Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Fitur iOS15 Bisa Ubah Ukuran Font App Tertentu, Ini Caranya!

fitur iOS 15 Apple tersembunyi

Jakarta, Unbox.id – The Verge membagikan sebuah fitur iOS 15 tersembunyi milik iPhone. Ternyata ukuran huruf di tiap aplikasi iOS sekarang bisa diatur berbeda satu sama lain!

Terkadang memang ada aplikasi tertentu yang hurufnya ingin dikecilkan agar bisa langsung terlihat satu layar. Ada juga yang ingin kita besarkan agar bisa membaca lebih mudah.

Hingga kemarin-kemarin, semua huruf di aplikasi iOS memiliki ukuran yang sama. Di iOS 15 terbaru ini, ada fitur tersembunyi untuk mengatur ukuran teks berbeda di tiap aplikasi. Informasi ini dibagikan oleh akun Twitter @OmarShahine.

Cara Ubah Ukuran Teks di Aplikasi

pengaturan text size di control center di iOS 15

pengaturan text size di control center di iOS 15 (sumber the verge)

Pertama adalah pengaturan untuk menambahkan setting ukuran huruf.

  • Geser dari sudut kanan atas untuk membuka Control Center
  • Cek apakah ada opsi Text Size di sana
  • Jika tidak ada, keluar dari Control Center dan buka Setting dan pilih Control Center
  • Pilih More Controls
  • Pilih Text Size
  • Tekan tanda tambah di kiri untuk menambahkan aturan Text Size di Control Center.

Setelah selesai, waktunya mengatur ukuran huruf aplikasi

  • Buka aplikasi yang ingin dikonfigurasi
  • Geser dari sudut kanan atas untuk membuka Control Center
  • Pilih ikon Text Size (logo huruf A kapital dan kecil)
  • Di dasar layar, ada pilihan untuk memilih aturan di aplikasi tertentu (misalnya di sebelah kiri untuk “Twitter only” dan di kanan ntuk “All Apps”).
  • Setelah dipilih, aturlah ukuran huruf dengan skala di tengah layar.
  • Setelah selesai, tekan di mana saja untuk kembali ke Control Center.
pengaturan text size di iOS 15

pengaturan text size di iOS 15 (sumber the verge)

Setelah menutup Control Center, huruf di aplikasi akan langsung berubah, tetapi tidak berubah di aplikasi yang lain.

Untuk mengubah ukuran huruf di semua aplikasi langsung, tentunya bisa langsung dipilih di pilihan “All Apps.”

Update iOS 15

Setelah pengumuman iPhone 13, Apple iOS 15 juga tersedia untuk download publik mulai Senin, 20 September lalu. Bersama dengan iOS ini adalah iPadOS 15.

Awalnya, iOS 15 diumumkan pada 7 Juni lalu dan tersedia untuk test developer. Sebuah public beta mulai tersedia untuk diunduh pada 30 Juni.

Baca juga: iPad Mini 6 Punya Masalah Tampilan ‘Jelly Scrolling’

iOS 15 bisa diunduh untuk iPhone yang dibeli mulai tahun 2015 dan setelahnya. Dengan kata lain, iOS 15 bisa dipakai di iPhone 6S dan seterusnya.

Beberapa fitur utama dalam iOS terbaru ini ada beberapa. Pertama adalah upgrade FaceTime yang menambahkan spatial audio untuk membuat suara orang datang dari posisi mereka di layar dan membuat video chat lebih terlihat alami.

Face Time sekarang juga sudah bisa melihat semua partisipan dalam grid view, menjadwalkan panggilan, dan membagikan tautan untuk telepon yang bisa diakses di perangkat Google Android dan Microsoft Windows.

iMessage juga menambahkan fitur berbagi untuk foto, artikel berita, dan playlists. Pengiriman foto akan ditampilan dalam bentuk collage.

Foto ini akan tersimpan di folder Shared with You. Sedangkan artikel berita dan playlist akan terbuka di tab baru Shared with You di aplikasi News dan Apple Music.

Apple Maps juga mendapat pembaruan dengan data 3D street, pemberian arahan berjalan dengan AR, dan peringatan cuaca. Apple juga menambahkan Facial Recognition selfies untuk validasikartu di aplikasi Wallet.

iOS 15 bisa diunduh dengan ke Setting app > General > Software Update > pilih Upgrade to iOS 15 di bagian Also Available.

 

Sumber dan foto: berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Kamera

Jakarta, Unbox.id – Melansir metadata YouTube yang menampilkan sensor 33 megapiksel dan video 10-bit 4K 60p, rasanya tak lengkap jika tak mengingat Sony. Beberapa...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Dunia teknologi khususnya game menjadi sesuatu yang cukup menyenangkan dengan kehadiran konsol next-gen yang sudah rilis sejak tahun 2020. Sempat menghebohkan...

Software

Unbox.id – Salah satu privasi seseorang yang perlu dijaga adalah Nomor HP.  Tentu saja, jika ditanya mengenai fungsi utama nomor handphone atau HP adalah...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Bingung, karena punya akun TikTok, dan rajin update tetapi tidak juga trending atau viral? Sebagai media sosial yang berkembang cukup pesat,...