Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Deretan Aplikasi Edit Foto Gratis Seperti Photoshop

Aplikasi Edit Foto Gratis_1a
Aplikasi Edit Foto Gratis. (Sumber: Pemmzchannel)

Unbox.id – Editing merupakan salah satu hal terpenting dalam dunia fotografi. Dengan mengedit gambar, Anda dapat memodifikasi foto Anda agar lebih menakjubkan. Selain itu, kamu juga bisa membuat editan foto yang lucu atau nyentrik untuk bercanda dengan teman-temanmu. Saat ini, semua orang tahu bahwa Adobe Photoshop adalah alat pengeditan gambar yang paling banyak digunakan oleh para profesional. Tak heran jika Adobe Photoshop memiliki banyak fitur dan keunggulan yang memungkinkan untuk memodifikasi foto sesuai keinginan editornya. Belum lagi fitur baru Generative AI memungkinkan Anda menggabungkan keterampilan mengedit manual dengan AI untuk mengedit gambar/foto.

Seperti Adobe Photoshop

Adobe Photoshop memiliki begitu banyak alat sehingga Anda mungkin memerlukan waktu untuk mempelajari dan menguasai cara menggunakan semua fitur aplikasi pengeditan ini. Selain toolsnya yang lengkap, Adobe Photoshop juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi Adobe lainnya sehingga memudahkan Anda dalam mengerjakan proyek di beberapa aplikasi.

Untuk menggunakan semua fitur, Anda bisa berlangganan dengan membayar Rp 283.300 per bulan atau Rp 3.237.600 per tahun. Anda juga akan mendapatkan penyimpanan cloud setara dengan 100 GB jika membeli langganan ini.

Namun bagi yang ingin belajar atau tidak ingin mengeluarkan uang untuk berlangganan bulanan, aplikasi edit foto gratis bisa menjadi alternatif pengganti Adobe Photoshop.

GIMP

GIMP APP_2b

GIMP App. (Sumber: 9to5 Linux)

Program manipulasi gambar GNU, atau GIMP, telah lama menjadi alternatif Photoshop untuk pengguna Linux, namun kini juga tersedia di macOS dan Windows.

Anda dapat menggunakan dokumentasi bantuan dan tutorial GIMP untuk memahami aplikasi dengan cepat. Aplikasi ini mencakup seperangkat alat dan antarmuka pengguna yang familiar dengan Photoshop.

Hal ini menjadikan GIMP ideal untuk mengedit foto, mendesain elemen dari awal untuk tujuan desain, membuat karya seni orisinal, atau mengubah gambar yang digambar tangan menjadi lukisan digital.

Aplikasi ini juga mendukung berbagai pilihan pemrograman dan daftar plugin yang dapat Anda jelajahi menggunakan browser plugin di menu “Bantuan”.

Paint.NET

Paint.NET adalah editor foto dan gambar gratis untuk Windows, dengan alat pengeditan yang mirip dengan Photoshop. Seperti layer, masker, pulpen dan masih banyak alat dasar lainnya.

Inti dari pengalaman Paint.NET adalah komunitas aktif dan forum yang dinamis. Di sinilah Anda dapat menelusuri ratusan plugin dan tutorial, mendapatkan bantuan untuk masalah tertentu, membagikan kreasi Anda, dan mengikuti pengembangan aplikasi.

Paint.NET adalah editor gambar yang cepat dan mudah digunakan yang harus diinstal oleh setiap pengguna Windows. Aplikasi ini gratis untuk diunduh dari situs web Paint.NET, namun perlu diketahui bahwa versi yang tersedia di Microsoft Store adalah aplikasi premium.

Windows 11 Photos

Windows 11 Photos_3c

Windows 11 Photos. (Sumber: Softonic)

Windows Photos merupakan aplikasi edit foto namun tidak memiliki fitur kreatif seperti Photoshop. Aplikasi ini memiliki semua alat yang diperlukan untuk mengedit foto dasar. Foto Windows terintegrasi dengan OneDrive dan bahkan Foto iCloud sehingga Anda dapat mengedit foto dari perangkat yang terhubung langsung dalam sistem operasi desktop Microsoft.

Pengeditan dibagi berdasarkan cahaya (eksposur, kontras, sorotan, dll.) dan warna (saturasi, kehangatan, dan rona) untuk pengeditan dasar. Gambar dapat dipotong, diduplikasi, diputar, dan diluruskan.

Ada juga opsi filter instan yang dirancang untuk memungkinkan Anda memilih tampilan tertentu dan opsi peningkatan otomatis untuk menyempurnakan gambar Anda.

Baca juga: Deretan Aplikasi Untuk Sembunyikan Galeri Foto

Apple Photos

Apple Photos adalah editor di Mac, iPhone, dan iPad. Meskipun antarmuka pengguna berbeda antar versi, rangkaian fitur dasarnya tetap sama.

Tidak seperti Photoshop, yang merupakan alat hebat untuk membuat karya seni, menggunakan kuas, menambahkan lapisan, menggambar dengan tablet, dan tugas artistik kreatif lainnya, Apple Photos terbatas pada pengeditan foto. Alat pengeditan dasar dibagi menjadi dua kategori yaitu cahaya dan warna.

Cahaya (termasuk kecerahan, bayangan, sorotan, kontras, dll.) dan warna (saturasi, kecerahan, dan rona). Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengedit gambar monokrom, memperbaiki ketidaksempurnaan dengan alat Retouch, menghilangkan mata merah, menyesuaikan white balance, menambah ketajaman, mengoreksi atau menambahkan sketsa, dll.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Unbox.id – Putra Instagram, aplikasi media sosial alternatif Twitter Meta telah melampaui jumlah unduhan X di App Store. Seperti dikutip GizChina, Threads telah diunduh...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Publik telah akrab dengan asisten virtual seperti Siri, Alexa, dan Google Assistant, akan tetapi tidak dengan buatan Tecno. Perusahaan tersebut kini...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Fitur talkback pada ponsel Samsung Galaxy sangat bagus untuk penyandang tunanetra atau gangguan penglihatan. Ini membantu mereka dengan membacakan dengan lantang...

Social Media

Unbox.id – WhatsApp beta terbaru yaitu beta 2.24.4.23 untuk Android menghadirkan pembaruan estetika pada tab Status. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat...