Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Tombol Pintasan Microsoft Word Terbaik Yang Perlu Dicoba

Microsoft Word_1a
Microsoft Word. (Sumber: Microsoft)

Unbox.id – Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang umum digunakan, baik untuk pekerjaan akademis maupun profesional. Microsoft Word menawarkan beragam fitur penulisan yang dapat meningkatkan produktivitas pengguna. Maka tak heran jika aplikasi ini telah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas saat menggunakan Word adalah dengan menggunakan pintasan keyboard. Pada artikel kali ini kita akan membahas 10 shortcut keyboard paling ampuh di Microsoft Word seperti dikutip dari GizChina.

Copy, Paste dan Cut Beserta Undo dan Redo

Microsoft Word_2b

Microsoft Word. (Sumber: Computer World)

Shortcut pertama ini merupakan shortcut kata kunci yang paling umum digunakan di Microsoft Word. Ctrl + C digunakan untuk menyalin teks atau objek, Ctrl + X digunakan untuk memotong teks yang dipilih, dan Ctrl + V digunakan untuk menempelkan item yang disimpan di clipboard.

Pintasan ini dapat menghemat banyak waktu Anda saat mengerjakan dokumen. Ctrl + Z adalah shortcut Microsoft Word untuk perintah Undo di Microsoft Word. Ini memungkinkan Anda membatalkan tindakan terakhir yang Anda lakukan di dokumen, seperti mengetik, menghapus, atau memformat.

Kemudian, jika Anda ingin mengulangi tindakan terakhir yang Anda batalkan, Anda hanya perlu menekan Ctrl + Y yang merupakan perintah Redo.

Save Dokumen Sekali Klik

Ctrl + A adalah pintasan keyboard yang digunakan untuk memilih semua teks dalam dokumen. Tombol ini digunakan di Microsoft Word dan program pengolah kata lainnya untuk memilih semua teks dalam dokumen dengan cepat. Ctrl + S adalah shortcut yang digunakan untuk menyimpan dokumen di Microsoft Word.

Untuk menggunakannya, cukup tekan tombol Ctrl dan S secara bersamaan. Ctrl + F akan membuka kotak dialog untuk mencari kata atau ekspresi tertentu dalam teks. Pintasan ini dapat menghemat banyak waktu saat mencari informasi spesifik dalam dokumen panjang.

Mengatur Format Teks

Pintasan ini digunakan untuk memformat teks di Microsoft Word. Ctrl+B digunakan untuk menebalkan teks, Ctrl+I untuk membuat teks miring, dan Ctrl+U untuk menggaris bawahi teks. Pintasan keyboard ini membantu menyelaraskan teks di Microsoft Word.

Ctrl + L akan rata kiri, Ctrl + E akan rata tengah teks, sedangkan Ctrl + R akan rata kanan. Ctrl + K membuka kotak dialog sisipkan hyperlink. Pintasan ini dapat menghemat banyak waktu saat menambahkan link ke dokumen.

Baca juga: Microsoft Stop Dukungan Ekstensi Microsoft 365

Shortcut Print Dokumen

Ctrl + P membuka jendela cetak sehingga Anda dapat mengubah pengaturan cetak. Anda juga dapat melihat pratinjau tampilan dokumen Anda setelah dicetak, lalu mencetaknya.

Pintasan keyboard ALT + CTRL + 1, ALT + CTRL + 2, dan ALT + CTRL + 3 menerapkan Gaya Judul 1, Judul 2, dan Judul 3 pada teks di Microsoft Word. Pengguna sering menggunakan gaya ini untuk membuat judul dan subjudul dalam dokumen.

Manfaat Shortcut Button di Microsoft Word

Shortcut Microsoft Word_3c

Shortcut Microsoft Word. (Sumber: Urban Tech)

Pintasan keyboard di Microsoft Word sangat berguna dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas Anda saat bekerja dengan dokumen. Berikut beberapa manfaat menggunakan pintasan keyboard di Microsoft Word:

  • Kecepatan: Menggunakan pintasan keyboard sering kali lebih cepat dibandingkan menggunakan mouse karena tangan Anda tetap berada di atas keyboard. Hal ini memungkinkan Anda bekerja lebih cepat dan efisien.
  • Kenyamanan: Pintasan keyboard menyediakan akses langsung ke perintah Microsoft Word. Anda tidak perlu mencari fitur di tab Menu bila diperlukan.
  • Efisiensi: Dengan menggunakan pintasan keyboard, Anda dapat menggunakan fitur aplikasi dengan bantuan satu atau beberapa tombol tanpa melakukan banyak klik atau lebih dengan mouse penggunanya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Microsoft adalah perusahaan perangkat lunak yang menawarkan Microsoft 365, yang menggabungkan semua alat populer Microsoft ke dalam satu langganan. Microsoft juga menawarkan...

Software

Unbox.id – Setelah memperkenalkan Copilot ke Windows untuk Windows 10 versi 22H2 minggu lalu, Microsoft telah mulai memperluas pengujiannya ke lebih banyak pengguna. Kini,...

Apps & Games

Unbox.id – Ukuran file Microsoft Word yang besar tidak dapat disangkal dapat menyebabkan memori cepat terisi. Bukan hal yang aneh jika dalam beberapa kasus...

Apps & Games

Unbox.id – Aplikasi Ms Word adalah salah satu perangkat lunak pengolah kata yang paling populer. Padahal, itu adalah program yang harus dimiliki di setiap...