Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Tips Menangani Keringat Pada Headphone Anda

pejuang subuh
A commuter listens to Beats brand headphones while riding the subway in New York, May 29, 2014.

Last updated on 22 November, 2023

Jakarta, Unbox.id – Headphone yang Anda pakai secara aktif dapat memungkinkan untuk menjadi tempat berkumpulnya keringat. Dari tempat tersebut, dapat memunculkan bau tidak sedap dan bakteri membahayakan kesehatan kulit Anda.

Selain itu, kondisi perangkat yang kotor juga dapat menjadi penyebab rusaknya komponen bagian dalam. Artinya, perlu perawatan yang bijak agar perangkat audio Anda dapat bertahan lama, terhindar dari risiko kerusakan yang mungkin bisa saja terjadi.

Pilih Material Earpad Headphone yang Tepat

Pilih headphone dengan earpad yang terbuat dari bahan yang dapat menahan keringat, seperti kulit sintetis atau busa berpori. Bahan ini lebih mudah untuk Anda bersihkan dan kurang menyerap keringat, sehingga tidak akan menjadi lembab.

Baca juga: OMATE Ice Ring, Cinin Pintar dengan Fitur Canggih

Di samping itu, juga penting untuk mempertimbangkan aksesori pendukung berupa penutup pelindung earpad yang dapat Anda lepas dan cuci. Ini membantu melindungi earpad dari kontak langsung dengan keringat dan mempermudah proses pembersihan.

Bersihkan Earpad Secara Rutin

Bersihkan earpad secara rutin dengan kain lembut yang telah Anda basahi dengan sedikit cairan pembersih. Cairan pembersih tersebut terbukti efektif untuk membantu menghilangkan kotoran dan minyak yang dapat menyebabkan bau tidak sedap.

Baca juga: OMATE Ice Ring, Cinin Pintar dengan Fitur Canggih

Beberapa produsen merancang desain perangkat dengan fitur khusus dengan lapisan anti-keringat. Fitur tersebut merupakan rancangan khusus yang dapat Anda gunakan sebagai penahan keringat serta mencegah penetrasi ke dalam komponen internal perangkat.

Jangan Gunakan Headphone saat Sangat Berkeringat

Hindari menggunakan headphone saat Anda sedang sangat berkeringat, terutama setelah berolahraga. Sebisa mungkin biarkan kepala dan telinga Anda kering sebelum menggunakan kembali perangkat audio wearable tersebut.

Setelah Anda memakainya untuk kegiatan, simpan headphone di tempat yang kering dan terhindar dari suhu panas. Hal ini membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat merusak headphone. Pastikan perangkat mendapat sanitasi yang baik.

Gunakan Alat Pelindung Khusus

Pertimbangkan untuk menggunakan head phone wrap atau headband cover dengan rancangan khusus untuk menyerap keringat dan melindungi dari kontak langsung. Desain yang terbuka akan memberikan ventilasi dan sirkulasi udara yang lebih baik.

Ini membantu menjaga kelembaban rendah dan mencegah pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan. Untuk kegiatan olahraga yang intens, pertimbangkan untuk menggunakan headphone khusus olahraga yang tahan air dan dirancang untuk menahan keringat.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Noise telah meluncurkan perangkat audio TWS (True Wireless Stereo) Buds N1. Menurut berbagai sumber, ini adalah perangkat audio yang meluncur di...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – HTech bersiap untuk meluncurkan smartphone Honor X9b baru bersama dengan Choice Watch dan Earbuds X5 di India. Spesifikasi yang ada di...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – OpenRock baru saja meluncurkan dua model baru headphone True Wireless Streo di pasar Indonesia, OpenRock Pro dan OpenRock S.TWS OpenRock Pro dan...

OnePlus

Jakarta, Unbox.id – OnePlus Buds 3 merupakan perangkat audio earbud kelas menengah yang kompeten. Menurut ulasan dari berbagai sumber, spesifikasinya cukup standar dan tidak...