Mulai 31 Mei 2019, Blackberry Messenger Akan Dihapus

Unbox.id  –  Blackberry Messenger atau BBM sempat menjadi layanan perpesanan populer dalam beberapa tahun silam. Kejayaan BBM tentu saja diiringi oleh popularitas perangkat Blackberry di belahan dunia termasuk di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, Blackberry pun akhirnya harus mengakui kekalahan dari platform Android dan iOS. Sehingga Blackberry kini memfokuskan pada bisnis layanan sementara merek dagang Blackberry dilisensikan pada perusahaan lain yakni TCL asal Cina.

Layanan BBM pun akhirnya dibeli secara penuh oleh perusahaan asal Indonesia yakni PT Elang Mahkota Teknologi (EMTEK). Sayangnya, baru-baru ini Emtek mengumumkan bahwa layanan BBM untuk konsumen bakal dihentikan pada 31 Mei 2019.  Artinya, layanan BBM untuk pelanggan enterprise masih tetap ada.

BlackBerry Luncurkan KEY2 Red Edition Dengan Memori 128GB

BBMe

Keputusan Emtek ini mendapat tanggapan dari CMO Blackberry Mark Wilson. Seperti dikutip dari Crackberry Mark mengatakan, pihaknya telah menempuh serangkaian pertimbangan dan pengguna setia BBM nantinya tetap bisa menggunakan layanan BBMe.

“”Sementara kami menghormati keputusan Emtek, namun kami kecewa platform tidak berkembang dan tumbuh seperti yang diharapkan,” keluh Mark.

Meskipun pengumuman ini jelas bukan yang terbaik untuk pengguna konsumen BBM, itu tidak berarti BBM, yang telah berjalan di smartphone BlackBerry sejak 1 Agustus 2005, telah berakhir.

Sehubungan dengan keputusan Emtek, BlackBerry telah mengumumkan bahwa mereka akan membuat platform perpesanan terenkripsi end-to-end kelas mereka, BBM Enterprise (BBMe) tersedia untuk individu melalui Google Play Store mulai hari ini dan Apple App Store segera. Perubahan tidak memengaruhi pengguna BBOS atau BlackBerry 10 karena BlackBerry terus menyediakan layanan itu daripada Emtek.

Sebagai bagian dari transisi, BBMe akan tersedia secara gratis selama satu tahun dan setelah tahun pertama, langganan 6 bulan akan tersedia untuk $ 2,49 dolar atau sekitar Rp 35 ribu.

Selain versi Android, dan iOS, BBMe juga tersedia di Windows dan Mac dan menawarkan banyak fitur yang sudah akrab bagi konsumen BBM seperti obrolan grup, panggilan suara, panggilan video, serta edit, retraksi, dan kedaluwarsa opsi pesan. Anda juga masih dapat melihat kapan pesan diterima dan dibaca, mengirim catatan suara, file, dan lokasi Anda saat BlackBerry disorot dalam pengumumannya.

Sumber: berbagai sumber

Foto: berbagai sumber

Tinggalkan Balasan