Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Facebook Peringatkan Penggunanya Terkait Kata Kunci ‘Loli’

Facebook
ilustrasi foto: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Belum lama, platform media sosial asuhan Meta, yakni Facebook telah merilis sebuah peringatan baru terhadap para pengguna. Pihak platform media sosial tersebut memberikan peringatan pada para penggunanya terkait pencarian dengan keyword ‘Loli’.

Adanya peringatan tersebut memiliki maksud untuk mencegah orang-orang menemukan hal-hal yang menjurus ke arah pelecehan anak di bawah umur. Terkadang, ada oknum yang menggunakan kata kunci tersebut untuk segala macam aktivitas yang mengarah ke eksploitasi seksual terhadap anak-anak.

Baca juga: Kini Nonaktif dan Hapus Akun Instagram Bisa Langsung Lewat iPhone

Loli sendiri adalah sebuah nama dari salah satu tokoh anime yang memiliki karakter anak-anak. Orang-orang menggunakan plesetan ke arah tersebut untuk menutupi aktivitas yang mereka lakukan. Pada dasarnya, pelecehan seksual terhadap anak-anak memiliki frasa yang sedikit mirip dengan kata ‘Loli’ tersebut. Kata yang digunakan terhadap eksploitasi seksual adalah ‘Lolicon’.

Ketika anda mencoba memasukkan kata kunci ‘Loli’ dalam kolom pencarian atau mesin pencari yang ada di beranda Facebook, akan muncul peringatan. Peringatan tersebut menunjukkan upaya pihak Meta untuk mencegah anda terjerumus ke dalam konten atau link yang berisi pelecehan anak.

Baca juga: Meta Akan Meluncurkan ‘Akademi Metaverse’ di Perancis

Di samping adanya peringatan dari pihaknya, anda juga dapat memilih alternatif lain. Anda masih dapat memilih opsi bantuan yang ada di kolom bantuan. Jika anda tidak sengaja menemukan konten dengan pelanggaran tersebut, anda bisa langsung melaporkannya ke pihak perusahaan.

Kata Kunci Loli yang Menjadi Sorotan Facebook Berkaitan Dengan Pelecehan Anak

Kurang lebih begini peringatan yang akan muncul ketika anda mencoba memasukkan kata kunci ‘Loli’ di kolom pencarian Facebook.

Dengan adanya peringatan ini, bukan berarti pengguna tidak dapat mengakses pencarian ke karakter anime seperti yang diinginkan. Pencarian dengan gambar wajah lucu karakter tersebut akan tetap muncul. Beberapa akun dan grup yang mengandung kata kunci tersebut akan tetap muncul seperti pada pencarian biasanya.

Namun, jika anda tetap menemukan gambar anak kecil yang tidak seharusnya ada di Facebook, anda bisa segera melaporkannya. Jika aktivitas yang meresahkan ini terus dibiarkan, resiko yang akan muncul sangatlah besar.

sumber: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Social Media

Unbox.id – Aplikasi sosial media Facebook merupakan salah satu platform yang cukup digandrungi oleh masyarakat global secara menyeluruh. Kemudahan dalam berkomunikasi serta didukung dengan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Facebook baru saja meluncurkan fitur baru pada yang memungkinkan pengguna melihat unggahan dalam urutan kronologis terbalik daripada konten yang diberi peringkat...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Kabar kurang menyenangkan datang dari perusahaan induk Instagram, WhatsApp, dan Facebook, yakni Meta. Kabarnya, mereka mendapatkan gugatan atas pengambilan nama oleh...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Beberapa hari terakhir, banyak media yang memberitakan tentang Kominfo akan memblokir platform mesin pencari terbesar di dunia, yakni Google. Selain itu,...