Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Update iOS 18 Beta Bawa Peningkatan Fitur Siri Sampai FaceTime

Fitur Baru iOS 18_2b
Fitur Baru iOS 18. (Sumber: Gadget Viva)

Unbox.id – Apple baru saja membagikan serangkaian peningkatan pada beberapa fitur di iOS 18, termasuk perubahan pada FaceTime, Siri, dan aplikasi Wallet. iOS 18 beta tersedia untuk pengguna yang berpartisipasi dalam Program Pengembang Apple. Beta publik kemudian akan dirilis pada Juli 2024. Bagi yang penasaran dengan peningkatan yang terdapat pada ketiga fitur iOS 18, simak artikel ini. Mengutip informasi dari Apple yang dikutip Gizmochina, iOS 18 memperkenalkan pengaturan baru yang memberikan peningkatan signifikan pada kualitas suara di Siri saat tersambung ke audio mobil tanpa tersambung ke CarPlay. Anda dapat menemukan pengaturan baru ini di aplikasi Pengaturan. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan > Siri > Respons Siri > “Balas melalui sumber media.” Saat membuka menu, sistem menampilkan pesan “Siri akan merespons melalui radio mobil A2DP, ideal untuk mendengarkan media dari ponsel Anda. Pesan ini menginformasikan kepada pengguna bahwa suara Siri akan terdengar lebih jelas saat terhubung ke audio mobil.

Peningkatan di Facetime

FaceTime iOS 18_1a

FaceTime iOS 18. (Sumber: CNET)

Berdasarkan informasi Apple, FaceTime akan menggunakan lebih banyak data dalam mode Low Power di iOS 18 saat jaringan stabil. Hal tersebut akan meningkatkan kualitas saat panggilan video.

Saat pengguna menambahkan identitas ke aplikasi Wallet di iPhone, kini pengguna akan diminta untuk mengambil foto wajah pengguna secara langsung bersamaan dengan serangkaian gerakan kepala dan mimik wajah.

Menurut Apple, perangkat akan mengevaluasi Live Photo untuk memastikan bahwa orang yang menambahkan identitas tersebut adalah orang asli, bukan orang lain yang login menggunakan akun pengguna.

Deretan Fitur Baru Aplikasi Messages di iOS 18

Sementara itu, Apple juga meningkatkan aplikasi Pesan. Seperti diketahui, sejak hadir di iPhone pada tahun 2007, Messages telah menjadi andalan komunikasi antar pengguna iPhone.

Dikutip dari laporan Digital Trends, di iOS 18, Apple memperkenalkan sejumlah peningkatan fitur sebagai berikut. Salah satu fitur paling keren di iOS 18 adalah kemampuan menjadwalkan pesan. Sebelumnya hanya tersedia di aplikasi Mail, kini fitur ini tersedia untuk pengiriman pesan melalui Message.

Fitur ini juga berguna bagi pengguna yang ingin mengatur waktu pengiriman pesan agar tidak mengganggu penerima atau disesuaikan dengan waktu yang telah ditentukan. iOS baru ini hadir dengan berbagai fitur yang membuat pesan pengguna menjadi lebih personal dan menarik. Karena kini pengguna bisa menebalkan, memiringkan, menggarisbawahi, atau mencoret teks.

Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan efek animasi pada huruf, kata, dan kalimat. Bahkan, sistem operasi juga dapat memberikan efek yang disarankan berdasarkan konten pesan pengguna.

Hal keren lainnya tentang Message di iOS 18 adalah kemampuan mengirim pesan secara instan bahkan tanpa Wi-Fi atau jaringan seluler. Menggunakan kemampuan satelit yang mirip dengan layanan SOS darurat, pengguna iPhone 14 dan versi lebih baru dapat mengirim pesan tanpa koneksi internet.

Baca juga: Fitur IOS Yang Tersedia Dan Tak Ada Di IPhone Lawas

Fitur Baru Lain di Messages

Fitur Baru iOS 18_1a

Fitur Baru iOS 18. (Sumber: Express Techno)

Satu hal yang dinantikan di iOS 18 adalah dukungan pengiriman pesan teks SMS berbasis RCS dengan pengguna Android. Hal ini tentunya akan memudahkan pengguna karena RCS merupakan teknologi baru dengan kemampuan yang lebih baik dibandingkan SMS.

Meski percakapan dengan RCS masih ditampilkan dalam gelembung hijau seperti SMS, namun pengalaman yang diberikan pasti akan lebih baik. Alasannya adalah pengguna dapat melihat tanda-tanda orang lain sedang mengetik, membaca tanda terima, dan mengirim foto berkualitas tinggi.

Teknologi AI terbaru Apple juga meningkatkan kemampuan pengiriman pesan. Meski tidak semua perangkat mendukung, namun fitur ini disebut mampu mengubah cara pengguna berkomunikasi.

Salah satu fitur yang ditawarkan adalah memberikan saran apa yang akan ditulis berdasarkan analisis pesan sebelumnya. Ada juga Genmoji, fitur yang memungkinkan AI membuat gambar berdasarkan deskripsi, konsep, atau bahkan seseorang dari perpustakaan foto.

Tapback adalah cara cepat untuk membalas pesan dan di iOS 18, fitur ini telah tersedia ditingkatkan. Sebab, tidak terbatas pada beberapa emoji, pengguna bisa menggunakan emoji atau stiker apa saja, termasuk Live Stiker rancangannya sendiri.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – iOS 18 hadir dengan banyak fitur dan penyempurnaan baru untuk iPhone, untuk membantu pengguna tetap teratur dan aman. Hal tersebut diungkapkan Apple...

Software

Unbox.id – iOS 18, pembaruan pada sistem operasi seluler Apple, diharapkan memperkenalkan beberapa fitur dan peningkatan baru yang penting. Apple mengakui iOS 18 akan...

Software

Last updated on 28 Juni, 2024 Unbox.id – Apple baru-baru ini memperkenalkan sistem iOS 18 di Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024. Sistem operasi ini...

Tech Industry

Unbox.id – Apple akan terus melakukan proses secara bertahap saat merilis layanan Intelijen Apple ke publik. Diketahui, fitur-fitur yang diperkenalkan pada WWDC 2024 ini...