Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Fitur Tersembunyi Pada One UI 5.1 di Galaxy S23 Series 5G

One UI 5.1_1samsung
Ketahui fitur tersembunyi yang ada di One UI 5.1 di Samsung Galaxy S23 Series 5G. (Sumber: Gadgets 360)

Unbox.id – Bertepatan dengan peluncuran Galaxy S23 Series 5G, Samsung juga memperkenalkan sistem antarmuka yang sama sekali baru, yaitu One UI 5.1. Antarmuka terbaru Samsung menggunakan basis sistem operasi Android 13. One UI 5.1 hadir dengan fitur aksesibilitas, keamanan, dan penyesuaian baru yang memudahkan penyesuaian bagi pengguna. Seperti memperluas fungsionalitas kamera profesional dengan fitur Expert RAW. Fungsi Photo Remaster berbasis AI kemudian secara otomatis mengoreksi detail gambar yang buruk dengan meningkatkan kecerahan, menyempurnakan detail, dan melakukan koreksi warna bahkan dalam adegan dengan cahaya latar. Pengguna dapat menikmati ekosistem yang terhubung antara ponsel dan PC dengan memperluas multi-kontrol antara Galaxy Book dan smartphone.

Fitur Smart Suggestion

Saran Cerdas adalah fitur yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan saran dan rekomendasi yang lebih cerdas dan relevan kepada pengguna. Menggunakan teknologi AI, sistem akan mempelajari kebiasaan dan preferensi pengguna untuk menyesuaikan rekomendasi dan saran yang diberikan.

Dalam hal ini Smart Suggestion akan mengevaluasi aplikasi mana yang sering digunakan, kontak mana yang sering dihubungi dan tempat mana yang sering dikunjungi pengguna. Saran Cerdas akan mengamati pengguna setiap saat dan memberikan saran dan rekomendasi yang relevan dan bermanfaat.

Misalnya, jika pengguna membuka aplikasi musik pada pukul 6 sore setiap hari, saran cerdas dapat menyarankan daftar putar musik yang sesuai dengan waktu tersebut.

Saat Anda menelepon seseorang secara teratur pada hari tertentu, saran cerdas dapat menyarankan Anda menjadwalkan janji temu atau mengirim SMS pada waktu yang sama setiap hari.

Baca juga: Samsung Perbaiki Bug Lock Screen Di One UI 5.1

Fitur Modes

One UI 5.1_2samsung

Fitur Modes pada One UI 5.1 di varian Galaxy S23 Series 5G memang membuatnya semakin canggih. (Sumber: Trendrech.id)

Mode adalah fitur One UI 5.1 lainnya di Galaxy S23 Series 5G, yang memberi pengguna kemampuan untuk mengubah mode perangkat dan memungkinkan mereka mengubah pengaturan smartphone secara otomatis berdasarkan kondisi yang paling ditentukan.

Secara default, 5 mode dapat digunakan saat menggunakan fungsi Mode, seperti Tidur, Mengemudi, Olahraga, Santai, dan Bekerja. Semuanya bisa disesuaikan tergantung mode yang digunakan. Misalnya, dalam mode siaga atau tidur, pengguna dapat mengaktifkan mode “Jangan Ganggu” yang akan menyetel nada dering menjadi senyap saat waktu tidur.

Termasuk mematikan semua notifikasi dari aplikasi seperti WA, Telegram dan lainnya. Pengguna juga bisa mengatur kegunaan lain seperti beralih ke mode gelap atau mode “Eye protection” untuk mengurangi paparan sinar biru sehingga sangat nyaman digunakan di malam hari.

Fitur Routines

Fitur Rutin One UI 5.1 memungkinkan pengguna membuat serangkaian tindakan otomatis yang akan dilakukan ponsel mereka pada waktu atau situasi tertentu.

Misalnya, jika pengguna rutin berolahraga di pagi hari (jogging atau jalan santai), mereka dapat membuat rutinitas dengan memutar musik. Platform yang digunakan tergantung pada aplikasi yang diinstal pada perangkat. Mungkin Spotify, Youtube Music atau pemutar musik lainnya.

Fitur Proses juga dapat disesuaikan dengan lokasi atau lokasi tertentu, seperti rumah, kantor, dan lainnya. Di rumah, pengguna dapat mengaktifkan mode Control SmartThings untuk mengontrol perangkat di ekosistem Samsung dengan mudah.

Menariknya, fungsi Process juga bisa digabungkan dengan fungsi Mode untuk membuat pengaturan yang lebih kompleks. Misalnya, pengguna dapat membuat aliran yang mengaktifkan mode jangan ganggu saat mereka berada di ruang rapat dan mengirim pesan otomatis ke messenger mana pun yang mencoba menghubungi mereka.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Setelah meluncurkan One UI 6.1 pada seri Galaxy S24 pada awal tahun 2024, Samsung secara bertahap mulai meluncurkan pembaruan One UI ke...

Software

Unbox.id – Setelah merilis One UI 6.1 untuk beberapa ponsel andalan lawas, Samsung akhirnya merilis pembaruan untuk ponsel kelas menengahnya. Samsung Galaxy A54 dan...

Software

Unbox.id – Samsung dikatakan sedang menguji antarmuka One UI 7 yang baru, meskipun perusahaan Korea tersebut sedang mengembangkan dan memperbarui One UI 6.1 untuk...

Tech Industry

Unbox.id – Antusiasme pengguna Galaxy S22 terhadap pembaruan One UI 6.1 dan Galaxy AI sepertinya mulai menemui kendala. Pasalnya karena adanya bug yang mengganggu,...