Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Bocoran Ungkap iOS 18 Bakal Hadir dengan Fitur AI Generatif

iOS 18_1a
iOS 18. (Sumber: Techie Bundle)

Unbox.id – Apple diperkirakan akan menghadirkan beberapa pembaruan fitur pada iOS 18 yang akan dirilis tahun ini. Informasi tersebut diungkap jurnalis Bloomberg Mark Gurman yang rutin mendalami produk terbaru Apple. Mengutip informasi dari GSM Arena, Gurman mengungkapkan berdasarkan informasi dari sumbernya, iOS 18 akan menjadi salah satu pembaruan besar yang dilakukan Apple dalam sejarah iOS. Salah satu fitur yang diperkenalkan melalui pembaruan ini adalah dukungan RCS (Rich Communication Services) untuk aplikasi Pesan. Sekadar informasi, Apple telah mengumumkan dukungan RCS di iPhone mulai tahun 2024, yang akan membuka dukungan lintas platform untuk iOS dan Android. Dukungan perpesanan berbasis RCS ini mencakup beberapa fitur seperti berbagi media berkualitas tinggi, obrolan grup yang ditingkatkan, tanda terima pesan telah dibaca, indikator pengetikan, dan berbagi lokasi.

Pembaruan Signifikan

iOS 18_2b

iOS 18. (Sumber: Pune News)

Pembaruan penting lainnya yang juga akan diperkenalkan oleh iOS terbaru adalah peningkatan kemampuan AI Siri. Sepertinya Apple akan menghadirkan fitur AI generatif ke iOS, menggunakan LLM (model bahasa besar) miliknya sendiri.

Fitur AI generatif ini akan meningkatkan kemampuan Siri dan beberapa aplikasi integrasi lainnya seperti Pesan. Kemampuan AI ini juga akan berlaku pada aplikasi lain seperti Apple Music, Pages, Keynote, termasuk Shortcuts.

Karena ini masih sebatas bocoran, bukan tidak mungkin Apple akan menerapkan sejumlah perubahan sebelum diluncurkan. Selain itu, sesuai jadwal Apple, iOS 18 akan dirilis di WWDC 2024 pada bulan Juni tahun ini.

Apple Akhirnya Izinkan Toko Aplikasi Selain App Store di Uni Eropa

Di sisi lain, Apple akhirnya bakal mengizinkan toko aplikasi pihak ketiga di iOS di Uni Eropa, untuk pertama kalinya. Hal ini demi menaati aturan Digital Markets Act yang akan berlaku di blok tersebut. Dengan perubahan yang akan hadir di iOS 17.4 pada Maret mendatang, App Store pun tidak lagi jadi satu-satunya distributor atau toko aplikasi yang diizinkan Apple.

Mengutip The Verge, jadi nantinya, pengguna iOS 17.4 di Uni Eropa, akan bisa mengunduh “pasar aplikasi alternatif” itu dari situs web marketplace tersebut. Namun, supaya bisa dipakai di iPhone, toko aplikasi itu harus tetap mendapatkan persetujuan dari Apple, dan setelah diunduh, pengguna harus memberikan izin mereka untuk mengunduh aplikasi ke perangkat.

Setelah toko aplikasi itu disetujui dan sudah terpasang di perangkat, pengguna pun bisa men-download aplikasi apapun yang diinginkan, bahkan yang melanggar pedoman App Store.

Pengguna pun juga bisa menetapkan toko non-App Store sebagai toko aplikasi default di perangkatnya. Di sisi lain, pengembang juga akan bisa memilih apakah mereka akan memakai layanan pembayaran Apple dan pembelian dalam aplikasi, atau mengintegrasikan sistem pembayaran pihak ketiga, tanpa membayar biaya tambahan ke Apple.

Jika pengembang ingin tetap menggunakan sistem pembayaran dalam aplikasi Apple yang sudah ada, ada tambahan biaya pemrosesan sebesar tiga persen.

Apple mengumumkan mereka masih berencana untuk terus mencermati proses distribusi aplikasi. Semua aplikasi harus “dinotariskan” oleh Apple, dan distribusi melalui pasar pihak ketiga masih ditangani oleh sistem Apple.

Baca juga: Daftar IPhone Lawas Yang Masih Mendapatkan Update IOS 17.3

Biaya Yang Dikenakan

Apple iPhone App Store_2b

Apple iPhone App Store. (Sumber: Decrypt)

Mengutip Macrumors, Apple tidak akan membebankan komisi untuk aplikasi yang diinstal dari toko aplikasi alternatif atau sistem pembayaran alternatif, yang juga diizinkan berdasarkan pembaruan App Store di Uni Eropa.

Tetapi bagi pengembang ada biaya teknologi dasar sebesar 0,50 euro per instalasi dan per akun per tahun. Jutaan pemasangan pertama tersedia secara gratis untuk semua pengembang, namun setelah itu, biaya akan mulai berlaku.

Selama waktu ini, pengembang yang memilih untuk melanjutkan distribusi di ‌App Store‌ harus membayar komisi yang lebih rendah kepada Apple berdasarkan peraturan baru persyaratan.

Apple mengurangi komisi menjadi 30% 17% dan komisi 15% yang dibayarkan untuk langganan satu tahun atau untuk usaha kecil akan turun hingga 10%. Perusahaan mengatakan sebagian besar aplikasi akan memenuhi syarat untuk pajak 10%.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Tahun ini, Apple akan merilis pembaruan perangkat lunak iOS 18 dan iPadOS 18 untuk iPhone dan iPad tertentu. MacRumors juga mengungkapkan model...

Software

Unbox.id – iOS 18 akan dirilis September mendatang. Meski begitu, bocoran mengenai sistem operasi iPhone terbaru sudah mulai bermunculan. Dari hadirnya fitur AI umum...

Software

Unbox.id – Apple diperkirakan mulai menerapkan teknologi AI secara umum pada lini iPhone terbaru. Hal ini diumumkan oleh CEO Apple Tim Cook saat pertemuan...

Tech Industry

Unbox.id – Google akan terus memperluas kehadiran AI di layanannya. Baru-baru ini, raksasa internet ini memperkenalkan AI Generatif ke dalam aplikasi pemetaannya, khususnya Googel...