Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Platform Google Sebut Layanan iMessage Mirip Pager

iMessage App_1a
iMessage App. (Sumber: USA Today)

Unbox.id – Google sekali lagi mengumumkan kampanyenya yang disebut “Dapatkan Pesan”. Kampanye yang dimulai tahun lalu ini diciptakan untuk menekan Apple agar mengadopsi protokol pesan RCS. Meski demikian, Apple tetap cuek dengan ejekan Google. Baru-baru ini, Google merilis video yang menyamakan standar perpesanan Apple dengan standar iPager. Dikutip Android Authority, video tersebut memperlihatkan perangkat buatannya bernama iPager. Ini adalah teknologi perpesanan yang sudah ketinggalan zaman, teknologi yang sama yang digunakan Apple untuk mengirim pesan teks di Android.

Google Ejek Apple

iMessage App_2b

iMessage App. (Sumber: The Quint)

“iPager tidak nyata, tetapi masalah yang ditimbulkan Apple dalam penggunaan SMS adalah nyata,” kata Google dalam deskripsi video YouTube. Video tersebut juga menyatakan: “Mari jadikan SMS lebih baik untuk semua orang dan bantu Apple #GetTheMessage dan pindah ke RCS.”

Google mengkritik Apple karena kurangnya inovasi, dengan mengatakan hal itu menyebabkan “mimpi buruk teknologi modern”. Sebagai informasi, perselisihan antara layanan SMS RCS yang disediakan Google dan iMessage oleh Apple sangat terlihat di Amerika Serikat. Pasalnya, pengguna iPhone sebenarnya mengandalkan iMessage untuk berkirim pesan.

Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa pengguna Android tidak mendapatkan pengalaman berkirim pesan yang sama seperti saat berkomunikasi dengan pengguna iPhone.

“Jika Apple mengadopsi RCS, Apple akan bergabung dengan industri seluler lainnya dalam komitmennya untuk meningkatkan pengalaman pengiriman pesan lintas platform untuk semua orang,” kata Google dalam sebuah pernyataan.

Eksekutif Google Sempat Mengkritik Apple Terkait iMessage

Perlu diketahui, seperti dikutip dari The Verge, RCS menawarkan beberapa peningkatan pada perpesanan, termasuk enkripsi end-to-end, tanda terima telah dibaca, dan kemampuan untuk berbagi foto dan video resolusi tinggi.

iMessage menawarkan fitur serupa tetapi hanya untuk pesan yang dikirim antar pengguna iMessage lainnya. Pada Januari 2022, Hiroshi Lockheimer, wakil presiden senior di Google, mengkritik Apple karena “membatasi pengalaman pengguna” pelanggannya.

Laporan Wall Street Journal mengungkap bagaimana remaja Amerika mengubah iMessage Apple menjadi simbol status yang mematikan pengguna Android.

Mengingat masalah ini, Lockheimer mengatakan: “Kami tidak meminta Apple untuk menyediakan iMessage di Android. Kami meminta Apple untuk mendukung Standar Industri Perpesanan Modern (RCS) di iMessage, sama seperti mereka mendukung standar SMS/MMS yang lebih lama.

Faktanya, dia menulis di Twitter: “Dengan tidak menyertakan RCS, Apple menghambat industri dan menghambat pengalaman pengguna tidak hanya untuk pengguna Android tetapi juga untuk pelanggan mereka sendiri.”

Baca juga: Cara Lindungi Privasi Dengan Menepis Iklan Di Google Chrome

iMessage Memiliki Kurang dari 45 Juta Pengguna Aktif Bulanan di UE

iMessage App_3c

iMessage App. (Sumber: Navi)

Di sisi lain, mengutip Otoritas Android, Uni Eropa (UE) menyasar perusahaan teknologi besar dengan Digital Markets Act.

Sebagian dari undang-undang tersebut akan menetapkan platform tertentu sebagai “penjaga gerbang”, yang berarti mereka akan dipaksa untuk membuka diri terhadap layanan dan aplikasi pesaing.

Namun, Apple menentang dimasukkannya iMessage sebagai layanan penjaga gerbang. Perusahaan tersebut tampaknya yakin bahwa iMessage tidak cukup populer di UE untuk menjamin penunjukan tersebut.

Apple mengatakan iMessage memiliki tidak lebih dari 45 juta pengguna aktif bulanan di wilayah tersebut. Akibatnya, mereka berpendapat bahwa platform perpesanan tidak boleh dilihat sebagai layanan penjaga gerbang dan tidak perlu membuka pintu bagi aplikasi pesaing seperti WhatsApp.
iOS milik Apple dikatakan menguasai sekitar sepertiga pasar Eropa, dan itu bukan hal kecil.

Namun ternyata di Eropa orang lebih banyak menggunakan WhatsApp dibandingkan iMessage. Di sisi lain, di Amerika Serikat, WhatsApp tidak terlalu populer di negara tersebut. Namun, iMessage mendominasi pasar AS dan ini dianggap sebagai alasan besar mengapa iPhone mendominasi hati pengguna muda.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – iPad Apple telah ditambahkan ke daftar produk teknologi yang harus mematuhi peraturan DMA (Digital Markets Act) Uni Eropa. Komisi Eropa juga secara...

Apple

Unbox.id – Apple, perusahaan pembuat iPhone, telah mengeluarkan peringatan yang mengerikan kepada pengguna iPhone. Peringatan ini terkait dengan aktivitas pengguna saat mengisi daya ponselnya....

Tech Industry

Unbox.id – Apple akan mengadakan acara “Let Loose” pada 7 Mei 2024. Perusahaan asal Amerika itu diperkirakan akan memperkenalkan beberapa lini iPad, termasuk iPad...

Software

Unbox.id – Setelah merilis pembaruan iOS 17.5 beta 1 dan 2, kali ini Apple memperkenalkan iOS 17.5 beta 3. Pengguna iPhone yang telah mendaftar...