Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Apple Umumkan Biaya Ganti Baterai iPhone Akan Lebih Mahal

Baterai iPhone_1a
Ada info dari Apple bahwa harga dari baterai iPhone akan meningkat. (Sumber: Teknologi ID)

Unbox.id – Apple sebelumnya telah mengumumkan bahwa perusahaan meningkatkan biaya penggantian baterai iPhone. Perusahaan mengatakan penggantian baterai iPhone bukan bagian dari garansi produk yang ditawarkan untuk semua model iPhone. Menurut Apple, biaya penggantian baterai iPhone 20 USD (sekitar Rp 306.000) lebih mahal dari sebelumnya. Mengutip 9to5Mac, Jumat (3 Maret 2023), dengan perubahan ini, konsumen AS harus merogoh kocek $89 (setara dengan Rp 1,3 juta) untuk mengganti baterai iPhone X, iPhone 12, dan iPhone 13.

Harganya Setara Rp 1 Jutaan

Harga di atas mengalami kenaikan dari level sebelumnya yaitu 69 USD atau setara dengan Rp 1 juta. Sedangkan untuk mengganti baterai iPhone SE, iPhone 8 dan model lama, biayanya diturunkan dari $49 (Rp. 750.000) menjadi $69 (Rp. 1 juta).

Dimana, biaya penggantian baterai iPhone 14 tidak termasuk dalam kenaikan biaya di atas. Pasalnya, sejak diluncurkan, pihak perusahaan sudah menyatakan biaya penggantian baterai iPhone 14 lebih mahal, yakni $99 (setara Rp. 1,5 juta).

“Mulai 1 Maret 2023, biaya penggantian baterai untuk perangkat yang tidak bergaransi akan naik sebesar $20 untuk semua model iPhone kecuali iPhone 14,” kata Apple dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Kenali Seri IPhone 14 Terbaru Beserta Harganya Di Maret 2023

Di Mana Penggantian Baterai iPhone?

Sekadar informasi, penggantian baterai perangkat Apple dapat dilakukan di toko retail Apple, termasuk online, atau di toko retail resmi Apple. Sebelumnya, pada 2018, Apple memangkas biaya penggantian baterai menjadi $29 (sekitar Rp 450.000). Ini adalah tanggapan atas kontroversi port baterai.

Batterygate dikatakan niat Apple ketika diam-diam memutuskan untuk membatasi iPhone lama karena berkurangnya masa pakai baterai. Setahun kemudian, Apple menaikkan harga ke level saat ini.

Pengguna Bisa Kelola Battery Health

Baterai iPhone_2c

Pengecekan Battery Health di perangkat iPhone penggunanya bisa menjadi cara untuk memantau baterai iPhone. (Sumber: Pukeva)

Sekarang di iPhone, Apple memungkinkan pengguna untuk mengelola kesehatan dan kapasitas baterai perangkat, dan menonaktifkan pelambatan kinerja karena berkurangnya kapasitas baterai. Perusahaan juga telah menambahkan fitur seperti Pengisian Baterai yang Dioptimalkan untuk membantu memperpanjang masa pakai baterai iPhone pengguna.

Pengguna dapat memeriksa kesehatan baterai dengan membuka aplikasi Pengaturan > Baterai > dan memilih opsi Kesehatan Baterai. Namun Apple masih mengejar tuntutan hukum sebagai tanggapan atas skandal baterai globalnya.

Baca juga: Apple Akan Tetap Luncurkan IPhone SE 4?

Kesalahan Saat Isi Daya Ponsel

Kesalahan serius pertama saat mengisi daya baterai adalah menggunakan pengisi daya yang tidak asli. Hal ini sering dilakukan oleh banyak orang, karena menganggap pengisian daya dengan charger apapun masih bisa dilakukan, asalkan sesuai dengan port smartphone.

Namun, menggunakan pengisi daya atau kabel yang tidak resmi dapat menyebabkan kerusakan internal. Karena itu, jika ponsel cerdas Anda tidak menyediakan pengisi daya, pergi dan beli pengisi daya resmi dan temukan pengisi daya yang cocok untuk ponsel cerdas Anda.

Meski smartphone masih bisa berfungsi saat baterai lemah, disarankan agar Anda mengisinya sebelum benar-benar habis. Saat ini, smartphone baik Android maupun iPhone sudah bisa memberikan notifikasi kepada pengguna jika smartphone mereka mulai kehabisan baterai.

Smartphone modern atau model yang lebih baru memiliki kemampuan untuk menghentikan pengisian daya saat baterai mencapai 100%. Namun, ini berarti pengisi daya berhenti bekerja. Sebaliknya, jika pengguna membiarkan baterai kembali kosong karena pemakaian dan pengisian daya, proses pengisian daya akan terus memulihkan kapasitas.

Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk tidak menggunakan ponsel cerdas mereka saat sedang mengisi daya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple diperkirakan akan meluncurkan jam tangan pintar barunya tahun ini. Ada rumor yang menyebutkan jam tangan ini akan diberi nama Apple Watch....

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id — Produk terbaru merk Vivo, yaitu versi Y28s 5G akan segera memasuki pasar China dalam waktu dekat. Merk tersebut akan segera menambahkan...

Tech News

Jakarta, Unbox.id — General Mobile bersiap untuk memperkenalkan seri smartphone baru. GM atau General Mobile merupakan perusahaan yang berdiri di Turki. Kali ini, perusahaan...

Software

Jakarta, Unbox.id — Apple baru saja merilis pembaruan sistem operasi iOS 17.5 dan iPadOS 17.5 awal pekan ini. Sayangnya, tampak terjadi masalah yang ada...