Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

WhatsApp: Baru, Admin Dapat Menghapus Chat Anggota

WhatsApp
Tampilan fitur baru aplikasi WA | foto: berbagai sumber

Last updated on 5 Juni, 2024

Jakarta, Unbox.id – Saat ini, WhatsApp telah melakukan pembaruan pada fitur yang ada di dalam pesan grup. Di mana seorang pengguna yang menjadi admin grup dapat menghapus pesan anggotanya untuk semua orang. Dengan kata lain, pesan berisi spam atau yang melanggar aturan dapat mereka hapus secara permanen.

Menurut berbagai media, fitur ini merupakan fitur uji coba yang meluncur pada Agustus 2022 lalu. Namun, belum ada informasi lebih lanjut kapan fitur tersebut bisa digunakan oleh penggunanya secara global. Di mana hanya pengguna WhatsApp beta saja yang dapat menikmati fitur tersebut.

baca artikel menarik lainnya tentang : cara menghapus iklan wa

Dari laman WABetaInfo, mereka menamai fitur tersebut sebagai fitur ‘Admin Delete’. Seperti yang terdapat pada tangkapan layarnya, pengguna yang berperan sebagai admin dapat menghapus pesan apa saja yang ia inginkan. Caranya pun tidak berbeda dari menghapus pesan pribadi yang ia kirim.

Baca juga: Facebok Menyetop Facebook Gaming per Oktober 2022

Jika pada versi WhatsApp biasa atau pengguna yang bukan admin, mereka hanya dapat menghapus dengan 2 opsi, yakni ‘Hapus Untuk Saya’ dan ‘Batalkan’. Namun, ketika fitur ini sudah rilis secara global, admin akan mendapatkan 3 opsi, yakni ‘Hapus Untuk Saya’, ‘Hapus Untuk Semua Orang’, dan ‘Batalkan’.

Manfaat Fitur Baru WhatsApp: Admin Delete

Jika fitur ini telah resmi rilis untuk pengguna secara global, tentunya ada banyak manfaat yang bisa dirasakan. Di mana selama ini jika seorang admin mendapati pesan spam atau pesan yang melanggar aturan, mereka hanya bisa menonaktifkan chat atau mengeluarkan peserta.

Baca juga: Instagram Segera Luncurkan Fitur Baru ‘Repost’

Admin tidak dapat menghapus konten yang sudah tersebar. Ini jelas berbahaya, beberapa kali sudah terjadi, di mana ada oknum pengguna WhatsApp yang dengan sengaja menyebarkan gambar-gambar kekerasan, konten hoaks, dan konten-konten yang berisi pornografi. Jika admin tidak dapat menghapus, mungkin saja dapat tersebar lebih luas.

Selain itu, fitur ‘Admin Delete’ ini juga akan membuat anggota grup menjadi lebih tertib saat berinteraksi. Seperti pada grup seminar, admin dapat menghapus konten spam jual beli atau iklan yang tentunya mengganggu kegiatan seminar tersebut. Setelahnya admin juga dapat mengeluarkan anggota yang tidak taat aturan.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Last updated on 11 Juni, 2024 Unbox.id – Meta terus berinovasi dan memperkenalkan beberapa fitur baru pada aplikasi perpesanan populernya, khususnya WhatsApp. Pada acara...

Apps & Games

Last updated on 6 Juni, 2024 Jakarta, Unbox.id — Aplikasi perpesanan WhatsApp atau WA sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat di Indonesia. Banyaknya...

Social Media

Last updated on 10 Juni, 2024 Unbox.id – WhatsApp kembali merilis pembaruan untuk penggunanya. Pembaruan ini mungkin disukai oleh pengguna yang suka menggunakan fitur...

Apps & Games

Last updated on 8 Juni, 2024 Unbox.id – Aplikasi perpesanan WhatsApp Meta dilaporkan sedang mengerjakan fitur baru yang memungkinkan semua pengguna melihat media yang...