Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Cara Ampuh Atasi Masalah Saat Menggunakan Facebook

Social Media Facebook_1a
Social Media Facebook. (Sumber: Reddit)

Unbox.id – Tidak dapat disangkal bahwa Facebook telah menjadi raja media sosial. Media sosial adalah salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia, dengan lima miliar unduhan di Play Store dan hampir tujuh miliar unduhan di App Store. Facebook mencapai puncak popularitasnya setelah mengalahkan MySpace pada tahun 2008. Sejak itu, Facebook menjadi tak terkalahkan dengan lebih dari tiga miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Meski sangat populer, Facebook terkadang menemui masalah. Oleh karena itu, Unbox.id akan merangkum cara mengatasi masalah saat menggunakan Facebook yang dikutip dari Android Police.

Periksa Jaringan Internet dan Periksa Apakah Facebook Mengalami Kendala Massal

Social Media Facebook_2b

Social Media Facebook. (Sumber: My Little Web)

Saat ingin mengakses Facebook, terkadang jejaring sosial yang dibuat oleh Meta tidak dapat dimuat. Salah satu penyebabnya adalah karena masalah koneksi Internet. Jadi, untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memastikan perangkat terhubung ke Internet.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengaktifkan fitur mode pesawat. Lalu matikan lagi untuk menyegarkan jaringan Anda.

Jika Anda tidak mengalami masalah terkait jaringan, periksa apakah aplikasi Facebook mengalami masalah serius. Anda dapat mengunjungi halaman Detektor Down untuk melihat apakah pengguna lain mengalami masalah yang sama.

Mulai Ulang Aplikasi Facebook

Jika Facebook tetap tidak dapat dibuka, tutup aplikasi Facebook dan coba buka kembali. Apabila tetap tidak berhasil, pergi ke Settings untuk menutup paksa aplikasi media sosial tersebut.

  • Buka aplikasi Settings, lalu pilih Apps. Kemudian, pilih Facebook.
  • Jika tidak menemukan aplikasi Facebook, pilih See All Apps. Lalu, gulirkan layar sampai kamu menemukan aplikasi tersebut.
  • Klik aplikasi Facebook, lalu pilih Force Close. Apabila diminta untuk mengkonfirmasi, pilih OK.

Jika cara tersebut tetap tidak berhasil, coba mulai ulang perangkat kamu. Dengan cara tersebut, sistem akan membersihkan memori sisa di HP kamu.

Hapus Unggahan yang Tidak Ingin Dilihat

Facebook kini memiliki fitur untuk membisukan atau menonaktifkan unggahan dari akun yang tidak ingin dilihat. Berikut caranya:

  • Klik tiga titik kecil di sudut kanan postingan yang tidak ingin dilihat.
  • Ketika muncul menu pop-up, scroll ke bawah.
  • Pilih antara Add to Favorites, Snooze for 30 days, atau Unfollow.

Batasi Unggahan yang Ingin Dibagikan

Social Media Facebook_3c

Social Media Facebook. (Sumber: CNET)

Jika kamu ingin membatasi orang yang dapat melihat unggahan yang dibagikan, Facebook memiliki fitur untuk melakukannya. Berikut ini caranya:

  • Saat kamu ingin mengunggah, ada menu drop-down untuk mengatur visibilitas unggahan kamu. Ketuk menu tersebut.
  • Pilih bagaimana unggahan kamu akan terlihat. Kamu bisa memilih Public, Friends, Friends except, Specific friends, atau Only me.

Reset Password Facebook Kamu

Facebook memungkinkan kamu melakukan reset password. Caranya pun sangat mudah. Namun, perlu diingat untuk menjaga kata sandi tersebut agar akun kamu tidak dapat dibobol.

  • Di laman login, klik Forgot Password.
  • Pilih antara nomor telepon atau alamat email, lalu pilih Find Account.
  • Kamu dapat memilih metode untuk menerima kode verifikasi, baik melalui SMS atau email.

Baca juga: Ragam Modus Penipuan Di Facebook Dan Cara Menghindarinya

Unggah Foto dan Video di Facebook

Facebook adalah aplikasi jejaring sosial. Artinya kemampuan mengunggah foto atau media menjadi fitur yang wajib dimiliki.

Facebook mendukung berbagai format file gambar, disarankan untuk mengunggah gambar dalam format JPG, BMP, PNG, GIF atau TIFF. Sedangkan format download videonya adalah MOV dan MP4.

Ukuran file yang bisa diunduh Facebook untuk foto di bawah 15 MB, sedangkan ukuran maksimal video yang bisa diunduh di bawah 4 GB dan berdurasi kurang dari 240 menit.

Facebook menawarkan fitur untuk mengelola notifikasi yang masuk di ponsel Anda. Anda dapat memilih untuk mengaktifkan notifikasi suara atau menonaktifkannya. Begini caranya.

  • Pergi ke Setelan Ponsel dan pilih Notifications.
  • Klik App Settings.
  • Scroll hingga menemukan Facebook, lalu pilih.

Pada pengaturan ini, kamu dapat mengatur notifikasi Facebook. Kamu dapat mematikan atau menyalakan notifikasi yang masuk.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Jaksa AS di Virginia sedang menyelidiki Meta (perusahaan induk Facebook) atas dugaan bahwa platform media sosial tersebut memfasilitasi dan mengambil keuntungan dari...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Facebook dan Instagram mengalami masalah besar di seluruh dunia pada hari Selasa (05 Maret 2024) kemarin. Masalah tersebut mengakibatkan pengguna tidak...

Apps & Games

Unbox.id – Meta baru saja menutup jaringan akun palsu yang menyamar sebagai keluarga militer Amerika dan aktivis anti-perang. Menurut peneliti keamanan Meta, akun palsu...

Social Media

Unbox.id – Facebook adalah salah satu jejaring sosial yang paling banyak digunakan di dunia. Statista mengklaim saat ini Facebook digunakan oleh lebih dari 3...