Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Tips Mengatasi SIM Card Tak Terbaca di Android

Sim card_1_1
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengatasi perangkat SIM Card yang error di smartphone Android. (Sumber: Gadgetren)

Unbox.id – Platform Android memang bisa menjadi pilihan tersendiri untuk bisa digunakan bagi para penggunanya. Selain menghadirkan suatu kemudahan tersendiri, smartphone Android memang dikenal cukup mudah untuk penggunaan di waktu keseharian bagi para penggunanya. Lebih lanjut, smartphone dengan tipe Android juga memang memiliki kemudahan tersendiri untuk bisa diseamatkan SIM Card pada platform sistem smartphonenya tersebut. Sejalan akan hal itu, lantas bagaimana jika perangkat kartu SIM itu tak terbaca dan juga error di Android? Lalu, bagaimana cara mengatasi errornya akan hal tersebut yang bisa diketahui dan juga dilakukan bagi para penggunanya itu? Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan pada SIM Card di smartphonenya itu.

Penyebab SIM Card Tak Terbaca di Android

SIM Card_1_2

Ada beberapa hal yang membuat SIM Card bisa tidak terbaca di dalam platform smartphone Android. (Sumber: Tweak Library)

SIM Card merupakan salah satu hal yang penting dan juga dibutuhkan untuk bisa mengkonekvitaskan antara perangkat smartphonenya dengan jaringan yang ada. Kartu SIM ini memang menjadi sebuah nadi yang penting untuk menghubungkan antara perangkatnya ke jaringan telekomunikasi yang dipilih oleh para penggunanya tersebut. Sejalan akan hal itu, perangkat kartu SIM ini terkadang juga bisa menimbulkan sebuah kendala atau error yang tersedia di dalam perangkatnya itu yang bisa dibilang cukup mengganggu bagi para penggunanya.

Dengan adanya hal tersebut, para pengguna smartphone Android ini memang bisa dikatakan dapat mengurangi waktu fleksibilitas beserta aktivitas dari penggunanya ketika menggunakan perangkat tersebut yang membutuhkan konektivitas yang ada. Lebih lanjut, ternyata terdapat beberapa penyebab mengapa kartu SIM tersebut tidak dapat terbaca pada perangkat smartphone Androidnya tersebut.

Dalam hal ini, beberapa hal bisa menjadi mengapa SIM Card tersebut error. Hal-hal seperti contohnya perangkat smartphone Android yang rusak, kartu SIM yang rusak, hingga kartu SIM yang sudah tidak berlaku, adalah beberapa contoh mengapa kartu SIM pada perangkatnya itu tidak dapat terbaca. Namun, para penggunanya tidak perlu panik apabila perangkatnya tersebut memiliki kendala seperti ini.

Untuk mengatasinya, ada cara-cara yang bisa diikuti untuk bisa mengatasi permasalahan kartu SIM yang tidak terbaca di dalam produk smartphone Androidnya tersebut. Dalam hal ini, cara-cara tersebut bisa dikatakan cukup mudah untuk dilakukan dan diharapkan mampu menjawab kendalanya yang ada itu.

Baca juga: Vivo Jadi Produk Smartphone Populer Di Tiongkok

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh para penggunanya apabila perangkat kartu SIM tidak dapat terbaca di dalam platform smartphone Androidnya adalah dengan mengaktifkan maupun melakukan Restart kartu SIM di perangkatnya tersebut. Cara ini bisa dikatakan cukup mudah untuk dilakukan dan juga jadi cara yang pertama untuk mengatasi permasalahannya yang ada pada kartu jaringan di smartphonenya itu

Apabila para penggunanya belum mengaktifkan kartu SIM tersebut, para penggunanya perlu mengakfitkan kartu ini terlebih dahulu pada perangkat smartphone Androidnya itu. Untuk mengaktifkan kartunya, langkah-langkah yang bisa di ikuti adalah sebagai berikut ini.

  • Masukkan SIM Card, lalu nyalakan perangaktnya.
  • Pilih menu “Pengaturan”.
  • Selanjutnya, pilih menu “Kartu SIM dan Jaringan Seluler”.
  • Jika sudah, lalu pilih tombol sebelah kanan untuk mengaktifkan perangkat kartunya itu.
  • Setelahnya, cek apakah SIM Card telah berfungsi secara normal setelah mengikuti langkahnya tersebut.

Cara lainnya yang bisa dilakukan oleh para pengguna smartphone Android ketika SIM Card mengalami kendala adalah melakukan restart ulang terhadap perangkatnya tersebut. Cara ini merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk mengatasi kendala pada kartu SIM tersebut. Untuk hal ini, langkah-langkah untuk melakukan restart di perangkat smartphone Androidnya itu adalah sebagai berikut ini.

  • Tekan dan tahan tombol daya hingga jendela pop-up telah muncul.
  • Pilih opsi “Restart” atau “Boot Ulang” atau perangkat smartphonenya.
  • Jika sudah, tunggu sampai perangkat smartphone Androidnya nyala kembali.
  • Cek kembali apakah sudah ada jaringan yang muncul pada kartu SIM di bagian perangkat smartphonenya tersebut.

Baca juga: Daftar Aplikasi Game Smartphone Yang Populer Di Q3 2022

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Smartphone kini telah menjadi alat nyata untuk memenuhi segala aktivitas dan kebutuhan manusia. Banyak orang menggunakan ponsel pintar tidak hanya untuk berkomunikasi...

Artikel

Unbox.id – Di era dimana segala sesuatunya bergerak sangat cepat, telepon seluler telah menjadi alat komunikasi, informasi, dan hiburan yang tak tergantikan. Namun, penggunaan...

Tech Industry

Unbox.id – Apple pertama kali merilis iPhone 15 dengan sejumlah fitur baru yang menarik perhatian, antara lain Tombol Aksi (Action Button) pada model iPhone...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Ponsel yang hilang kerap kali menjadi masalah keamanan bagi penggunanya, terutama jika mereka tidak memasang kunci keamanan. Orang lain yang menemukannya...