Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Microsoft Copilot Bakal Punya Tombol Khusus di Keyboard Windows 11

Microsoft Copilot Windows 11_1a
Microsoft Copilot Windows 11. (Sumber: Pure Info Tech)

Unbox.id – Microsoft akan terus mendorong penggunaan Copilot, termasuk bagi pengguna PC atau laptop. Oleh karena itu, Microsoft selalu memberikan pembaruan untuk membantu pengguna mengakses layanan tersebut dengan lebih mudah. Salah satunya ditampilkan dengan menampilkan tombol khusus Copilot pada keyboard PC atau laptop terbaru. Oleh karena itu, tombol ini akan menjadi pengoperasian akses cepat sehingga pengguna dapat langsung membuka layanan Copilot. Mengutip informasi dari The Verge, kehadiran tombol ini merupakan perubahan besar pertama pada keyboard PC Windows dalam tiga dekade terakhir. Sebab selama ini, tidak ada perubahan signifikan pada layout keyboard di perangkat Microsoft Windows.

Akan Menggantikan Tombol Menu

Microsoft Copilot Windows 11_2b

Microsoft Copilot Windows 11. (Sumber: Pure Info Tech)

“Kami melihat ini sebagai momen transformatif lainnya dalam perjalanan kami dengan Windows, dan Copilot akan menjadi titik awal bagi dunia AI,” kata Yusuf Mehdi, wakil presiden eksekutif dan kepala pemasaran di Microsoft PC”.

Tombol Copilot akan menggantikan tombol Menu atau tombol aplikasi yang pertama kali diperkenalkan dengan tombol Windows. Jadi, tombol ini akan berada di sisi kanan keyboard, meskipun lokasinya mungkin berbeda-beda tergantung perusahaan pembuat perangkat tersebut.

Seperti yang dijelaskan, tombol ini akan berfungsi untuk meluncurkan Windows Copilot di Windows 11. Langkah yang sama sudah dilakukan. telah dilakukan. Microsoft telah menambahkan tombol Office ke keyboardnya sendiri.

Jika Windows Copilot tidak tersedia di negara pengguna, tombol Copilot akan berfungsi untuk membuka Pencarian Windows. Saat ini tombol ini belum bisa digabungkan dengan tombol lain sehingga hanya memiliki satu fungsi saja. Menurut Yusuf, tombol Copilot khusus ini akan segera tersedia di perangkat Windows 11 dari mitra ekosistem Microsoft.

Tombol ini diharapkan tersedia pada perangkat yang dijadwalkan diluncurkan pada paruh pertama tahun ini, termasuk Surface generasi berikutnya.

Microsoft Copilot Rilis di Android dan iOS

Sebelumnya, Microsoft secara tak terduga merilis chatbot AI berbasis ChatGPT di Android dan iOS yang diberi nama Copilot. Secara keseluruhan, Microsoft Copilot versi Android dan iOS memiliki fungsi dan tampilan yang mirip dengan aplikasi OpenAI ChatGPT versi seluler.

Seperti aplikasi ChatGPT OpenAI, pengguna dapat menulis perintah atau perintah untuk mengajukan pertanyaan, meringkas teks, membuat draf email, blog, dan lainnya. Selain itu, pengguna ponsel Android dan iOS dapat menggunakan Microsoft Copilot untuk membuat gambar menggunakan teknologi DALL-E 3.

Mengutip Mashable, aplikasi besutan Microsoft ini juga menyertakan akses ke LLM (Large Language Model) Terbaru dari OpenAI, GPT-4. Pengguna gratis saat ini hanya bisa mengakses layanan GPT-3.5. Microsoft Copilot kini sudah bisa diunduh melalui Google Play Store dan Apple App Store.

Baca juga: Microsoft Luncurkan Aplikasi Copilot Di IOS Dan IPadOS

Microsoft Ubah Nama Bing Chat Jadi Copilot

Microsoft Copilot_3c

Microsoft Copilot. (Sumber: TechFinitive)

Sebagai informasi, pada November 2023 lalu, Microsoft memutuskan untuk mengganti nama Bing Chat menjadi Copilot. Perubahan ini terjadi setelah Microsoft mencoba menghadirkan Bing Chat ke mesin pencari Bing-nya, dengan antarmuka obrolan yang mirip dengan ChatGPT.

Microsoft meluncurkan peningkatan besar dalam pengembangan AI awal tahun ini dengan Bing Chat, namun kini mereka lebih memilih untuk mengidentifikasi produknya dengan Copilot, padahal usia Bing Chat kurang dari satu tahun.

Perubahan nama ini terjadi hanya beberapa hari setelah OpenAI mengumumkan bahwa ada 100 juta orang menggunakan ChatGPT setiap minggunya, menunjukkan intensitas persaingan antara Microsoft dan OpenAI di bidang AI bidang.

Pengguna bisnis akan masuk ke Copilot dengan Entra ID, sementara konsumen membutuhkan Akun Microsoft. Ini merupakan upaya Microsoft dalam merespons popularitas ChatGPT dan memastikan bahwa produk mereka tetap relevan dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft dikenal bermitra dengan Meta untuk memperkenalkan headset VR. Namun sepertinya headset VR ini tidak sepenuhnya merupakan hasil langsung dari kolaborasi kedua...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft Research Asia baru saja meluncurkan alat AI eksperimental baru yang disebut VASA-1. AI ini dapat memodifikasi gambar seseorang serta file audio...

Software

Unbox.id – Microsoft sepertinya sudah mulai memasang iklan di sistem operasi (OS) miliknya, khususnya Windows 11. Hal ini diketahui dari bocoran build Windows 11...

Tech Industry

Unbox.id – Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur AS (CISA) mengungkapkan bahwa peretas yang didukung oleh pemerintah Rusia menggunakan akses ke sistem email Microsoft untuk...