Baterai Joy-Con Terbuang Sia-Sia ? Begini Cara Mengatasinya !!

Unbox.idNintendo Switch memiliki banyak opsi controller yang berbeda, menjadikannya salah satu konsol paling serbaguna yang pernah dibuat. Selain controller Joy-Con standar, anda dapat menempatkannya di genggaman Joy-Con dengan menggunakan Pro Controller atau menggunakan alternatif pihak ketiga untuk memainkan game Anda.

Namun, dengan semua opsi itu, anda secara tidak sengaja membiarkan beberapa controller menyala dan membuang-buang baterai. Namun jangan takut, karena solusinya cukup sederhana. Berikut adalah cara mematikan controller Nintendo Switch.

  • Sebelum bermain game

Jika anda ingin menukar controller di Nintendo Switch, anda dapat mematikannya sesaat sebelum memasuki game. Untuk melakukan ini, buka menu utama Switch dengan menekan tombol home pada controller anda, dan pilih ikon Joy-Con di bagian bawah layar.

Di layar berikutnya, pilih opsi ” Change Grip/Order” di sebelah kanan dan anda akan diminta untuk menekan tombol L dan R pada controller yang ingin digunakan. Yang juga akan dilakukan adalah mematikan setiap controller yang saat ini terhubung ke konsol.

Bukan hanya ini cara terbaik untuk mematikan controller yang tidak ingin digunakan, tetapi juga memungkinkan anda mengkonfigurasi ulang pengontrol yang sudah digunakan.

 

  • Menempatkan Switch untuk Sleep

Seperti kebanyakan konsol game lainnya, anda membuat Nintendo Switch ke mode sleep juga untuk mematikan semua controller yang saat ini terhubung. Untuk melakukan ini, ketuk tombol daya yang terletak di bagian atas Switch atau pilih ikon daya di bagian bawah menu utama dan konfirmasikan pilihan tersebut. Tekan tombol beranda pada salah satu controller dan anda akan menyalakan kembali konsol, dan controller tersebut akan menjadi satu-satunya yang masih terhubung.

 

  • Menggunakan pengaturan sistem

Jika anda memberikan controller kepada orang lain, anda ingin memutuskan koneksi controller itu dari sistem anda sendiri terlebih dahulu.

Untuk melakukan ini, buka pengaturan sistem, anda bisa memasukinya dengan memilih ikon roda gigi di bagian bawah layar beranda. Dari sana, scroll ke bawah menu di sebelah kiri sampai anda melihat “Controllers and Sensors.”

Pilih “Disconnect Controllers” dalam handheld moder dan ikuti instruksi di layar untuk menghapusnya dari memori sistem. Jika anda mencoba melakukan ini dalam docked mode, anda akan mendapatkan pesan error.

Baca Juga – Hard Drive Penuh Gara-Gara Game Steam ? Ini Cara Menghapusnya !!

Tinggalkan Balasan