Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Sejarah dan Perkembangan Terkait RAM Komputer

RAM Komputer_1a
RAM Komputer. (Sumber: Liputan6.com)

Unbox.id – RAM adalah bagian penting atau lebih tepatnya komponen perangkat komputer. Tidak hanya di komputer PC, RAM juga dibutuhkan di banyak perangkat elektronik lainnya seperti laptop dan smartphone. RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. RAM adalah jenis penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses pada waktu yang tetap terlepas dari lokasi data di memori. Hal ini tentu saja berbeda dengan perangkat memori berurutan seperti kaset, disk, dan drum, di mana gerakan mekanis media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

Perkembangan RAM Hingga Saat Ini

Setiap komponen teknologi pasti selalu mengalami perubahan seiring perkembangan teknologi. Begitu juga dengan RAM. Komposisi ini telah berkembang baik dalam bentuk, kapasitas maupun kecepatan. Untuk memudahkan, berikut sejarah perkembangan RAM selama ini:

  • Tahun 1834, Charles Babbage mulai membangun pemikiran Analytical Engine, cikal bakal komputer. Perangkat ini hanya menggunakan memori baca dalam bentuk punch card.
  • Tahun 1932, Gustav Tauschek menciptakan memori sederhana di Australia.
  • Tahun 1936, Konrad Zuze mematenkan memori mekanik untuk digunakan dalam komputer. Memori komputer sederhana ini didasarkan pada sliding bagian logam.
  • Tahun 1939, Helmut Schreyer menciptakan sebuah memori prototype menggunakan lampu neon.
  • Tahun 1942, the Atanasoff-Berry Computer memiliki 60-bit kata – kata 50 memori dalam bentuk kapasitor, dipasang pada dua drum bergulis. Untuk memori sekunder menggunakan kartu punch.
  • Tahun 1947 Frederick Viehe Los Angeles, mematenkan penemuan yang menggunakan memori inti magentik.

Baca juga: Mengetahui Apa Itu Perbedaan RAM Dan ROM

Perkembangan RAM di Era Modern

RAM Komputer_2b

RAM Komputer. (Sumber: Warmadewa)

Memasuki era yang lebih modern, RAM atau Random Access memory ditemukan oleh Robert Dennard dan diproduksi secara massal oleh Intel pada tahun 1968, jauh sebelum komputer modern pertama diproduksi oleh IBM pada tahun 1981.

Disinilah perkembangan RAM yang kita kenal sekarang. hari ini dimulai. Saat baru dibuat, RAM hanya membutuhkan 5 volt untuk beroperasi pada 4,77 MHz, dengan waktu akses memori sekitar 200 ns (1ns = 10 detik).

  • Pada tahun 1970, IBM mulai mengembangkan memori yang disebut DRAM atau Dynamic Random Access Memory. Penggunaan nama Dinamis karena memori ini pada interval tertentu selalu memperbaharui validitas informasi atau data yang tersimpan. DRAM itu sendiri memiliki frekuensi operasi variabel dari 4,77 MHz hingga 40 MHz.
  • Pada tahun 1987, FPM DRAM ditemukan. FPM memungkinkan transfer data lebih cepat pada aliran yang sama dari jenis memori sebelumnya. FPM beroperasi pada rentang frekuensi 16 Mhz hingga 66 Mhz dengan perkiraan waktu akses 50ns. Selain itu, FPM mampu menangani transfer data atau bandwidth sebesar 188,71 MB per detik.
  • Pada tahun 1995, dibuat EDO DRAM atau Extended Data Output DRAM. Ini adalah penyempurnaan dari FPM DRAM. Memori jenis ini dapat mempersingkat siklus baca sehingga kinerjanya dapat ditingkatkan hingga 20%. EDO memiliki variasi waktu akses yang luas dari 70 ns hingga 50 ns dan beroperasi pada frekuensi dari 33 Mhz hingga 75 Mhz. Walaupun EDO merupakan versi perbaikan dari FPM, ternyata kedua memory ini tidak bisa digunakan bersamaan. EDO DRAM sendiri banyak digunakan pada sistem berbasis Intel 486 dan kompatibel dengan Pentium generasi pertama.
  • Pada awal 1996 hingga 1997, Synchronous Dynamic Random Access Memory (SDRAM) dikembangkan. Ada dua tipe, PC66 dan PC100. Keduanya biasanya dipasang di komputer Pentium 2-3 dan membutuhkan banyak daya.
  • Dari tahun 2007 hingga sekarang muncul RAM DDR3. Jenis memori ini memiliki pengurangan konsumsi daya sekitar 16% dibandingkan dengan DDR2. Memang jenis memori ini menggunakan teknologi 90 nm sehingga hanya membutuhkan tegangan sebesar 1,5 volt. Memori ini memiliki kecepatan yang baik dibandingkan dengan memori – memori generasi pertama.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Merek ponsel anak muda Poco berjanji akan menghadirkan performa luar biasa pada setiap smartphone besutannya. Hal ini dicapai berkat besarnya kapasitas RAM...

Tech Industry

Unbox.id – Logitech baru saja resmi meluncurkan keyboard nirkabel baru bernama Waye Keys. Keyboard ini memiliki desain bergelombang yang khas dengan tata letak yang...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Perawatan dalam menggunakan smartphone atau ponsel pintar saat ini masih penting untuk dilakukan. Meski tipe ponsel pintar saat ini terbilang lebih...

Hardware

Unbox.id – Keberadaan monitor PC umumnya kurang menjadi pertimbangan. Namun untuk beberapa kebutuhan seperti bermain game atau membuat grafik, layar menjadi faktor penting yang...