Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Pengertian Shadowban di Media Sosial dan Cara Mengatasinya

Shadowban
ilustrasi pengguna media sosial | foto: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Beberapa tahun terakhir, muncul istilah shadowban, di mana hal tersebut menjadi penyebab menurunnya engagement pada akun media sosial. Sontak, kabar tersebut membuat para pegiat dunia maya menjadi heboh. Media sosial yang terkena hal ini mulai dari Instagram, Twitter, hingga Facebook.

Akibat hal tersebut, sebagian pengguna tidak bisa mencari akun yang ia miliki di media sosial. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu shadowban dan bagaimana cara mengantisipasinya, Unbox kali ini akan berbagi informasi, simak selengkapnya.

Shadowban sering terjadi di platform media sosial Instagram, di mana akun seseorang terkena pembatasan jangkauan konten serta akun. Istilah ini juga memiliki nama lain yaitu ghost banning atau stealth banning. Konten yang penggunanya unggah dianggap tidak pantas untuk beredar.

Baca juga: Facebok Menyetop Facebook Gaming per Oktober 2022

Tentunya, keadaan ini menjadi sangat mengganggu ketika seorang pegiat media sosial ingin mengembangkan akun mereka. Pengguna baru dan pengguna lain yang bukan followers tidak dapat menemukan konten yang sudah mereka buat.

Sejatinya, istilah shadowban tersebut hanyalah istilah buatan para pengguna media sosial. Dengan kata lain, pihak platform baik Instagram maupun Facebook sendiri tidak menyebutkan hal tersebut atau mengungkapkannya secara resmi.

penggunaan bot merupakan larangan di media sosial | foto: berbagai sumber

Penyebab Shadowban di Berbagai Media Sosial

Keadaan pembatasan konten dan akun tersebut biasanya menyerang pengguna-pengguna yang memiliki indikasi spam. Selain itu, konten yang memiliki indikasi pelanggaran standar komunitas juga akan mendapatkan gangguan yang satu ini. Seperti indikasi kekerasan, pornografi, dan penyebaran berita palsu alias hoax.

Selain indikasi hal-hal di atas, shadowban ini juga menyasar akun yang memiliki indikasi penggunaan aplikasi pihak ketiga atau bot. Di mana penggunaan bot sangat terlarang di sosial media mana pun. Salah satu tandanya adalah pemakaian tagar yang terlalu banyak.

Baca juga: Instagram Segera Luncurkan Fitur Baru “Repost”

Bagi anda yang tidak ingin terkena pembatasan ini, anda tidak perlu khawatir. Sebab, selama konten yang anda unggah tidak memiliki unsur-unsur pelanggaran maka akun anda tetap aman. Anda juga harus mengetahui apa yang menjadi pedoman kebijakan media sosial.

Batasi jumlah interaksi terhadap akun lain seperti memberikan like terlalu banyak, memberikan komentar secara berulang dan spam. Sebab, itu bisa menjadi indikasi penggunaan mesin atau aplikasi pihak ketiga yang terlarang. Hindari juga kegiatan follow-unfollow secara berlebihan

Nah, demikian sedikit ulasan mengenai apa itu shadow ban dan bagaimana cara mencegahnya. Sekian, semoga bermanfaat.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Unbox.id – Apple Ancam Blokir Twitter, Begitulah ancaman Apple kepada Twitter dan Elon Musk setelah membuat kontroversi dengan cuitan pertanyakan biaya 30% berupa pajak...

Tech Industry

Unbox.id – Spotify baru saja meluncurkan kampanye tahunan mereka, Spotify Wrapped 2022. Pengguna Spotify bisa melihat lagu teratas mereka selama satu tahun ini. Untuk...

Apps & Games

Unbox.id – Platform aplikasi Twitter merupakan salah satu aplikasi yang cukup digandrungi oleh para penggunanya. Aplikasi yang berasal dari negeri Paman Sam ini memang...

Apps & Games

Last updated on 22 November, 2022 Unbox.id – Tahukah Anda, ternyata Instagram menyediakan fitur history Instagram Reels? Fitur ini memungkinkan pengguna melihat kembali dan...