Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

6 Aplikasi Live Streaming yang Wajib Dicoba

Jakarta, Unbox.id – Kita perlu mengakui jika saat ini sedang berada di masa serba digital. Banyak orang yang lebih memilih membuat acara atau kegiatan melalui media online. Salah satunya adalah para gamers.

Rasanya pasti sudah tidak asing kita melihat seorang gamer profesional atau pemula dapat melakukan streaming langsung melalui beberapa daftar aplikasi live streaming PC. Percaya atau tidak, mereka bisa mendapatkan penghasilan dari YouTube atau media online lainnya.

Bicara mengenai aplikasi, tentu saja kita sudah menemukan berbagai hal. Memang faktanya, sudah banyak aplikasi yang muncul sehingga kadangkala kita bingung ingin menggunakan yang mana.

Ini adalah beberapa aplikasi Live Streaming PC yang dapat digunakan untuk streaming langsung dan fitur perekaman. Tentu saja setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka dari itu, sebelum menggunakan kita perlu mengetahui kualitas yang ada di dalamnya!

vMix

Tampilan Aplikasi Live Streaming vmix

Tampilan vMix (sumber vMix)

vMix adalah sebuah aplikasi yang dilengkapi berbagai fitur, seperti set virtual, animasi, hosting guest, live video effect, dan masih banyak lagi.

Manfaat lain dari aplikasi ini mendukung berbagai alat sehingga live dapat berjalan dengan lancar. Biasanya ada webcam, DVD, sound card, NDI, dan kamera PTZ.

Jika kamu ini  mencoba, aplikasi ini memberikan penawaran uji coba gratis untuk pengguna baru yang ingin menjelajahi dan menguji semua fitur sebelum melakukan pembelian. Namun, penawaran ini hanya dapat digunakan pada perangkat Windows.

XSplit

Tampilan aplikasi live streaming XSplit

Tampilan XSplit (sumber XSplit)

Aplikasi satu ini tidak beda jauh dengan aplikasi Wirecast. Aplikasi XSplit hadir dalam dua versi yakni versi XSplit Broadcaster dan XSplit Gamecaster.

XSplit merupakan layanan freemium, sedangkan untuk versi gratis dilengkapi fitur yang cukup baik untuk streaming standar.

Keunggulan dari aplikasi mudah digunakan dan disesuaikan, stabil, dan konsisten. Selain itu, aplikasi ini mendapatkan dukungan dari pembuat aplikasi, bukan hanya pengguna Windows.

Streamlabs OBS

Tampilan Streamlabs Obs

Tampilan Streamlabs Obs (sumber The Ofy)

Baca juga: xCloud dan Xbox Remote Play Resmi Tersedia di Windows

Sebenarnya, streamlabs OBS memiliki fondasi yang sama dengan OBS Studio. Namun, aplikasi ini hadir dengan fitur peningkatan kinerja melalui pengoptimalan otomatis.

Sedangkan pada segi UI atau User Interface (Antarmuka) memang terlihat bersih dan mudah digunakan khususnya pada streamer pemula atau pertama kali.

Nvidia Shadowplay

tampilan Nvidia Shadowplay

tampilan Nvidia Shadowplay (sumber critical hit)

Salah satu aplikasi yang berkaitan dengan kartu grafis Nvidia GeForce. Biasanya digunakan khusus untuk para gamer.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah memberikan layanan gratis. Hanya saja, syarat untuk menggunakan aplikasi ini, kita harus memiliki kartu grafis Nvidia.

Namun kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak ada overlay atau adegan dengan banyak sumber. Hal ini membuat para gamer tidak sepenuhnya puas dengan kualitas streaming pada aplikasi bahkan cenderung memudarkan beberapa detail game yang lebih halus.

Lightstream

tampilan aplikasi streaming online lightstream

Tampilan Lightstream (sumber go lightstream)

Aplikasi ini termasuk sebagai salah satu yang menggunakan CPU yang jauh lebih sedikit daripada perangkat lunak streaming lainnya. Namun, tenang saja, kualitas gambar yang jernih.

Fitur yang terdapat pada aplikasi adalah slick overlays, guest hosting, live chat support, dan masih banyak lainnya.

Bukan hanya itu, kita akan menemukan fitur yang tidak kalah keren seperti semua project, scenes, dan aset  disimpan di cloud.

Keunggulan lainnya adalah perangkat lunak mampu memonitor kestabilan koneksi internet secara otomatis menyesuaikan bitrate agar streaming tidak buffering.

OBS

tampilan OBS

tampilan OBS (sumber thu thuat free)

Open Broadcaster Software atau yang biasa kita kenal dengan sebutan OBS, merupakan aplikasi populer untuk penyiar langsung dan bisa digunakan secara gratis.

Aplikasi ini bersifat open source sehingga dapat disesuaikan jika kita ingin mengubah atau mengotak-atik dari segi fitur dan plugin.

Namun, kekurangannya adalah tidak ada tim dukungan terpusat sehingga hanya komunitas yang akan membantu kita ketika mengalami masalah. (Prs/Eve)

 

Sumber dan foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Samsung telah resmi meluncurkan smartphone terbarunya untuk seri Galaxy M, yaitu Galaxy M14 5G. Sama seperti pendahulunya, smartphone ini dibekali baterai besar....

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Samsung telah resmi meluncurkan smartphone mid-range seri A terbarunya untuk pasar Indonesia, yaitu Galaxy A34 5G dan Galaxy A54 5G. Setelah bocoran...

Handphone & Tablet

Unbox.id – Riset terbaru menunjukkan bahwa Samsung tetap menjadi salah satu produsen smartphone papan atas di Indonesia. Hal ini tak lepas dari teknologi mutakhir...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Pilihan smartphone mid-range semakin menarik dengan perangkat baru dari realme. Sebagai brand smartphone yang berhasil menjadi TOP 5 di pasar global (berdasarkan...