Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Informasi Update Smartphone Samsung ke Sistem One UI 6.1

Sistem One UI 6.1_1a
Sistem One UI 6.1. (Sumber: Techno Progress)

Unbox.id – Setelah meluncurkan One UI 6.1 pada seri Galaxy S24 pada awal tahun 2024, Samsung secara bertahap mulai meluncurkan pembaruan One UI ke beberapa perangkat lainnya. Diperlukan setidaknya dua bulan bagi perusahaan untuk mulai merilis pembaruan untuk beberapa perangkat andalan lama.

Adanya Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan

Sistem One UI 6.1_2b

Sistem One UI 6.1. (Sumber: Gadget Insight)

Pada tahap pertama, Samsung akan meluncurkan One UI 6.1 pada perangkat lawasnya. Pembaruan ini diperkenalkan untuk ponsel dan tablet andalan yang dirilis pada tahun 2023, seperti Galaxy S23. Sedangkan tahap kedua telah dimulai beberapa hari lalu. Samsung mulai meluncurkan pembaruan One UI 6.1 untuk seri Galaxy S21, Galaxy S22, Galaxy Z Fold 4, dan Galaxy Z Flip 4 di Korea pada 2 Mei 2025.

Namun, pembaruan untuk perangkat andalan 2022 justru menimbulkan masalah bagi pengguna. Seperti dikutip Gizchina, Pemilik Samsung Galaxy S22, S22+ dan S22 Ultra di Korea Selatan mengalami masalah dalam mengakses ponsel mereka setelah menginstal pembaruan.

Oleh karena itu, Samsung memilih untuk menghentikan sementara peluncurannya. Beberapa perangkat dilaporkan gagal melakukan booting, atau jika berhasil melakukan booting dan masuk ke layar kunci, pengguna tidak dapat membuka kuncinya. Masalah seperti ini sering terjadi pada pembaruan perangkat lunak besar.

Meskipun pengguna ponsel dan tablet Galaxy 2023 yang menerima One UI versi terbaru tidak mengalami masalah apa pun, tampaknya pengguna versi sebelumnya tidak seberuntung itu. Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Samsung belum memperluas kemampuan menyediakan pembaruan One UI 6.1 untuk perangkat yang dirilis sebelum tahun 2023 di luar Korea.

Mengingat masalah yang disebutkan, beberapa langkah perlu diambil sebelum memperbarui One UI 6.1 atau pembaruan perangkat lunak lainnya.

Jangan Lupa Backup Data Penting

Untuk perangkat yang menjalankan sistem One UI, ada beberapa cara untuk mencadangkan semua data sebelum memperbarui ke One UI 6.1.

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah mencadangkan semua data ke akun Samsung atau Google Anda

Opsi lainnya adalah mencadangkan data ke kartu microSD jika perangkat Anda mendukungnya (jika tidak, Anda dapat mencadangkan data ke drive USB eksternal). Anda juga dapat mencadangkan semuanya ke PC menggunakan aplikasi Samsung Smart Switch.

Jalankan Firmware Terbaru

Langkah selanjutnya yang harus diambil adalah memastikan perangkat Samsung Anda menjalankan perangkat lunak/firmware terbaru yang tersedia.

Meskipun pembaruan ini tidak selalu mengharuskan perangkat menjalankan fasilitas terbaru namun pengguna harus bersiap. Dengan cara ini, pengguna tidak perlu membuang waktu saat One UI 6.1 diluncurkan dan dapat melakukan upgrade secepat mungkin.

Tindakan lain yang disarankan termasuk mengosongkan ruang penyimpanan jika diperlukan dan memperbarui semua aplikasi yang diinstal.

Perangkat juga harus mempunyai kekuatan yang cukup. Menginstal pembaruan mengharuskan perangkat Galaxy terisi daya setidaknya 20%, namun yang terbaik adalah perangkat terisi daya hingga 30% atau lebih.

Baca juga: Samsung Mulai Uji Coba One UI 7 Di Galaxy S24

Samsung Galaxy S25 Ultra Hanya Punya 3 Kamera?

Galaxy S25 Ultra_1a

Galaxy S25 Ultra. (Sumber: Techno World)

Di sisi lain, rumor terkait Galaxy S25 Ultra semakin santer beredar. Menyusul rumor ponsel akan menggunakan teknologi AI untuk memperpanjang masa pakai baterai, ponsel Samsung dikabarkan hanya akan dibekali tiga kamera.

Samsung dikabarkan sedang dalam proses pengujian prototipe AI pertama. Galaxy S25 Ultra. Dikutip Gizmochina, rumor terbaru dari Tipster @ISAQUES81 membagikan tiga aspek baru pada sistem kamera Galaxy S25 Ultra.

Menurut bocoran, prototipe Samsung Galaxy S25 Ultra hanya memiliki tiga kamera, malah karena menggunakan empat kamera seperti sebelumnya. Samsung disebut-sebut telah meninggalkan modul telefoto 3x karena dianggap tidak banyak berguna dan menggantinya dengan zoom digital.

Ketiga kamera tersebut akan mencakup lensa utama, lensa ultra lebar, dan lensa periskop untuk lensa telefoto. Samsung juga disebut-sebut sedang menguji kamera zoom ponselnya. Jadi mereka mengganti kamera telefoto 10MP 10x dengan kamera 50MP yang mampu zoom 5x.

Selain itu, kamera utama S25 Ultra tetap mempertahankan ukuran dan sensor yang sama dengan pendahulunya. Namun kali ini, sensor Samsung Galaxy S25 Ultra akan mampu menangkap lebih banyak cahaya dengan aperture yang lebih besar.

Bukaan yang lebih besar akan membantu sensor menangkap lebih banyak cahaya sehingga menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik dari sebelumnya.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Unbox.id – Samsung berencana menunda peluncuran One UI 7. Padahal, pembaruan ini akan menghadirkan fitur dan teknologi baru, termasuk Android 15. Mengutip Android Headlines),...

Software

Unbox.id – Samsung merilis kembali pembaruan One UI 6.1 untuk banyak ponsel lama. Baru-baru ini, perusahaan merilis pembaruan ini untuk ponsel Galaxy A25. Mengutip...

Software

Unbox.id – Setelah merilis One UI 6.1 untuk beberapa ponsel andalan lawas, Samsung akhirnya merilis pembaruan untuk ponsel kelas menengahnya. Samsung Galaxy A54 dan...

Software

Unbox.id – Samsung dikatakan sedang menguji antarmuka One UI 7 yang baru, meskipun perusahaan Korea tersebut sedang mengembangkan dan memperbarui One UI 6.1 untuk...