Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Apple Permak Habis-habisan Photos dan Messages di iOS 18

Update iOS 18_2b
Update iOS 18. (Sumber: Techno Insight)

Unbox.id – iOS 18, pembaruan pada sistem operasi seluler Apple, diharapkan memperkenalkan beberapa fitur dan peningkatan baru yang penting. Apple mengakui iOS 18 akan menjadi pembaruan penting bagi perusahaan di masa depan. Salah satu perubahan besar pada sistem operasi iPhone baru adalah aplikasi Foto. Selain Foto, perusahaan yang berbasis di Cupertino ini juga meluncurkan beberapa fitur iMessages baru yang menjanjikan pengalaman penggunaan iPhone yang lebih baik. Bagaimana? Mari kita bahas lebih mendalam bagaimana pembaruan iOS 18 memengaruhi aplikasi Foto dan Pesan. Foto adalah salah satu aplikasi yang ditingkatkan oleh Apple dalam pembaruan iOS 18, di mana perusahaan membuat penjelajahan momen berharga Anda menjadi lebih sederhana dan mudah.

Koleksi Intuitif dan Terorganisir

Fitur Baru iOS 18_2b

Fitur Baru iOS 18. (Sumber: Gadget Viva)

Meskipun tata letak kisi aplikasi dipertahankan, iOS 18 memperkenalkan tombol filter yang memungkinkan Anda mengurutkan foto berdasarkan favorit, editan terkini, video, atau tangkapan layar.

Fitur koleksi Kumpulan baru ini mengatur foto Anda berdasarkan waktu, orang, hewan peliharaan, perjalanan, dan kenangan, menciptakan tampilan bergaya kolase yang menarik secara visual sehingga memudahkan untuk menemukan momen tertentu.

Dengan iOS 18, Anda dapat membuat grup khusus untuk foto Anda, seperti keluarga, teman, atau hewan peliharaan, menambahkan sentuhan pribadi ke perpustakaan foto Anda.

Pengguna juga dapat mengelompokkan semua foto mereka, baik saat mereka sedang bepergian atau semuanya, di satu tempat, sehingga memudahkan penelusuran berdasarkan tahun.

Fitur Koleksi yang Disematkan menyediakan akses cepat ke bagian-bagian penting seperti tampilan peta atau tangkapan layar tersembunyi. Anda dapat menyesuaikan koleksi ini, mengatur ulang, dan menambahkan album khusus agar sesuai dengan preferensi Anda.

Aplikasi Foto kini lebih dapat disesuaikan dari sebelumnya. Dari item unggulan di bagian atas hingga tampilan carousel di sisi kanan kisi yang menampilkan foto-foto favorit.

Saat Apple memperkenalkan aplikasi ini di WWDC 2024, foto-fotonya tampak bersemangat dan berisi petunjuk menarik setiap kali Anda membukanya. Sorotan harian menjaga pengalaman tetap segar dan menarik, memastikan pengguna selalu memiliki sesuatu yang baru untuk dinikmati.

iMessages Mendapatkan Pembaruan Besar-Besaran?

Apple selalu menghadirkan fitur-fitur baru pada aplikasi Messages atau iMessages, sehingga memudahkan dan menyenangkan pengguna berkomunikasi dengan keluarga dan teman melalui aplikasi.

Salah satu fitur baru yang diperkenalkan Apple Unggulan di aplikasi Messages adalah Tapback, yang kini telah didesain ulang untuk tampilan yang lebih berwarna. Pengguna kini juga dapat menggeser untuk melihat saran emoji dan stiker berbasis percakapan untuk cerita mereka.

Hal ini memungkinkan pengguna menemukan respons yang tepat dengan lebih mudah dan menambah keseruan dalam diskusi. Selain itu, kini lebih jelas siapa yang mengirim Tapback mana, sehingga obrolan grup menjadi lebih intuitif.

Mengekspresikan diri Anda melalui teks kini menjadi lebih baik berkat efek Animasi baru dan opsi pengeditan seperti tebal, miring, garis bawah, dan coretan. Efek ini terlihat bagus dalam banyak bahasa, membuat pesan lebih jelas dan ekspresif, tidak peduli bagaimana Anda berkomunikasi.

Mungkin salah satu fitur yang paling dinantikan pengguna adalah Pesan Terjadwal, di mana Anda dapat menulis pesan dan menjadwalkannya untuk dikirim nanti.

Perusahaan menjelaskan bahwa fitur Pesan Terjadwal ini Sempurna untuk mengirim ucapan selamat ulang tahun atau merayakan hari istimewa. Pesan terjadwal ditandai dengan jelas dan mudah diedit, memberi Anda fleksibilitas dan ketenangan pikiran.

Baca juga: Bocoran Apple Watch Series 10 Yang Dinantikan

Dukung Pesan RCS

Apple iOS 18 RCS_3c

Apple iOS 18 RCS. (Sumber: CNET)

Apple akhirnya mulai mengadopsi sistem RCS (Rich Communication Services), standar pengiriman pesan lebih modern di iOS 18. Hal ini sekaligus mengakhiri perbedaan masih terjadi antara iOS dan Android, dalam hal pengiriman teks.

Dengan RCS, pengguna bisa mendapatkan berbagai fitur menarik seperti tanda terima pesan telah dibaca, indikator pengetikan, pengiriman gambar, video, dan audio beresolusi tinggi, hingga enkripsi end-to-end.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Seri iPhone 16 disebut-sebut akan meluncur pada acara peluncuran pada September 2024. Meski masih 2 bulan lagi, bocoran informasi mengenai seri iPhone...

Tech Industry

Last updated on 5 Juli, 2024 Unbox.id – Apple saat ini mengklasifikasikan tiga produknya sebagai produk lama, yakni klasik. Perusahaan telah memperbarui daftar produk...

Apple

Last updated on 1 Juli, 2024 Unbox.id – Apple meluncurkan dua produk iPad baru pada Mei 2024, yaitu iPad Pro 2024 dan iPad Air...

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikabarkan akan mengganti 50% pekerja perakitan iPhone dengan sistem otomasi atau dikenal dengan tenaga robot. Informasi ini berdasarkan laporan dari The...