Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Lindungi Data Privasi Secara Online, Lakukan 6 Hal Ini

data privasi
sumber data privacy manager

Jakarta, Unbox.id – Satu hal yang mustahil untuk benar-benar menghentikan perusahaan melacak kegiatan dan data privasi Anda secara online. Biasanya data ini kemudian dimanfaatkan untuk kepentingan mereka, termasuk memberikan iklan kepada Anda. Namun tetap ada cara-cara untuk menguranginya.

Anda mungkin sudah sering mendengar tips perlindungan data privasi secara online. Misalnya dengan memakai ad-blocker, mengganti browser menjadi yang tidak melacak Anda, memakai VPN, menyalakan autentikasi 2 faktor, dan lain-lain.

Namun tetap ada hal-hal kecil yang bisa Anda biasakan untuk mengurangi data privasi yang tersebar. Dirangkum oleh Consumer Reports, berikut adalah tips untuk mengurangi pelacakan perusahaan secara online.

1. Kurangi akses GPS di HP

Location GPS HP

sumber android authority

Tidak semua aplikasi butuh tahu di mana lokasi Anda sepanjang waktu. Apalagi aplikasi seperti laporan kemacetan, ramalan cuaca, dan semacamnya. Karena itu, Anda bisa mengatur agar aplikasi-aplikasi Anda tidak selalu mengambil data lokasi dari GPS Anda.

Di ponsel iOS, pengaturan GPS bisa dibuka di Settings > Privacy > Location Services. Anda bisa langsung mematikan toggle untuk menghentikan data GPS dikirim keluar. Anda juga bisa membuka tiap aplikasi dan mengatur apakah akses aplikasi tersebut “always”, “never”, atau “while using.” Hal yang sama juga bisa dilakukan di ponsel Android dengan membuka Go to Settings > Location > App location permissions. 

2. Mematikan fungsi lokasi dalam foto

Kamera Anda juga bisa mengakses lokasi ANda. Biasanya mereka akan melengkapi di mana, kapan, dan bagaimana sebuah foto diambil. Data ini kemudian bisa dipakai aplikasi gambar seperti Google Photos dan iCloud Photos untuk menyortir foto Anda.

Namun data yang biasa dikenal sebagai Exif data ini juga bisa dipakai untuk hal lain. Karena itu, Anda bisa menghapusnya di komputer. Di Windows, buka gambar dan klik kanan untuk memilih Properties dan klik Remove Properties and Personal Information. Sedangkan di macOS, buka gambar di Preview, kemudian pilih Tools > Show Inspector > Remove Location Info.

3. Ganti password router

router wifi

router wifi (sumber proprivacy)

Menurut Consumer Reports, router Wi-Fi seperti pintu masuk ke dunia digital Anda. Karena itu, sebaiknya Anda menaikkan keamanan router Anda dengan cara-cara ini.

Pertama adalah mengganti password setting router. Hal ini berbeda dengan password Wifi Anda. Biasanya password yang dimasukkan otomatis di sana adalah password yang sama untuk semua model tiap brand. Selain itu, Anda bisa mengganti SSID (nama jaringan WiFi) Anda. Nama default yang dipakai biasanya termasuk model router Anda dan ini merupakan informasi sensitif.

Cara mengganti password router bisa berbeda-beda. Bila Anda memakai model terbaru, Anda bisa mengakses kontrolnya lewat browser. Caranya juga berbeda tiap brand, tetapi sangat muda. Misalnya untuk kebanyakan router Linksys dan TP-Link, Anda cukup mengakses 192.168.1.1 dan login dengan data default yang ada di stiker di balik router atau di buku panduan.

Baca juga: Cara Memakai Fitur macOS Monterey Universal Control

4. Bersihkan aktivitas di “Off-Facebook”

Facebook juga mengamati kegiatan Anda di luar penggunaannya. Karena itu, iklan di dalamnya mudah berubah sesuai dengan hal apa yang baru saja Anda cari. Hal ini dikarenakan Facebook bekerjasama dengan banyak perusahaan lain untuk mendapatkan akses.

Di sisi lain, facebook juga meluncurkan sebuah pengaturan yang bisa memberikan akses data ini kepada Anda. Anda juga bisa “membersihkan” data-data ini dari akun Anda. Tentunya, data ini tidak benar-benar terhapus dari database Facebook, tetapi perusahaan media sosial raksasa tersebut berjanji data yang “dihapus” tidak akan dipakai lagi untuk iklan di masa depan.

5. Memakai email “palsu”

Disposable Email

sumber kickbox blog

Terlalu banyak aplikasi atau atau layanan yang meminta alamat email ANda? Anda bisa mencoba layanan yang menyediakan alamat email “palsu.” Email adalah salah satu akses utama perusahaan untuk mengetahui siapa Anda dan apa yang Anda sukai.

Sign In With Apple dan Firefox Relay menyediakan opsi untuk mengirimkan alamat email “palsu” dan bukan milik Anda saat login dengan email lama Anda. Opsi ini berguna bila Anda akan menggunakan aplikasi tersebut lagi di masa depan.

Namun, bila hanya untuk satu kali pakai, Anda bisa mencoba email dengan akses inbox terbatas. Anda tinggal memverifikasinya hari itu juga dan menikmati fitur di akun baru Anda. Biasanya setelah rentan waktu tertentu, biasanya 10 menit, email baru ini akan hilang sendiri. Beberapa contoh layanan email sementara ini antara lain 10MinuteMail, Temp-Mail, Minute Inbox, dan EmailOnDeck. 

6. Cek status data breach

Anda mengecek status akun Anda apakah sudah pernah diretas atau diakses secara ilegal lainnya. Membuka Have I Been Pwned, Anda bisa memasukkan alamat email atau username Anda untuk dicocokkan dengan data breaches yang pernah tercatat oleh perusahaan, seperti Adobe, LinkedIn, dan Snapchat.

Bila akun Anda pernah diretas, segera ganti password yang Anda pakai dengan password baru. Hal ini agar data Anda tetap aman dari peretas. Anda juga bisa sign up untuk mendapatkan notifikasi bila ada akses ilegal baru. 

 

Itulah langkah-langkah atau hal tambahan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi pelacakan perusahaan. Dengan demikian, semakin sedikit data yang tersebar ke perusahaan atau ke tempat lainnya. Anda pun menjadi lebih aman saat beraktivitas online.

 

Sumber: Consumer Reports, Deseret
Foto: berbagai sumber 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Unbox.id – Tidak dapat disangkal bahwa Facebook telah menjadi raja media sosial. Media sosial adalah salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia,...

Apps & Games

Unbox.id – Meta baru saja menutup jaringan akun palsu yang menyamar sebagai keluarga militer Amerika dan aktivis anti-perang. Menurut peneliti keamanan Meta, akun palsu...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Duet AI merupakan fitur berteknologi kecerdasan, inovasi terbaru Google yang memudahkan pengguna untuk mengerjakan berbagai tugas. Kehadiran fitur AI yang satu...

Google

Jakarta, Unbox.id – Hampir semua orang mendapat banyak email setiap hari. Pada bulan Oktober tahun ini, Google telah memberikan pengumuman menarik terkait kebijakan baru...