Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Cara Mudah Melindungi Dokumen PDF Online dan Offline

Jakarta, Unbox.id – Membuat sebuah dokumen untuk kepentingan tugas seperti menyusun makalah, artikel, atau membuat surat memang sering mengalami kendala. Terlebih, jika pembuat dokumen tersebut kurang memahami cara kerja sistem yang ada di komputer dan internet. Contohnya, untuk mengonversi file, memproteksi, dan mengompres.

Nah, jika anda termasuk pengguna komputer yang kurang memahami bagaimana cara melakukan beberapa hal di atas, kali ini Unbox akan mengulasnya. Bagaimana cara melakukan konversi file Word atau Excell yang anda buat ke dalam bentuk PDF atau sebaliknya. Juga bagaimana cara melindungi dokumen dengan kata sandi.

Sebelumnya, ada dua jenis cara yang dapat anda pilih, yakni cara online dengan jaringan internet, atau offline dengan aplikasi khusus.

Cara Mengubah, Mengkompres, dan Mengunci Dokumen Secara Online

Cara paling mudah untuk mengolah dokumen adalah menggunakan cara online. Di mana anda harus memastikan terlebih dahulu, jaringan di perangkat anda stabil atau tidak. Sebab, jika jaringan tidak stabil, maka proses juga akan terhambat dan mungkin saja gagal.

Untuk mengolah dokumen secara online, rekomendasi situs yang paling sering dikunjungi adalah smallpdf.com. Untuk membuka situs dalam bahasa Indonesia, anda bisa menuliskan alamat situs smallpdf.com/id. Atau, cukup dengan memasukkan kata kunci smallpdf di kolom pencarian Google.

Ada banyak fitur yang bisa anda manfaatkan secara gratis. Seperti pengubah Word ke PDF atau sebaliknya, Excell ke PDF dan sebaliknya, atau PPT ke PDF dan sebaliknya. Selain itu, anda juga bisa mengunci file PDF dengan password dengan memilih alat ‘kunci PDF’ dengan enkripsi. Ada juga fitur edit PDF, hapus halaman, dan sebagainya.

Cara Mengolah File Secara Offline

Cara yang selanjutnya adalah offline, yakni tanpa sambungan internet dan tidak memanfaatkan jasa website. Tips yang pertama adalah cara mengkonversi file Word ke PDF, yakni dengan cara ‘Save As PDF’. Cukup buka file word yang anda inginkan, buka menu File, pilih ‘Save As’.

Selanjutnya, tentukan lokasi penyimpanan yang anda inginkan. Nah, dari sana, anda juga bisa mengganti namanya, lalu pilih jenis file, pilih PDF. Begitu juga dengan cara menyimpan file berbentuk Excell atau PPT dengan metode yang sama.

Untuk fungsi kompres, proteksi file, dan edit halaman dalam bentuk PDF, anda bisa menginstal aplikasi Nitro PDF Pro di gerai terdekat. Jika anda menggunakan perangkat laptop, anda bisa membeli aplikasi tersebut di gerai laptop dan meminta rekomendasi penggunaan aplikasi yang tepat.

Nah, demikian ulasan tentang pengolahan dokumen untuk kebutuhan tugas anda, semoga bermanfaat.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Software

Jakarta, Unbox.id – Windows 11 telah mendapatkan update besar-besaran dari Microsoft. Pembaruan perangkat lunak komputer ini merupakan pembaruan perdana sejak sistem operasi tersebut rilis...

Software

Unbox.id – Sebuah sistem desktop seperti laptop, notebook, hingga pada pernagkat PC pastinya selalu memiliki sebuah sistem operasi yang mendukung kegunaan bagi para penggunanya....

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Sejak YouTube Shorts diperkenalkan, fitur tersebut menjadi populer dalam waktu yang singkat dan banyak digunakan oleh para pengguna dan konten kreator....

How To

Jakarta, Unbox.id – Banyak orang awam kesulitan ketika ingin membuat sebuah daftar isi yang ada di dokumen menggunakan Microsoft Office Word. Namun, pada dasarnya...