah satu pembeli NFT fotonya tentang kelangkaan oto yang dimiliki. 

Bahkan ada satu foto NFT yang ia tunjukkan juga menangkap sosok hantu. Dan foto ini sudah berada di tangan salah satu kolektor. Saat ini, foto tersebut sudah mencapai harga 100 ETH. 

Ia juga membagikan bahwa tujuan awalnya ia mengambil selfie di depan komputer setiap hari adalah untuk membuat sebuah video. Video yang akhirnya ditayangkan di Youtube ini memiliki durasi 2 menit lebih dan berisi foto-fotonya selama 5 tahun tersebut. 

 

Sumber dan foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

NFT

Jakarta, Unbox.id – NFT sudah menjadi istilah yang banyak diperbincangkan sejak tahun 2021. baru-baru ini juga, seorang pemuda Indonesia berhasil meraup keuntungan miliaran rupiah...

NFT

Jakarta, Unbox.id – Associated Press atau AP mengumumkan sudah membuka pasar NFT untuk penjualan karya foto jurnalismenya bersama dengan Perusahaan Xooa. Pasar ini disebutnya...

NFT

Jakarta, Unbox.id – Doodles adalah sebuah koleksi NFT yang mulai meraih popularitas akhir-akhir ini dan terjual dengan harga yang tinggi. Minggu ini, sebuah Doodle...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Aset digital non fungible token (NFT) saat ini semakin marak. Semakin banyak orang berhasil meraup keuntungan dari aset satu ini. Sama...