Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Tips Menghemat Kuota Data Saat Menonton Video di Media Sosial

Tips Menghemat Kuota

Last updated on 28 Juni, 2024

Unbox.id – Video menjadi salah satu elemen penting pada layanan media sosial akhir-akhir ini. Namun, pemutaran video mengonsumsi data internet paling besar dibandingkan konten lain seperti teks dan foto. Apalagi layanan media sosial semacam Facebook, Instagram, dan Twitter, memutar video secara otomatis alias autoplay ketika pengguna membuka aplikasi.

Padahal, tak semua video yang dibagi teman menarik untuk ditonton. Mekanisme ini bisa dibilang tak efisien. Nah, Anda sejatinya bisa menyetel pengaturan pada aplikasi media sosial agar menyetop mekanisme autoplay. Penyetelan itu akan membuat Anda mengonsumsi data lebih cerdas dan bijak, karena cuma video yang ingin ditonton yang menguras data. Facebook, Instagram, dan Twitter punya pengaturan berbeda-beda untuk menyetop autoplay.

Berikut ini merupakan tips menghemat kuota saat menonton video di beberapa media sosial :

Facebook

Untuk pengguna iPhone, cara menyetop autoplay cukup dengan menekan ikon menu burger (tiga garis menumpuk) pada sisi kanan bawah antarmuka aplikasi Facebook. Selanjutnya pilih “Settings” lalu “Account Settings”. Gulir layar ke bawah hingga Anda menemukan pilihan “Videos and Photos”. Temukan opsi “Autoplay” dan klik “Never Autoplay Videos”.

Sementara itu, untuk pengguna Android, cara mengubah setelah autoplay lebih simpel. Pengguna cukup menekan ikon burger di sisi kanan atas antarmuka aplikasi Facebook. Lantas, gulir ke bawah untuk menemukan opsi “Autoplay” dan pilih “Never Autoplay Videos”.

Baca juga: Paket Data Termurah

Instagram

Untuk sementara, Instagram belum menyediakan opsi untuk menyetop autoplay secara keseluruhan. Tapi, ada cara yang bisa dilakukan untuk menghemat data, yakni memilih opsi “Use Less Data”. Opsi tersebut akan menghentikan mekanisme pre-loading video ketika Anda membuka aplikasi. Jadi, video hanya akan terputar otomatis ketika Anda menggulir layar dan sampai pada konten tertentu.

Cara mengaktifkan “Use Less Data” berbeda di iOS dan Android. Untuk Instagram di iOS, tekan ikon gear pada sisi kanan atas antarmuka aplikasi. Selanjutnya pilih “Cellular Data Use” dan aktifkan “Use Less Data”. Mekanisme di Android serta merta mirip. Hanya saja, pada tahap awal pengguna harus menekan ikon tiga titik, bukan ikon gear. Lalu tekan “Cellular Data Use” dan aktifkan “Use Less Data”.

Twitter

Belakangan Twitter yang merupakan layanan mikroblog berbasis teks juga gencar mengembangkan konten video. Karenanya, penyetopan autoplay menjadi penting. Pada iPhone, langkah awalnya adalah menekan ikon gear dan tekan “Settings”. Pilih “Data”, cari “Video Autoplay”, dan aktifkan “Never Play Videos Automatically”.

Sementara di Android, tekan foto profil Anda untuk masuk ke navigasi “Settings”. Selanjutnya pilih “Data” dan tekan “Video Autoplay”. Terakhir, Anda tinggal mengaktifkan “Never Play Videos Automatically”.

Nah demikian tips menghemat kuota data saat menonton video di media sosial. Semoga dapat membantu kamu untuk menghemat penggunaan kuota data di smartphone kamu ya. Selamat mencoba!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Apps & Games

Last updated on 20 Juni, 2024 Unbox.id – Trafik internet di jaringan XL Axiata meningkat 16% selama Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H dibandingkan...

Tech Industry

Last updated on 20 Juni, 2024 Unbox.id – Sebagai bagian dari perjalanan 28 tahun sebagai penggerak ekosistem digital, Telkomsel kembali memperkenalkan Telkomsel Award 2023...

Tech Industry

Last updated on 27 Juni, 2024 Unbox.id – Smartfren telah meluncurkan produk terbaru yang dirancang untuk memanjakan penggunanya, khususnya selama bulan Ramadhan, yaitu Triple...

Tech Industry

Last updated on 20 Juni, 2024 Unbox.id – Telkomsel meluncurkan produk dan layanan gaya hidup digital terbaru untuk “Nyalakan Kebersamaan” sebagai jawaban atas kemeriahan...