Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Daftar Model Motherboard Keluaran Asus Dengan AMD AM5

Motherboard Asus AMD AM5_1a
Motherboard Asus AMD AM5. (Sumber: GamingPH)

Unbox.id – ASUS Indonesia telah resmi meluncurkan beberapa motherboard terbaru X670E untuk menemani prosesor generasi terbaru AMD, seri Ryzen 7000. Pada generasi terbaru ini, AMD menggunakan proses manufaktur 5nm dan arsitektur “Zen” baru untuk memberikan kinerja yang luar biasa bagi para gamer dan pembuat konten. Oleh karena itu, prosesor yang unggul juga harus berjalan seiring dengan motherboard yang andal untuk setiap kebutuhan. Seri Ryzen 7000 memberikan yang terbaik dari AMD dalam performa single-core dan multi-core. Namun, motherboard akan menjadi komponen kunci untuk mendukung kinerja yang baik dari prosesor seri Ryzen 7000.

ROG Crosshair X670E Hero

ROG Crosshair X670E Hero_2b

ROG Crosshair X670E Hero. (Sumber: Reddit)

ROG Crosshair X670E Hero adalah salah satu motherboard seri high-end ASUS X670E. Motherboard ini memiliki 4 slot DIMM DDR5 (Mode Saluran Ganda), 5 slot M.2 untuk SSD NVMe (2 di antaranya mendukung PCIe 5.0 x4), 2 slot PCIe 5.0 x16, 9 slot USB 3.2, Wi-Fi 6E, Bluetooth v5. 2, yang cocok tidak hanya untuk para gamer tetapi juga untuk para antusias yang menginginkan platform terbaik untuk digunakan dengan seri Ryzen 7000.

Agar PC favorit Anda tidak terganggu dayanya bahkan dalam kondisi ekstrim, Crosshair X670E Hero memiliki 22 Power Stages dengan 110A dan Extreme VRM.

Biar makin gahar, Crosshair X670E Hero juga dilengkapi Polymo Lighting di pendingin Power Phase. Untuk pengguna tingkat lanjut, Crosshair X670E Hero juga dilengkapi dengan tombol Clear CMOS dan BIOS FlashBack di panel belakang untuk memudahkan Anda mempercepat PC. Ada juga fitur hebat di motherboard ini yang disebut Dynamic OC Switcher.

Dengan prosesor AMD, ada dua jenis overclocking yang bisa dilakukan dengan mudah. Opsi pertama adalah OC manual untuk meningkatkan kinerja multithreading (seperti saat merender video atau tugas berat lainnya).

Sedangkan opsi overclocking kedua adalah menggunakan fitur AMD PBO (Precision Boost Overdrive) yang lebih efektif mendongkrak performa single-threaded (misalnya saat bermain game). Dynamic OC Switcher memungkinkan motherboard Anda untuk beralih mode overclocking secara otomatis tergantung pada beban yang Anda lakukan.

ROG Strix X670E-E GAMING WIFI

Seri ROG Strix menjadi favorit banyak komunitas gaming karena selalu bisa diandalkan saat bermain game, streaming, maupun overclocking. Pada generasi terbaru ini, ROG Strix X670E-E GAMING WIFI menawarkan desain catu daya 18+2 dengan 110A dan dilengkapi dengan kemampuan kualitas terbaik untuk memastikan PC Anda terhindar dari berbagai masalah daya dan listrik.

ROG Strix X670E-E GAMING WIFI juga mendukung hingga 4 PCIe NVMe SSD (3 Gen 5 dan 1 Gen 4), 2 slot PCIe Gen 5 x16, dan 10 slot USB 3.2 Gen 2. Selain konektivitas nirkabel, papan host ini juga dilengkapi dengan Wi-Fi 6E.

Selain Dynamic OC Switcher yang juga hadir pada ROG Crosshair X670E Hero, pada motherboard jagoan ini ASUS telah menyertakan set fitur bernama Q-Design. Salah satu fitur Q-Design adalah Q-LED akan membantu pembuat PC mendiagnosis masalah jika terjadi masalah yang tidak terduga.

Terdapat juga fungsi tombol Q-Release yang membantu Anda melepas kartu grafis dengan mudah dan cepat hanya dengan satu sentuhan. Selain itu, Q-Latch memungkinkan Anda memasang dan melepaskan drive M.2 hanya dengan satu jari.

Baca juga: Inilah Kisah Sejarah AMD Hingga Dikenal Sampai Sekarang

ProArt X670E-CREATOR WIFI

ProArt X670E-CREATOR WIFI_3c

ProArt X670E-CREATOR WIFI. (Sumber: Murdockcruz)

Seri ProArt dirancang untuk kreator yang ingin membuat mahakarya. Ambisi ini bukanlah tugas yang mudah. Oleh karena itu, ASUS ProArt X670E-CREATOR WIFI juga dikemas dengan fitur-fitur hebat sehingga para kreator dapat terus bekerja tanpa mengkhawatirkan beberapa masalah teknis.

Motherboard ini memiliki heatsink VRM andal yang dapat menjaga suhu tetap dingin bahkan setelah penggunaan selama berjam-jam dan Power Stage 16+2 (70A) untuk memastikan pengiriman daya yang lancar bahkan saat menangani beban berat.

Konektivitas yang kaya dan beragam adalah salah satu fitur unik dari ProArt X670E-CREATOR WIFI, karena pembuat konten seringkali membutuhkan banyak perangkat untuk mendukung ide kreatif dan inspiratif mereka masing-masing.

Motherboard ini dilengkapi dengan 3 jenis slot USB berkecepatan tinggi 40Gbps, 20Gbps dan 10Gbps (masing-masing 2 slot, di panel belakang). Selain itu, di lokasi yang sama, ProArt X670E-CREATOR WIFI juga menyediakan 3 slot USB Type-C.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Review Produk

Jakarta, Unbox.id – Lenovo GeekPro Gaming Desktop 2024 telah rilis di negara asalnya, Tiongkok. Produk tersebut memiliki beberapa tambahan baru pada jajaran mesin gaming...

Hardware

Jakarta, Unbox.id – AMD merupakan salah satu perusahaan ternama yang memproduksi unit pemrosesan komputer di dunia. Kabar terbaru, mereka akan kembali merilis inovasi terbaru...

Hardware

Unbox.id – Motherboard adalah tulang punggung dari setiap sistem komputer. Mereka bertanggung jawab untuk menghubungkan semua komponen hardware dan menyediakan daya serta kontrol yang...

Hardware

Unbox.id – Dalam dunia teknologi komputer, persaingan antara AMD (Advanced Micro Devices) dan Intel Corporation telah menjadi salah satu yang paling menarik. Kedua perusahaan...