Connect with us

Hi, what are you looking for?

Spesifikasi & Harga

Ukuran iPhone 16 Pro Bakal Lebih Besar dari iPhone 15 Pro

Apple iPhone 15 Pro_1a
Apple iPhone 15 Pro. (Sumber: Gadget Pro)

Unbox.id – Apple akan melakukan perubahan signifikan pada ukuran layar smartphone besutannya. Perubahan tersebut dilakukan dengan diluncurkannya seri iPhone 16 pada tahun 2024. Model iPhone 16 Pro diklaim memiliki layar lebih besar dibandingkan pendahulunya, iPhone 15 Pro. Mengutip MacRumors, berbagai sumber mengklaim Apple akan meluncurkan iPhone 16 Pro dengan layar berukuran 6,27 inci. Sedangkan iPhone 16 Pro Max akan memiliki layar berukuran 6,85 inci. Dengan bertambahnya ukuran layar, ukuran bodi iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max juga akan sedikit lebih besar sehingga memberikan lebih banyak ruang internal untuk komponen perangkat. Faktor bentuk yang lebih besar membuka peluang untuk peningkatan baterai. Dengan cara ini, iPhone 16 Pro akan meningkatkan masa pakai baterainya.

Layar OLED

Apple iPhone 15 Pro_3c

Apple iPhone 15 Pro. (Sumber: 9to5 Mac)

Selain itu, Apple berencana menggunakan teknologi lensa mikro pada layar OLED iPhone 16 untuk menjaga atau meningkatkan kecerahan, sekaligus mengurangi konsumsi daya.

Teknologi lensa mikro atau MLA menggunakan pola seragam miliaran lensa di panel untuk mengurangi pantulan internal, sehingga meningkatkan kecerahan gambar tanpa mengorbankan efisiensi energi.

Di sisi lain, layar iPhone 16 diharapkan mampu menggunakan material OLED baru yang dikembangkan oleh Samsung khusus untuk Apple, memberikan layar yang lebih hemat energi.

Dengan kombinasi teknologi canggih ini, iPhone 16 diharapkan dapat menghadirkan pengalaman visual yang lebih baik dengan tetap menjaga masa pakai baterai. Namun untuk model iPhone 16 dan iPhone 16 Plus diperkirakan tidak akan ada perubahan ukuran dan tetap sama ukurannya dengan iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.

Namun, perkiraan untuk iPhone 17 dan iPhone 17 Plus pada tahun 2025 menunjukkan bahwa ukuran layar dapat meningkat menjadi 6,27 inci dan 6,86 inci, dengan rasio aspek yang lebih tinggi hingga 19, 6:9.

Bocoran iPhone 16: Chip A18 dan iOS 18

Sementara itu, bocoran informasi terkait iPhone 16 mulai tersebar di banyak media online. Dan baru-baru ini, bocoran terbaru menyebutkan bahwa seluruh model iPhone 16 akan menggunakan sistem operasi iOS 18 dan hadir dengan chip A18.

Model iPhone 16 yang akan datang antara lain iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone. 16 Pro Maks. Mengutip Gadgets 360, Apple akan mengintegrasikan SoC baru – t8140 – Tahiti di seluruh jajaran ‌iPhone 16‌. Nama kode ini akan dikaitkan dengan chip A18.

Apple juga diperkirakan akan membedakan chip yang digunakan pada model iPhone 16 dan iPhone 16 Pro, menggunakan branding A18 dan A18 Pro. Sekadar informasi, seri iPhone 15 dan iPhone 14 milik Apple juga menggunakan chipset berbeda untuk model non-Pro dan Pro. Perusahaan ini menggunakan SoC generasi lama di iPhone 2023 dan 2022 yang lebih murah. ‌

iPhone 15‌ berjalan pada chip A16 Bionic lama dari iPhone 14 Pro, sedangkan model ‌iPhone 15 Pro‌ ditenagai oleh Didukung oleh chip baru. Chip A17 Pro punya hati. GPU tambahan dan peningkatan kecepatan clock.

Baca juga: Produsen Apple Kembali Jual Apple Watch 9 Dan Ultra 2

Adanya Tombol Misterius

Apple iPhone 15 Pro_2b

Apple iPhone 15 Pro. (Sumber: ZDNet)

Selain chip A18, sistem operasi iOS 18 iPhone 16 dikatakan merujuk pada modul Broadcom Wi-Fi dan Bluetooth. Selain informasi tersebut, sebelumnya juga terdapat informasi bahwa seri iPhone 16 akan hadir dengan tombol khusus untuk merekam video. Tombol misterius ini seharusnya disebut tombol “Capture”.

Model iPhone 16 dan iPhone 16 Plus juga akan memiliki tombol aksi baru, yang saat ini eksklusif untuk model iPhone 15 Pro. Sedangkan untuk varian 16 Pro dikabarkan memiliki layar yang lebih besar dibandingkan model iPhone 15 Pro.

Bagaimana? Apakah para penggunanya sudah tidak sabar untuk menantikan model terbaru dari smartphone Apple yang satu ini dimana hadir dengan cukup menarik dan juga cocok untuk memenuhi kebutuhan produk smartphonenya yang canggih dan juga mumpuni untuk di waktu kesehariannya tersebut?

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – iPhone 16 Plus dikabarkan memiliki 2 pilihan warna baru, bukan 5 warna seperti iPhone 15 non-profesional yang saat ini ada di pasaran....

Hardware

Unbox.id – Seri iPhone 16 memang belum diumumkan secara resmi oleh Apple, namun bocoran informasi mengenai seri iPhone 17 sudah mulai tersebar di Internet....

Hardware

Unbox.id – Kedatangan smartphone baru Apple, iPhone 16, masih tertunda setidaknya hingga September tahun depan. Meski begitu, bocoran mengenai spesifikasi smartphone ini mulai silih...

Apple

Unbox.id – Kita tahu bahwa peraturan DMA (Digital Markets Act) Uni Eropa sekali lagi menargetkan Apple. Uni Eropa meminta Apple mengizinkan pengguna iPhone menghapus...